Cara Merawat Ikan Cupang

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Dalam memelihara ikan cupang sepertinya sedang terkenal, dalam keadaan pandemi seperti ini. Ada beberapa hal yang membuat masyarakat mulai tergiur dalam memelihara Ikan Cupang hias ini ialah karena dengan keindahan bentuk, warna dan cara merawatnya yang tergolong gampang untuk di lakukan oleh semua orang.

Bentuk yang lucu dan warna yang sangat cantik akan menjadi daya tarik tersendiri buat ikan cupang. Selain itu, tidak seperti hewan peliharaan lainnya, cara dalam merawat Ikan Cupang relatif gampang untuk di kerjakan. Namun, jika kita tidak merawat Ikan Cupang secara baik dan benar, maka sirip dan ekornya dapat rusak. Jadi, kamu perlu secara berhati-hati, untuk cara merawat ikan cupang yang baik dan benar maka saya akan memberikan masukan dalam merawat ikan cupang yang baik dan benar, agar ikan cupang milik kamu memiliki warna yang indah dan tidak berubah.

Cara Merawat Ikan Cupang


Cara Merawat Ikan Cupang

Ikan cupang juga terbilang ramah bagi para pemula atau yang baru tergiur dalam memeliharanya. Cara dalam perawatannya ternyata tidak terlalu susah untuk di lakukan, akan tetapi memerlukan keuletan supaya ikan cupang yang dipelihara dapat berkembang dengan benar. Selain itu, kalian tidak harus untuk merogoh kocek terlalu dalam hanya buat mempraktikan cara merawat ikan cupang yang baik dan benar Berikut ini cara dalam merawat ikan cupang hias.

1. Mengganti Air Ikan Cupang

Mengganti Air Ikan Cupang

Kebersihan dan kesehatan air akuarium ialah faktor ter penting dalam menjaga keindahan ikan cupang milik kamu, Oleh karenanya, kamu harus mengganti air di dalam akuarium dengan beberapa hari sekali. Dengan mengganti airnya sebanyak dua hari sekali juga sangat direkomendasikan, sehingga tidak ada bakteri atau penyakit yang bersarang di dalam air.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Salmon

2. Pindahkan Ikan CupangPindahkan Ikan Cupang Tanpa Menyentuhnya

Ikan cupang memiliki fisik yang gampang untuk rusak. Jadi, pastikan kamu agar dapat memindahkannya secara berhati-hati pada saat sedang menguras air dalam akuariumnya. Dalam memindahkan ikan cupang secara bersamaan dengan sedikit air juga lebih di anjurkan dibandingkan dengan memindahkan ikan cupang dengan tangan kosong ataupun dengan menggunakan jaring. Hal ini untuk mengurangi risiko pada sirip atau ekor ikan cupang yang rusak atau patah pada saat tersentuh dengan tangan atau jaring yang kamu gunakan.


3. Beri Pakan Hidup

Beri Pakan Hidup

Apakah kamu biasa dalam memberikan ikan cupangmu dengan pakanan yang kering seperti pelet, saran saya kamu harus memberikan ikan cupang milik kamu pakanan yang masih hidup seperti jentik nyamuk, ulat, cacing sutra , atau kutu air jauh lebih baik untuk menjaga kesehatan ikan cupang milik kamu.


4. Beri Daun Ketapang Kering

Beri Daun Ketapang Kering

Untuk sirip atau ekor ikan cupang kamu yang terluka, maka kamu dapat mengobatinya dengan memberikan daun ketapang dalam keadaan kering pada airnya. Daun ketapang merupakan antibiotik yang alami buat ikan cupang. Dengan kamuy memberikan daun ketapang dalam air di akuarium, ph dalam kandungan air akan lebih optimal dan berkualitas dalam pemulihan ikan cupangmu yang sedang terserang penyakit.


5. Beri Garam Khusus Ikan Cupang

Beri Garam Khusus Ikan Cupang

Garam yang dimaksud bukanlah penggunaan garam dapur yang umumnya kamu pakai buat memasak, Garam ini merupakan garam yang khusus buat ikan cupang hias yang manfaatnya buat menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Garam ini dapat menolong dalam penyembuhan luka pada ikan cupang dan menstabilkan metabolisme tubuh ikan cupang milik kamu.  akan tetapi jangan terlalu banyak dalam menaburkan garam kedalam tempat ikan cupang milik kamu, Kamu hanya perlu menaburkan garam sebanyak 0,1% dari keseluruhan air dalam akuarium atau wadah ikan cupang milik kamu.

Baca Juga  Cara Ternak Entok Sukses

6. Cara Mengobati Ikan Cupang Yang Sakit

Cara Mengobati Ikan Cupang Yang Sakit

Ikan cupang dalam keadaan lemas umumnya menandakan bahwa dia sedang sakit, dalam merawatnya, kamu dapat memberikan beberapa tetes metil berwarna biru, garam ikan hias, obat tetra clor, atau kamu dapat memberinya pomate secukupnya pada air akuarium ikan cupang kamu. selanjutnya kamu dapat aduk secara merata dan masukkan ikan cupang yang sedang sakit ke dalam air yang telah diberi obat yang sudah saya sebutkan tadi..


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Ikan Cupang yang baik dan benar semoga dengan dibuat artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya, dan menjadikan ikan peliharaan kalian dapat tumbuh dengan sehat dan memiliki warna yang menarik untuk dapat di lihat, mungkin itu saja yang dapat saya sapaikan, Sekian dan terimakasih.


Baca Artikel Linnya :