Cara Ternak Bebek Petelur Modern

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Seperti yang telah kita ke pahami bahwa jenis bebek atau itik adalah sejenis unggas yang mempunyai terhadap nilai jual yang sangat tinggi. Dimana dalam permintaan terhadap telur ataupunn daging jenis bebek ini selalu meningkat di setaip waktunya. Inilah mengapa orang -orang menjadi kian tertarik dengan menjalankan peternak baik bebek petelur maupun menjalankan peternak bebek pedaging.

Selain dalam permintaan bebek rumah makan yang semakin meningkat, tingkat dalam mengkonsumsi masyarakat juga semakin meningkat. Hal ini tentu menjadikan ladang usaha ternak bebek akan semakin menjadi-jadi dalam peluang usaha ternak bebek yang tidak dapat kita remehkan sebelah mata. Perlu sama-sama dapat dipahami bahwa hasil utama dari ternak bebek dalam petelur adalah telur-telur mereka yang memiliki nilai yang lebih tinggi daripada nilai telur ayam. Dimana masing masing berat dari telur bebek tersebut bisa mencapai 70 gr rata-rata. Bahkan jenis bebek dari bebek alabio yang mempunyai tingkatan dari produktivitas tinggi dapat mendapatkan rata rata sebanyak 250 butir telur bebek dpada setiap tahunnya. supaya kamu dapat menjalankan ternak bebek petelur ini dengan baik, dan benar maka sebenarnya tidak memerlukan modal yang terlalu besar untuk berternak bebek petelur dengan secara modern ini, jika kalian masih bingug dalam berternak Bebek Petelurm Modern, maka kalian dapat mengikuti petunjuk sesuai dengan arahan, selamat membaca.

Ternak Bebek


Cara Ternak Bebek Petelur Modern

Meningkatnya dalam permintaan jenis bebek petelur juga di berdapak oleh banyaknya dan maraknya di mendapatkan beberapa jenis restoran ataupun rumah makan baru yang bertema tema bebek atau itik pada menu makanan mereka. Sebenarnya untuk menjalankan proses ternak bebek, bukanlah sesuatu proses yang sangat susah bila di jalankan sama Selain itu, dalam permintaan bebek juga cepat menanjak karena setiap restoran atau rumah makan semakin bertambah di indonesia.

1. Menentukan Jenis Bebek

Menentukan Jenis Bebek

Sebelum kamu mengupas dalam berternak Bebek Petelur Modern lebih lanjut tentang cara beternak bebek maka kita dapat terlebih memahami serta mengenal dan mengetahui jenis jenis bebek yang nantinya akan kita ternak. Tentang jenis bebek apa saja yang terbaik dan dapat mendapatkan produksi yang terbaik.

Baca Juga  Cara Melakukan Budidaya Ikan Makrel

Berikut beberapa jenis bebek yang umum di pelihara oleh peternak bebek yaitu :

  • Bebek Petelur : Buff Orpington, Khaki Campbell dan Indian Runner
  • Bebek Pedaging : Cayuga, Peking, Muscovy dan Aylesbury

Sedangkan jenis jenis bebek yang umum di temukan dan di ternak di Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Bebek Alabio      : Mempunyai ukuran pada badan yang sedikit lebih besar jika kamu bandingkan dengan itik daerah tegal
  • Bebek Mojosari   : Mempunyai warna bulu yang cokelat muda hingga coklat tua, pada warna paruh bebek adalah dominan berwarna hitam.
  • Bebek Tegal     : Ini adalah itik yang mempunyai warna pada bulu putih hingga coklat hitam, dengan warna paruh dominan hitam serta kuning.
  • Bebek Asahan      : Ini adalah jenis bebek yang suka di ternak dan di budidayakan di daerah Sumatra Utara

2. Persiapan Lokasi Kandang Bebek

Persiapan Lokasi

Untuk tempat yang cocok dalam berternak bebek kamu harus dapat menentukan tempat lokasi yang tidak terlalu dekat dengan pemukiman dan keramaian, namun masih dapat terjangkau dengan kendaraan untuk dapat memperlancar pemindahan dari hasil panen nantinya. tempatkanlah nantinya peternakan bebek petelur anda di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan predator.


3. Menentukan Kandang Bebek

Menentukan Kandang Bebek

Bentuk dalam jenis ukuran dan hal lainnya yang berkaitan sangat erat dengan keadaan kandang bebek dapat kamu tentukan dengan sendiri sebagai seorang peternak, dapat juga kamu sesuaikan dengan keadaan lingkungan tempat kamu luas tanah yang kamu miiki sehingga dalam banyaknya jumlah modal dan juga banyaknya jumlah bibit bebek yang nantinya akan kamu pelihara termasuk jumlah indukan bebek.


4. Persipan Untuk Kondisi Kandang Bebek

Persipan Untuk Kondisi Kandang bebek

Sebelum kamu memulai untuk melakukan beternak bebek petelur maka ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu untuk dapat berternak bebek dengan baik dan benar, adalah sebagai berikut ini :

  • Persyaratan dalam penggunaan temperatur kandang bebek adalah minimal 39 derajat C.
  • Memenuhi dalam syarat pada kelembaban kandang bebek yang berkisar sekitar 60 hingga 65%
  • berikan pada sarana berupa penerangan kandang bebek untuk dapat mempelancar pengaturan di dalam kandang bebek nantinya, agar fungsi dari kandang bebek dapat dengan secara maksimal.

5. Menentukan Model Kandang Bebek

Menentukan Model Kandang

Supaya ternak bebek kamu berhasil dan menguntungkan maka tentunya kamu wajib untuk dapat menentukan jenis dan model dari bentuk kandang bebek yang nantinya akan dapat menampung peliharaan bebek kamu tersebut. Berikut 3 jenis model kandang bebek yang sering di pakai oleh para peternak, adalah sebagai berikut :

  • Kandang Khusus Anak Bebek : Ini pada umumnya merupakan kandang bebek yang berukuran paling kecil dan paling mini dan bahkan tidak jarang banyak yang dapat menggunakan dengan sebuah box saja untuk dapat mengganti kandang DOD ini, umumnya hanya dapat menampung beberapa jenis anakan bebek yang baru menetas saja.
  • Kandang Brower : Ini merupakankandang yang dapat di gunakan oleh bebek yang telah menganjak usia remaja dimana di butuhkan dalam sebuah kandang dengan berukuran sedang yang dapat menampung para bebek remaja yang akan di besarkan menjadi bebek dewasa yang akan bereproduksi dan menghasilkan telur telur nantinya
  • Kandang Layar : ini merupakan kandang bagi bebek yang nantinya akan melakukan masa proses bertelur, kandang bebek ini akan berupa kandang jenis aterei dimana terdapat dua atau sesekor bebek di dalam sebuah kotak, atau dapat juga dengan menggunakan kandang jenis lokasi atau berkelompok.
Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Mas Koki

6. Peralatan Kandang Bebek

peralatan kandang bebek

Ada beberapa peralatan yang harus kamu siapkan ketika kamu ingin menjalankan ternak bebek, beberapa diantaranya adalah : dapat Mempersiapkan seperti saluran dalam pembuangan kotoran bebek, kolam untuk tempat bermain bebek, tempat makan bebek, tempat minum bebek, alas kandang bebek dan beberapa peralatan lain yang di diperlukan nantinya oleh bebek kamu.


7. Membeli Telur Bebek Berkualitas

Membeli Telur Bebek Berkualitas

Ketika kamu akan menjalankan berternak bebek petelur maka kamu dapat dengan memulainya dari membeli beberapa jenis butir telur bebek yang berkualitas dari pemasok kepercayaan supaya nantinya akan mempelancar dan meringankan pada modal usaha kamu. Kualitas pada telur bebek yang akan menjadi bibit bebek ini haruslah yang berkualitas supaya dapat menghasilkan DOD bebek unggulan.


8. Mengawinkan Indukan Bebek Unggul

Mengawinkan Indukan Unggul

Jika kamu sebelumnya telah mempunyai minimal 1 jenis indukan bebek jantan dan 1 jenis indukan bebek betina maka kamu hanya dapat menunggu masa proses produktifitas dari bebek tersebut hingga sampai menghasilkan telur bebek. Tentunya kamu tidak lagi perlu untuk membeli telur telur dalam unggulan untuk di tetaskan menjadi bibit bebek nantinya.


9. Bibit Bebek

Bibit Bebek

Pastikan bahwa bibit bebek yang akan kamu beli sudah terjamin pada kualitasnya dan keunggulannya telah di uji sebelumnya. Karena hasil dari ternak bebek tersebut nantinya akan menjadi hasil dari peternakan bebek kamu dalam keberhasilan. Jika ada DOD bebek yang sakit atau cacat maka sebaiknya jangan di beli terlebih dahulu.


10. Perawatan Bebek

Akan ada 2 jenis dalam perawatan bebek yang akan kamu ternakan dan dapat di kembangkan, yaitu induk untuk masa produksi berupa telur tetas dan telur konsumsi. Perawatannya tidak berbeda, hanya saja induk untuk telur tetas harus setidaknya ada jantang dengan perbandingan 1 ekor jantan dan 5 hingga 6 ekor betina.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Molly

11. Pakan Bebek

Pakan Bebek

Beberapa jenis pakan segar yang biasa di gunakan adalah : kerang, remis, kulit udang, bekicot dan keong sawah, bisa juga kamu menambahkan pada pakan bebek seperti poer jagung dedak dan ampas tahu, jika kamu pintar dalam meberi makan bebek dengan berbagai macam varian maka bebek yang kamu pelihara dapat tumbuh dengan cepat secara optimal.


12. Penyakit Pada Bebek

Penyakit Bebek

Kamu harus tetap menjalankan proses pengendalian terhadap serangan penyakit. Bebek yang sudah terserang penyakit biasanya mempunyai berupa tanda tanda sebagai berikut : kehilangan akan nafsu makan, malas untuk dapat bergerak, pasif dan tidak bersuara seperti biasanya.


13. Masa Kawin Bebek

Ketika sudah memasuki usia 20 minggu maka bebek yang kamu ternak sudah dapat di kawinkan. Ada 2 cara metode dalam perkawinan bebek yaitu : dengan cara nature mating (secara alami) atau dengan cara hand mating (bantuan manusia), pada umumnya bebek dengan secara alami kawin dengan sendirinya terlebih sudah memasuki masa produktif bebek maka kita tidak perlu susah dalam mengawinkan bebek, karena bebek akan kawin dengan sendirinya


14. Panen Bebek

Panen Bebek

Ketika bebek sudah selesai dengan masa kawin maka mereka akan dapat bertelur dan sebaiknya kamu langsung dapat memasarkan telur kurang dari 5 hari. Supaya telur bebek tidak mudah untuk busuk selama dalam masa panen maka kamu dapat memakai sistem pengawetan dan bahkan menjadikannya telur asin.


Itulah teman-teman yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Ternak Bebek Petelur Modern . semoga kalian dapat mengikuti panduan ini secara benar, Supaya Bebek Petelur yang kalian ternak dapat tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat, itu saja yang dapat saya sampaikan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalin sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :