Cara Ternak Entok Sukses

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Siapa yang tidak mengenal jenis binatang unggas Entok, salah satu spesies unggas yang banyak sering kita jumpai di daerah perkampungan. Di Negara Indonesia sendiri persebaran entok telah meluas di berbagai wilayah khususnya di pedesaan. Biasanya mereka suku orang jawa yang menyebut entok dengan nama mentok, sebagai salah satu jenis hewan yang dapat di ternakan. Faktanya yang menarik memang seperti itu, entok selayaknya seperti dengan ayam yang dapat di ternak di pekarangan rumah kamu.

Saat ini telah banyak sekali orang memanfaatkan waktu mereka untuk dapat beternak Entok. Cara ternak Entok sukses akan di berikan ilmu dalam berternak Entok pada kesempatan artikel kali ini, karena langkah ini sudah hampir di lakukan oleh semua orang yang menjalankannya. Sehingga dapat menjadi suatu panduan bagi kamu yang sudah berkeinginan untuk dapat memulainya, jika kalian masih bingung dalam berternak Entok Sampai Sukses, maka kalian dapat mengikuti petunjuk sesuai dengan arahan, selamat membaca.

Beternak Entok


Cara Ternak Entok Sukses

Dapat kamu pahami bahwa hampir setiap orang yang tinggal di daerah perkampungan telah meluangkan waktu luang mereka untuk dapat beternak, entah ayam maupun entok seperti ini. Dibandingkan dengan ayam, daging entok memang lebih gurih dan banyak. Tak heran lagi jika di luar sana para pedagang kaki lima banyak sekali yang menjual makanan unggas lain seperti burung dara, ayam sampai dengan bebek dan juga entok.

Entok memiliki pada bagian tekstur daging yang lebih kenyal serta nikmat namun dagingnya cukup tebal. Sayangnya saat ini kuliner indonesia seperti ini banyak di dominasi pada daging ayam. Sebaiknya kamu dapat menjadi produsen yang dapat memenuhi kebutuhan permintaan konsumen akan unggas entok. Berikut ini akan saya sampaikan cara ternak Entok agar cepat sukses bagi kamu.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Ikan Laut Tonkol

1. Penentuan Lokasi Lahan Entok

Penentuan Lokasi Lahan Entok

Lahan yang di butuhkan sebenarnya tidak sangat besar dan tidak memakan banyak lahan dalam berternak Entok, namun minimal dapat menjadi ruang gerak yang bebas bagi entok. Hewan ini sangat menyukai gerak gerik cukup dan lokasi yang cukup lembab untuk dapat beraktivitas. Jika ksmu mrmiliki dihalaman rumah kamu, maka kamu tidak perlu lagi untuk dapat mencari lahan lain untuk lokasi Entok.

Gunakan pekarangan yang sudah ada Akan tetapi semua akan kembali pada kapasitas Entok yang akan kamu ternak, jika kamu berkeinginan untuk ternak entok dengan jumlah cukup besar maka sebaiknya kamu harus dapat menyiapkan lokasi luas dan letaknya jauh dari lalu lalang pedesaan. Karena hal ini untuk dapat menghindari timbulnya bau yang tidak sedap, dan tidak mengganggu aktifitas warga. Biasanya pada penenmpatan lokasi yang sering di gunakan adalah di tengah area pesawahan.


2. Pembuatan Kandang Entok

Pembuatan Kandang

Seperti yang telah disebutkan pada point 2, penggunaan lahan yang di dibutuhkan tergantung dengan kapasitas banyak tidak nya dalam jumlah ternak kamu. Hal ini sama seperti denan proses pembuatan kandangnya, dimana semua ukuran pada pembuatan kandang Entok tergantung dari banyaknya entok yang akan kamu ternak. Buatlah kandang dengan ukuran cukup tinggi supaya entok tidak dapat terbang dan kabur keluar kandang.


3. Pemilihan Induk Entok

Pemilihan Induk Entok

Setelah semua sudah siap, Maka tahap selanjutnya kamu dapat memikirkan untuk sang indukan yang dapat di ambil dari suatu produsen. Pastikan pada sang indukan yang di tentukan adalah jenis entok yang sudah terjamin akan suatu kesehatannya, tidak cacat, nafsu makan tinggi, sampai dengan gerak lincah. Dengan begini kamu sudah dapat menentukan hasil dari ternak entok yang cukup berkualitas di masa mendatang. Indukan Entok yang kamu tentukan sangat menentukan opada akhir dari hasil ternakan Entok kamu nantinya.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Tongkol

4. Pemberian Pakan Entok

Pemberian Pakan Entok

Pakan adalah asupan nutrisi pokok yang di butuhkan oleh entok, kamu jangan sampai untuk melupakan hal ini dan meremehkan dalam pemberian pakan Entok. Berikan pakan Entok dengan secara rutin dan tidak perlu untuk dapat menghemat jumlah yang di berikan. Setiap usia memiliki pakan Entok yang berbeda, dimulai dari usia 1 sampai 14 kamu hanya cukup untuk dapat memberikan pelet terlebih dahulu, untuk usia 15 sampai 35 dengan pemberian jagung dan tahu. Sedangkan untuk usia lebih matang yaitu 36 sampai 40 diberikan pada pakan berupa runcah, bekatul, menir, serta enceng gondok.


5. Vaksinasi Entok

Vaksinasi Entok

Sama seperti hewan ternak lainnya, entok juga harus dapat di lakukan vaksinasi. Tujuan ini untuk dapat memberikan kekebalan dalam tubuh Entok supaya tidak mudah untuk terserang berbagai penyakit karena rendahnya akan kesehatan sehingga sangat mudah untuk terserang oleh berbagai macam penyakit. Dengan melakukan ini tentu kamu akan meminimalisir dalam kematian Entok dengan secara sia-sia yang akan berdapak merugikan sekali buat kamu.


6. Pemberian Campuran Konsentrat

Campuran pada pemberian konsentrat di berikan kepada entok sebagai salah satu asupan nutrisi yang tak kalah penting bagi kesehatan Entok. Selain menambah pada daya tahan tubuh, konsentrat juga dapat diberikan untuk membuat nafsu makan bertambah Entok. Dengan meningkatkan nafsu makan sang entok, maka kamu akan mendapatkan hasil ternakan Entok yang bagus dengan berat badan yang optimal.


7. Perjodohan Entok

Perjodohan Entok

Perjodohan ini dapat di lakukan dengan cara mengawinkan entok sang jantan dan entok betina, supaya dapat cepat hamil. Dengan cara ini dalam suatu keuntungan kamu dalam beternak entok terlihat sekali, cukup sangat memuaskan. Disinilah nilai besar dari keuntungan kamu dalam berbisnis ternak entok. Memang tidak mudah untuk dapat melakukan jenis ternak entok, karena kita juga harus dapat dalam menjaga kebersihan kandang serta lingkungan pada setiap saat. dapat di katakan bahwa entok adalah jenis unggas terjorok, mengingat dengan kotorannya yang cair dan berbau sangat mengganggu kenyamanan.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Affinis


8. Panen Entok

Panen Entok

Setelah semua proses telah kamu dilalui maka masa yang akan datang adalah masa panen entok yang telah ditunggu tunggu pada akhirnya sudah dapat untuk kita lakukan. Titik dalam terpenting dari masa panen entok tersebut adalah mengenai dalam pemasaran dari daging entok yang sudah dapat dihasilkan dan diperoleh. Dalam pemecahan solusi dalam pemasaran yang harus dijalankan adalah dengan cara mencari para tengkulak yang mau menampung pedaging entok. Proses dalam pemasaran entok tersebut sudah mulai dapat dijalankan pada saat persiapan awal berternak entok.


Itulah teman-teman yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Berternak Entok Sukses . semoga kalian dapat mengikuti panduan ini secara benar, supaya Entok yang kalian ternak dapat tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat dan maraup kesuksesan dalam berternak Burung Puyuh, itu saja yang dapat saya sampaikan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalin sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :