Cara Budidaya Walet Rumahan

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Saat ini Burung walet dapat kita pelihara dimanapun dan dapat dijadikan sebagai komoditi tambahan untuk menambah penghasilan para pembudidaya, pada akhirnya telah banyak sekali oarang yang ingin membudidayakan burung walet untuk memperoleh sarangnya dan harganyapun sangat mahal, apalagi yang memiliki kualitas baik. maka untuk nilai jual yang sangat tinggi, bisa cukup untuk hidup mewah sekali panen.

Burung pemakan serangga ini mempunyai sifat yang sangat setia, yang terlihat dari bagaimana kesehariannya untuk selalu pulang ke sarang yang sama walaupun burung walet pergi cari untuk mencari makan yang cukup jauh. Di saat sore hari terlihat akan pulang ke rumah asalnya. Kebiasaan pergi kemana saja, burung walet dalam tergolong burung yang susah untuk dapat diternakkan. Oleh karena itulah burung walet susah akan berhasilnya untuk dibudidayakan dan mempengaruhi harga sarangnya yang menjadi mahal.

Lalu jika kamu memang berminat untuk Cara Budidaya Walet Rumahan maka saya akan memberi kamu Cara Budidaya Walet Rumahan yang baik dan benar sampai hasilnya sangat memuaskan dan mendapatkan pengahsilan tambahan dari usaha Budidaya Walet Rumahan, simak artikel ini sampai habis.

Cara Budidaya Walet Rumahan yang Baik dan Benar Bagi Pemula


CaraBudidaya Burung Walet Rumahan

Untuk kamu yang berminat ingin membudidayakan burung walet maka ada beberapa cara yang harus kamu lakukan dalam membudidayakan burung walet agar mendapatkan hasil yang optimal dan menjadikan penghasilan tambahan bagi para pembudidaya burung walet dan langkah yang harus kamu lakukan dengan cara mempersiapkan segala kebutuhan yang di perlukan.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Pati Dengan Kolam Terpal

1. Membuat Sarang Burung Walet

Membuat Sarang Burung Walet

Tempat tinggal burung walet atau sarang atau kandang yang memburung walet yang akan membantu perkembangan burung walet adalah dengan membuat sarangnya di dalam kandang rumah. Pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyediakan, tempat yang disukai oleh burung walet untuk dapat membuat sarangnya bagi para Pemula untuk membuat rumah burung walet, terlebih dahulu dengan cara memakai bahan seperti batu bata yang di cor sama seperti dengan membuat sebuah bangunan rumah dan pastikan keadaan suhu bangunan tersebut cukup lembab untuk dapat dihuni oleh burung walet.


2. Pembibitan Anak Walet

Pembibitan Anak Walet

Berikutnya carilah telur burung walet, kamu dapat memperolehnya di pasar burung atau toko perlengkapan ternak burung walet, kamu dapat juga beli di toko online, banyak kok yang jual. Pilihlah telur burung walet yang berkualitas. Untuk harga telur burung walet kisaran kurang lebihnya dua ratus ribu per tiga puluh telur walet, tergantung harga tiap daerah.


3. Alumunium Perlu dilengkapi Pada Sarang

Bila telah disediakan sarang burung walet, maka tahap berikutnya belilah plat-plat yang terbuat dari alumunium untuk modifikasi sebagai bentuk perawatan sarang walet. Ini dilakukan setelah berhasil  dalam menyimpan telur burung walet pada sarang yang dibuat oleh burung sriti tadi. Plat alumunium tadi dapat kamu letakkan pada tiap sudut atap bangunan rumah. Langkah berikutnya pada saat menaruh telur maka lakukanlah dengan secara perlahan-lahan. Pakailah kotoran burung walet untuk dapat dioleskan di telur yang kita sediakan atau pada peralatan tangan yang digunakan supaya burung walet tidak beranggapan bahwa kamu adalah manusia dan mengira kamu masih satu kelompok dengan mereka.


4. Pembersihan Kotoran Burung Walet

Pembersihan Kotoran Burung Walet

Kotoran walet juga sangat berharga dan mempunyai nilai jual, dalam perawatan dan ternak burung walet, kamu juga harus dapat membersihkan sarang burung walet selama tiga minggu sekali dengan memakai alat sekop sampai bersih. Kotoran ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk, juga untuk melumuri rumahan walet agar si burung walet merasa bertambah nyaman tinggal di situ disebabkan merasa punya banyak koloni.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Tuna

5. Dalami Ciri-ciri Burung Walet

Dalami Ciri-ciri Burung Walet

Pengetahuan pertama yang harus kamu ketahui dengan ciri-ciri burung walet, mulai dari bentuk fisik sampai karakter kebiasaan burung walet. Berikut adalah ciri burung walet:

  • Sayap berbentuk seperti sabit yang melengkung dan meruncing
  • Warna pada bagian bulu gelap hitam semua, ada warna lain itu kelainan.
  • Ukuran pada tubuh Burung walet sedang atau kecil seukuran dengan burung gereja
  • Burung walet punya kecepatan terbang
  • Kaki dan paruh Burung walet berukuran kecil
  • Burung walet tidak dapat berjalan, hingga jarang hinggap di tanah dan pohon.
  • Kebiasaan Burung walet berdiam di dalam gua atau rumah yang lembab, remang dan gelap
  • Rumah Burung walet yang berlangit-langit adalah untuk menempelkan sarang untuk tempat beristirahat dan berkembang biak.
  • Burung Walet juga cari makan serangga terbang utamanya di waktu sore hari atau saat surup.

6. Memberi Speaker Kecil

Memberi Speaker Kecil

Cara ini dapat kamu lakukan untuk dapat membuat sarang Burung walet dan rumah Burung walet ada nuansa seperti habitat aslinya. Kuncinya adalah dengan memberikan suara dari speaker kecil tersebut seperti burung walet asli. Kamu hanya perlu untuk dapat memutarkan kaset atau mungkin audio burung walet dari speaker tersebut sepanjang hari sehingga burung walet merasa berada di habitat yang asli dan menarik kawanan Burung walet yang lain.


7. Sarang Walet Sebaiknya Di Tempat Yang Sunyi

Sarang Walet Sebaiknya Di Tempat Yang Sunyi

Lokasi gedung walet sebaiknya jauh dari suara bising atau dekeat dengan lingkungan yang padat penduduk, sebab burung walet bisa tidak betah dan akhirnya akan mencari sarang/ kandang yang lain. Juga pastikan setelah gedung tersebut rampung untuk direvonasi, kamu dapat oleskan sekitar gedung dengan menggunkan kotoran walet yang telah dicampur dengan menggunakan air dan juga di dalam gedung untuk membuat gedung berbau seperti burung walet sehingga burung walet tertarik mendiami dan betah di dalamnya.

Baca Juga  Cara Memellihara Ikan Guppy

8. Panen Sarang Walet

Panen Sarang Walet

Sarang walet dapat dipanen apabila keadaannya sudah sangat memungkinkan. Untuk pemetikan sarang walet, harus dengan cara dan ketentuan khusus supaya mendapatkan hasil panen yang  memenuhi mutu yang baik. Selain itu, proses pemanenan juga perlu dilakukan dengan secara hati-hati supaya tidak mengganggu kenyamanan Burung walet yang menyebabkan walet akan pindah tempat. Waktu yang tepat dalam panen sebaiknya dilakukan pada saat siang hari sekitar pukul 09.00 sampai 15.00, yaitu saat walet pergi mencari makan.

Jika dilakukan pada saat walet berada di dalam gedung, ditakutkan Burung walet akan menjadi ntrauma dan kabur. Mutu sarang Burung walet ditentukan dengan berdasarkan warna yang disukai, yaitu putih kertas dengan berbentuk mangkokan dan kebersihan pada sarang Burung walet.


Itu lah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Budidaya Walet Rumahan Semoga kalian yang ingin Budidaya Walet Rumahan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kalian, dan meraup pundi-pundi yang memuaskan, dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam Budidaya Walet Rumahan. Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :