Cara Ternak Burung Anis Merah

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Budidaya burung anis merah tidak jauh berbeda dengan budidaya burung kicau pada lainnya. Bagi para pecinta burung kicau, burung anis dikenal sebagai burung yang memiliki kicauan yang khas dan keras dan merdu. Selain itu juga, yang menjadi daya pikat dari burung ini adalah gaya teler yang dimilikinya oleh burung anis merah.

Gaya ini tentu hanya akan dimiliki oleh burung anis merah. Hal yang menjadi daya tarik lain adalah dari segi warna bulu. Dengan paduan warna yang kontras tentu membuat tampilan burung anis merah lebih menarik. Sebagai burung kicau yang cukup populer tentu saja harga untuk seekor burung anis merah cukup tinggi.

Melihat potensi dan peluang yang cukup menjanjikan dalam usaha ternak burung anis merah dan cara budidaya burung murai batu medan. Tentu tidak salah memang jika budidaya anis merah menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Tentunya hal itu jangan sampai anda alami saat mulai memutuskan untuk terjun kedalam usaha ini. Untuk itu, simak berternak burung anis merah paling mudah bagi pemula.

Anis Merah


Cara Ternak Burung Anis Merah

Anis merah adalah salah satu jenis burung kicau dari keluarga Turdidae dan Genus Geokichla. Burung ini bersifat omnivora, memakan berbagai macam serangga, cacing tanah, dan buah yang dapat dijumpai di beberapa daerah Sub-benua India dan Asia Tenggara berlahan basah dan berakar.

Dalam beternak burung anis merah tentu anda harus dibekali ilmu dan pengetahuan dasar tentang budidaya burung kicau. Ketidaktahuan dan ketidakpahaman akan perilaku burung kicau inilah yang menyebabkan beberapa penangkar mengalami kegagalan bahkan bangkrut.


1. Pemilihan Indukan Burung Anis Merah

Pemilihan Indukan Burung Anis Merah

Jika kamu ingin berternak burung anis merah, maka kamu di wajibkan untuk mencari sepasang burung anis merah, yang mempunyai kesehatan yang sangat baik dalam pemilihan indukan yang berkualitas akan sangat berpengaruh bagi kualitas hasil anakan. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar bisa memperoleh indukan yang berkualitas  antara lain sebagai berikut :

  • Kedua indukan baik jantan ataupun betina haruslah sama sama sehat dan tidak mengalami kelainan fisik atau cacat.
  • Aktif bergerak, memiliki kicau yang nyaring dan keras saling bersautan.
  • Memiliki warna bulu yang berkilau dan tidak kusam.
  • Usia ideal untuk indukan jantan adalah sekitar 1 keatas tahun.
  • Sedangkan untuk indukan betina usia idealnya adalah 1.5 sampai 2 tahun.
Baca Juga  Cara Ternak Domba

2. Pembuatan Kandang

Pembuatan Kandang

Setelah menemukan indukan yang tepat maka langkah selanjutnya adalah pembuatan kandang untuk burung anis merah. Proses dalam pembuatan kandang tentu memerlukan waktu beberapa hari hingga sampai jadi, sehingga sebelum ada cara beternak burung Anis Merah keadaan kandang benar-benar siap maka anda dapat menempatkan indukan dalam kurungan terlebih dahulu.

Beberapa hal yang wajib menjadi perhatian anda saat proses pembuatan kandang adalah:

  • Ukuran minimal kandang adalah 50x50x50 cm. Untuk ukuran kandang tentu bisa menyesuaikan dengan luas lahan kandang yang telah and persiapkan.
  • Tempatkan kandang pada lokasi yang mudah di awasi seperti, depan rumah, belakang atau bagian samping rumah.
  • Kandang bisa dibuat dari bambu, papan, rotan ataupun teriplek. Serta berikan penyekat sebagai batasan pada setiap kandang.
  • Lapisi bagian dasar kandang dengan plastik/kardus bekas dan kemudian taburkan tanah yang gembur.
  • Sediakan juga tempat pakan, tempat minum dan bak mandi di dalam kandang.
  • Berikan juga lampu sebagai penghangat suhu kandang saat musim hujan. Gunakan lampu dengan ukuran 5-10 watt.

3. Menjodohkan Indukan Burung Anis Merah

Menjodohkan Indukan Burung Anis Merah

Menjodohkan indukan burung anis merah merupakan salah satu langkah awal dalam beternak. Perjodohan ini bertujuan agar kedua burung anis merah lebih mengenal satu sama lain seperti juga budidaya burung lovebird dan kemudian dapat melakukan perkawinan dan akhirnya bis menghasilkan beberapa butir telur.

Pada tahapan ini ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian anda antara lain :

  • Pada tahap awal perjodohan baik indukan jantan ataupun betina akan ditempatkan pada kandang yang berbeda.
  • Namun, posisi kandang tentunya berdekatan.
  • Selama proses perjodohan in anda harus teliti dalam memperhatikan prilaku burung.
  • Jika kedua burung nampak semakin akrab dan selalu berdekatan maka bisa dikatakan perjodohan telah berhasil.
  • Dan tahap selanjutnya adalah anda tinggal memasukkan burung kedalam sangkar yang sama.
Baca Juga  Cara Merawat Ikan Hias Cupang

4. Pemberian Pakan

Pemberian Pakan anis merah

Untuk merangsang agar cepat terjadinya perkawinan dengan cepat maka selama proses perjodohan burung anis merah dapat memberian pakan harus diperhatikan. Semua nutrisi makanan burung harus diberikan, baik melalui makanan utama ataupun makanan ekstra.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan pada saat pemberian makan seperti :

  • Pemberian makan berupa voer hanya diberikan sekali dalam sehari sebagai makanan sekunder.
  • Makanan utama yang disarankan untuk diberikan adalah cacing tanah.
  • Makanan ekstrak yang dianjurkan dan wajib diberikan adalah jangkrik.
  • Saat menjelang masa bertelur jumlah jangkrik yang diberikam pada indukan betina sekitar 20-35 ekor dan dapat di turunkan jumlahnya saat burung anis merah betina telah bertelur.
  • Pemberian makanan ekstrak sebaiknya dilakukan ada pagi dan sore hari.
  • Untuk kroto anda bisa menyediakan 1 cepuk setiap harinya.
  • Agar menghasilkan anakan (piyik) yang berkualitas anda bisa menambahkan makanan sekunder lainnya seperti buah apel, pepaya dan pisang.

5. Menyiapkan Sarang

Menyiapkan Sarang anis merah

Selama masa perjodohan berlangsung tentu anda harus menyiapkan sarang yang nantinya akan digunakam sebagai tempat media untuk burung meletakkan telurnya, sarang bisa terbuat dari rerantingan pohon atau bekas jerami padi.

Beberapa hal yang harus anda persiapkan dalam mrmbuat sarang antara lain:

  • Siapkan batok kelapa, anyaman rotan, bambu, sabut kelapa, jerami atau daun cemara kering.
  • Anda bisa membuat sarang sendiri secara manual atau mengamdalkan kemampun kedua indukan.
  • Biasanya secara naluriah burung akan mempersiapkan sarang sendiri saat setelah kawin.
  • Yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan untum membuat sarang.
  • Kemudian birkan indukan yang melakukannya secara alamiah.
  • Dengan begitu indukan akan merasa lebih nyaman dan tenang.

6. Perawatan Selama Beternak Anis Merah

Burung anis merah termasuk burung kicau yang menyukai kondisi suhu yang dingin. Sehingga tentunya anda perlu melakukan penyemprotan pada bagian di bawah kandang. Agar suhu dalam kandang terasa lebih lembab dan dingin serta terjaga kualitas suhu pada kandang.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Salmon atau Oncorhynchus nerka

Anda juga dianjurkan untuk memandikan burung selama 2 kali dalam sehari pada saat pagi dan sore hari. Atau anda bisa meletakkan bak mandi di dalam kandang maka burung anis merah akan mandi dengan sendirinya. Kemudian anda juga harus mengangin-anginkan burung di setiap pagi hari sebelum dimandikan dengan durasi waktu 30 menit sampai 1 jam .


7. Merawat Anakan Burung Anis Merah

Merawat Anakan Burung Anis Merah

Setelah melewati tahap perkawinan, maka biasanya burung betina akan mulai bertelur 2 sampai 5 butir. Pada saat ini anda harus memberikan makanan ekstra berupa jangkrik sebanyak 5 sampai 10 ekor pada setiap harinya.

Selama 2 minggu berlalu maka sang induk betina akan mengerami telur hingga telurnya akan menetas. Setelah 2 minggu atau lebih maka telur akan menetas. Pilihan paling baik dalam merawat anakan burung anis merah  ( piyik ) yang baru menetas adalah dengan tetap menempatkannya dalam satu kandang bersama sang indukannya. Baru setelah anakan berumur 1 sampai 2 bulan lebih. Anda bisa memimndahkannya pada kandang yang berbeda.


8. Sanitasi Kandang

Sanitasi kandang merupakan bagian yang sangat penting dalam beternak burung anis merah. Sanitasi yang baik akan menghasilkan lingkungan hidup yang baik sehingga berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan burung anis merah. Beberapa hal yang wajib menjadi perhatian anda dalam sanitasi kandang adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan wadah pakan, minum dan bak mandi setiap hari.
  • Ganti makanan dengan yang baru setiap hari dan buang makanan sisa kemarin.
  • Ganti tanah sebagai dasar kandang setiap satu minggu sekali.
  • Bersihkan kandang setiap hari.

Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Burung Anis Merah Untuk Pemula Sampai Sukses ( LENGKAP ). Semoga artikel yang di atas teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan dan dapat beternak burng anis merah dengan sendiri,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :