Cara Ternak Bebek

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Budidaya ternak bebek pedaging bisa mendatangkan banyak keuntungan jika kamu mengetahui cara panduan  dengan baik.

Permintaan akan daging bebek  dan telur bebek untuk konsumsi selalu banyak, sehingga mudah bagi pengusaha meraup keuntungan yang lumayan besar dari hasil ternak bebek ini.

Mungkin kalian yang sedang mencari solusi dalam berternak, mungkin berternak Bebek ini menjadi peluang kalian untuk memulai berternak Bebek. baik..kita langsung saja cara berternak Bebek sampai hasil panen dan meraup keuntungan buat kalian.


Bebek


Bebek Adalah

Bebek atau itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah sebutan dari burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabat lainnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut.

Mengenal ternak bebek dikenal sebagai hewan yang memiliki daging dengan tekstur sedang dan sedikit berserat.  namunbegitu sajian makanan berbahan baku daging bebek sering ditemui di masakan lokal Indonesia maupun makanan Mancanegara. ternyata, budidaya ternak bebek dibagi menjadi dua. yakni budidaya ternak bebek petelur dan pedaging.

Seperti pemeliharaan bibit bebek sejak kecil, pemeliharaan bebek yang lebih lama karena harus bertelur secara berulang, pengaturan suhu kandang demi kualitas telur yang baik, memperhatikan masa kawin bebek, dan masih banyak hal lainnya.

Sedangkan  ternak bebek pedaging lebih sederhana dengan keuntungan yang sedikit lebih banyak dibandingkan bebek petelur. Sehingga lebih mudah dilakukan bagi pemula.

Baca Juga  Cara Ternak Lobster Batik

Perlu diketahui pula, ada dua jenis bebek dalam usaha budidaya bebek pedaging. Yakni jenis bebek peking dan hibrida. keduanya memiliki tektur daging yang lembut serta terasa lebih gurih. Tak heran jika daging bebek ini laris di pasaran.


Persiapan Sebelum Mulai Budidaya

Beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum memulai usaha ini adalah:

  • Mencari pemasok Day Old Duck (DOD) atau bibit bebek yang baru menetas dengan kualitas terpercaya. Dengan
  • ciri tubuh yang tegap, berat bebek sekitar 40 gram, mata yang jernih, bulu bersih, dan bebas penyakit.
  • Membuat kandang box untuk DOD dan kandang besar untuk bebek dewasa. Kandang bebek dewasa bisa berbentuk panggung (bertingkat), kandang lantai, atau gabungan dari keduanya.
  • Suhu kandang yang disarankan sekitar 30 hingga 40 derajat Celcius dengan cahaya yang cukup.
    Memutuskan pemilihan dan membeli pakan, jerami untuk kandang, vitamin, antibiotik, cairan disinfektan
  • kandang dan peralatan tambahan untuk pemeliharaan bebek.
  • Menyiapkan pemanas untuk kandang box DOD.
  • Membersihkan kandang dengan cairan disinfektan untuk sterilisasi kandang.
  • Mencari pengepul yang akan memasarkan bebek hasil panen.

Cara Ternak Bebek

Ada cara dan tahapan tertentu yang perlu kamu pahami dalam menekuni usaha cara ternak bebek pedaging dan telur, yakni sebagai berikut dan dapat kamu pelajari dan memperaktekan jika kamu benar-benar ingin berternak bebek di rumah yaitu sebagai berikut :


1. Persiapkan Kandang

Persiapkan Kandang

Sebelum kamu ingin berternak bebek maka kamu harus memikirkan kandang bebek terlebih dahulu, kamu bisa membuat kandang seperti rumah yang tertutup atas nya besar dan luas kandang bisa kamu atur sendiri sesuai jumlah bebek yang ingin kamu ternak nantinya.


2. Sortir DOD

Pemesanan DOD paling sedikit adalah 100 ekor. Dari jumlah ini, terkadang ada beberapa di antaranya yang cacat atau sakit, sehingga harus disortir atau dipisahkan dari DOD berkualitas. DOD yang cacat secara fisik tetap bisa kamu pelihara, namun bedakan kandangnya dengan yang tidak cacat keadaanya.

Baca Juga  Cara Ternak Ulat Hongkong


3. Beri Larutan Gula

Saat DOD baru tinggal di kandang box, maka kamu harus berikan minuman berupa larutan gula merah selama satu jam ke depan secara terus menerus. Setelah itu, ganti minuman dengan air putih yang dicampur vitamin untuk merangsang nafsu makan bebek. selama Satu jam kemudian, baru berikan pakan sedikit demi sedikit.


4. Pemberian Pakan

Pemberian Pakan

Frekuensi pemberian pakan bergantung pada umur bebek. Saat bebek berumur 1-14 hari, maka berikan pakan yang dicampur dengan sedikit air sebanyak 5 kali sehari. Dengan melihat kesehatan bebek, perlahan turunkan suhu pemanas atau melepasnya secara total. Saat bebek berusia 15-20 hari, ukurannya akan membesar dan siap dipindahkan ke kandang besar yang cukup besar.

Berikan pakan jenis grower yang lebih bertekstur. Campur dengan sedikit air dan berikan 3 kali sehari. Pastikan selalu ada air minum ada di area kandang, dan berikan obat anti stres saat bebek beumur 20 hari. Jerami pada kandang bebek dewasa juga tak boleh kurang, agar kelembaban terjaga. Lakukan pemeliharaan ini hingga bebek berusia 31-35 hari.


5. Masa Panen

Panen Bebek

Saat bebek berusia 35 hari, mulai lah pilih bebek yang layak panen. Golongkan berdasarkan kualitas dan ukurannya masing-masing dan kamu dapat menjual bebek dalam bentuk daging maupun telurnya.Jika kamu sudah berhasil dalam berternak bebek dan telur sudah pada menetas, maka kamu sudah berhasil dan kamu tinggal membesarkan bebek.

Kamu pun bisa langsung dapat menjualnya jika kamu berkeinginan menjual anakan bebek, namun untuk anakan bebek harga nya belum terlalu tinggi di bandingkan dengan bebek yang sudah dewasa. setelah itu, bebek siap dipanen. Kosongkan dan bersihkan kandang untuk masa ternak bebek yang selanjutnya.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Salmon

Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Bebek yang Baik dan Benar Bagi Pemula ( LENGKAP ). artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :