Cara Budidaya Ikan Louhan

Anekabudidaya haiii haiii haiii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan “Cara Budidaya Ikan Louhan”… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan budidaya ikan louhan… Selamat membaca dan selamat mencoba….. 🙂 🙂 🙂 🙂

Ikan louhan atau yang sring dikenal dengan nama ilmiahnya Amphilophus trimaculatus merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki ciri khas yang identik dengan memiliki dahi yang memiliki ukuran yang besar dan bulat. Popularitas ikan louhan sendiri di kawasan Indonesia terbilang cukuplah tinggi, hal tersebut dikarenakan ikan louhan terbukti memili range harga jual yang relatif tinggi atau terbilang lumayan mahal. Ikan Louhan dikenal di kalangan masyarakat sebagai jenis ikan hias yang dipercaya memiliki kekuatan tersendiri yang dimana ikan louhan dipercaya dapat membawa peruntungan atau nasib ataupun rejeki baik bagi siapa saja yang memelihara ikan tersebut. Mitos yang beredar di masyarakat mengenai ikan louhan dapat membawa peruntungan atau nasib ataupun rejeki baik bagi siapa saja yang memelihara ikan tersebut, hal tersebut berawal dari mitos yang berasal dari negara Tiongkok. Ikana louhan sendiri, deiberina nama dengan sebutan louhan karena memiliki makna yaitu sebagai dewa pelindung.

       Budidaya Ikan Louhan (Amphilophus trimaculatus)

Ikan louhan memiliki habitat asal dan pertama kali ditemukannya ikan lohan tersebut, yaitu di daerah Malaysia, pada bagian barat negara Malaysia tersebut. Di negara Indonesia, ikan louhan sendiri barulah mulai dikenal sekitar tahun 1993 yang langsung ppopuler dikalangan pencinta ikan hias di Indonesia. Ikan luhan memiliki ciri fisik yang unik, yairu terletak pada jidatnya yang unik dan ikan louhan memiliki warna sisik yang sangat indah. Terdapat jenis ikan louhan yang baru yag berasal dari proses persilangan yang memiliki nama five colours God of Fortune pada tahun 1995 tersebut, yang membuat semakin menaiknya popularitas ikan louhan tersebut.

Baca Juga  Cara Memelihara dan Merawat Ikan Carassius

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam melakukan budidaya ikan llouhan, yaitu:

  1. Media Budidaya

Media budidaya yang akan digunakan untuk melakukan budidaya pada ikan louhan adalah dapat menggunakan media akuarium. Akan tetapi, sangat penting untuk memperhatikan ukuran akuarium yang akan digunakan utuk melakukan budidaya ikan louhan tersebut. Ukuran akuarium dapat disesuaikan dengan melihat ukuran ikan louhan yang akan dibudidayakan tersebut. Sebaiknya ukuran akuarium yang digunakan untuk budidaya ikan louhan tersebut yaitu memiliki ukuran sekitar 3/4 harus lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh pada ikan louhan tersebut. Jika pada ikan louhan yang memiliki ukuran sekitar 41 sampai dengan 50 cm, ukuran akuarium yang ideal untuk digunakan yaitu berukururan sekitar 210 x 180 x 90 cm. Selain itu juga, Akuarium yang akan digunakan untuk melakukan budidaya pada ikan louhan harus dilengkapi dengan aerator dan filter, heater, bebatuan, tanaman air dan juga harus diberikan pencahayaan yang cukup.

                                         Media Budidaya Louhan
  1. Prosees Penyeleksian Induk

Hal yang perlu dilakukan berikutnya dalam budidaya ikan louhan yaitu pada tahapan proses seleksi induk ikan louhan tersebut. Berikut langkah – langkah yang harus diperhatikan dalam melakukan proses penyeleksian induk, adalah sebagai berikut:

  1. Induk ikan louhan memilliki sirip atas, sirip bawah dan ekor yang seimbang.
  2. Induk ikan louhan memiliki sirip ekor yanng merekah lebar.
  3. Induk ikan lohan memiliki corak atau bintik hitam yang berbentuk memanjang berjajar.
  4. Memiliki bentuk kepala yang nongnong proposional serta memiliki mata merah 1 lingkaran utuh.
  5. Warna dasar pada induk memiliki warna tubuh merah cerah.
  6. Induk memiliki bintik mutiara tampak hampir di seluruh tubuh induk.
                                                    Induk Ikan Louhan

 

  1. Proses Pemijahan

Proses pemijahan yang dilakukan dalam budidaya ikan louhan yaitu dengan mempersiapkan: air, akuarium, bak penampungan air, aerator, filter, alat penampung air, lampu UV, serta bebatuan alami.Setelah itu dapat melakukan proses pemijahan yang dapat dilakukan dengan cara:

  1. Memperhatikan pemilihan ikan louhan betina yang memiliki ukuran kurang lebih sekitar 10 cm yang memiliki warna yang terang dan tidak cacat.
  2. Induk ikan louhan jantan yang akan digunakan harus lebih besar dibandinngkan induk betina.
  3. Indukan ikan louhan jantan dan indukan ikan louhan betina tidak boleh digabungkan, namun diletakkan dengan sekat yang memisahkan indukan jantan dan indukan betina tersebut.
  4. Jikan indukan ikan louhan betina memiliki tanda sudah akan bertelur, sekat sudah dapat dipisahkan.
  5. Kemudian persiapkan lah wadah untuk telur yang diletakkan pada bagian dasar akuarium.
Baca Juga  Cara Ternak Ikan Cakalang
                                  Pemijahan Ikan Louhan

 

  1. Pemberian Pakan

Pakan yang akan digunakan untuk budidaya ikan louhan perlu mendapatkan perhatian, hal tersebut bertujuan supaya ikan louhan dapat berkembang dengan baik. Pakan yang baik yang diguakan dalam budidaya ikan louhan terdapat 2 macam, yaitu: pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami yang dimaksut tersebut dapat berupa, seperti cacing sutra, cacing tanah, cacing darah, kutu air, artemia, jentik nyamuk dan   pakan udang. Sedangkan untuk pakan buatan, seperti pelet khusus yang digunakan untuk ikan louhan.pakan alami ikan louhan. Pakan diberikan dengan  menggunakan  pelet yang sebaiknya dapat dibiasakan sejak ikan louhan tersebut masih berukuran kecil.

                                          Pakan Alami Ikan Louhan
  1. Proses Pengelolaan Kualitas Air

Akuarium yang digunakan untuk melakukan budidaya ikan louhan haruslah dilakkukan penngontrolan setiap harinya, baik itu suhu kondisi airnya, pH air dan kebersihan air dalam aquarium tersebut. Aquarium yang digunakan untuk budidaya ikan louhan haruslah memiliki pH  air  normal yaitu sekitar  6,5 sampai dengan 8,5. Karena jika pH air dalam aquarium terlalu tinggi, maka ikan louhan tersebut akan kehilangan nafsu makan dan jika pH air dalam aquarium tersebut terlalu rendah, ikan louhan akan mudah terserang penyakit. Suhu air dalam aquarium yang ideal untuk budidaya ikan louhan yaitu sekitar 27 sampai dengan 30 C, hal tersebut karena jika suhu air dalam aquarium terlalu dingin, nafsu makan pada ikan louhan akan berkurang dan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan louhan tersebut.

                         Pengolahan Air Akuarium
  1. Panen

Terdapat beberapa tahapan untuk melakukan proses pemanenan dalam budidaya ikan louhan, yaitu :

  1. Pembudidaya harus melihat kondisi ikan louhan harus dalam keadaan lapar yang bertujuan untuk menghindari ikan louhan mabok/ kekurangan oksigen.
  2. Pemanenan dilakukan pada saat pagi atau sore hari, hal tersebut supaya suhu air tidak dalam kondisi panas.
  3. Ikan lohan yang akan dipanen diserok dengan menggunakan saringan lalu sortir ikan sesuai kriteria.
  4. Masukan ikan dalam ember, lalu bawa ikan ke ruang pengemasan.
Baca Juga  Cara Ternak Lobster
                    Ikan Louhan (Amphilophus trimaculatus)

 

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang “Cara Budidaya Ikan Louhan“… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya