Cara Menanam Melon

Anekabudidaya Haii haiii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Menanam Melon “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan budidaya melon… Selamat membaca dan selamat mencoba….. 🙂 🙂 🙂 🙂

Tanaman buah melon atau yang sering dikenal dengan nama ilmiahnya Cucumis melo L. merupakan jenis dari tanaman buah semusim yang habitat aslinya berasal dari daerah Mediterania yang tepatnya pada daerah lembah Persia. Dari situlah kemudian buah melon mulai terus menyebar dan berkembang pesat di berbagai macam kawasan negara termasuk di daerah Indonesia juga. Sekitar pada tahun 1970 – an tanaman buah melon termasuk pada katagori jenis buah yang bergengsi tinggi dan memiliki harga yang sangat mahal. Tanaman buah melon merupakan jenis tumbuhan buah yang memilliki bentuk tanaman yang menjalar di atas permukaan tanah. Ketika masa tumbuh pada tanaman buah melon, tanaman ini dapat dapat membentuk banyak cabang yang dapat muncul dari ketiak daun tersebut. Setiap cabang tersebut akan muncul bunga yang kemudian akan menjadi buah setelah melaluui proses terjadinya persilangan antara bunga jantan dan bunga betina. Tanaman buah melon sendiri dapat mencapai ukuran ketinggian sekitar lebih dari 3,5 meter, oleh sebab itulah perlunya dilakukan pemangkasan pada tumbuhan buah melon tersebut.

                         Budidaya Buah Melon (Cucumis melo L. )

Dengan banyaknya kandungan gizi yang terdapat di dalam tanaman buah melon tersebut, buah melon memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat yang diperlukan untuk keshatan tubuh, antara lain adalah sebagai berikut: Buah melon baik untuk kesehatan jantung, hal ini karena di dalam buah melon terdapat kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh yang akan melindungi tubuh terhadap aterosklerosis. Buah melon juga baik untuk pencernaan, hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi yang terdapat di dalam buah melon dapat menghilangkan sembelit dan dapat melancarkan  buang air besar. Buah melon juga mampu meningkatkan sistem kekebelan tubuh pada manusia dan dapat mencegah penyakit kanker, hal tersebut dikarenakan di dalam buah melon terdapat kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin A, serta karotenoid dan bioflavonoid yang memiliki sifat sebagai antioksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Serta buah melon juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular yang dimana pada kandungan mineral yang terkandung di dalam buah melon dapat mencegah terjadinya hipertensi pada tubuh dan dapat mencegah sodium supaya tidak akan membahayakan bagi tubuh manusia.

Baca Juga  Cara Tanam Buah Seri Agar Cepat Panen

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman buah melon, adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan Lahan Budidaya

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman buah melon adalah pada proses persiapan lahan. Sebelum lahan digunakan untuk melakukan budidaya pada tanaman buah melon, lahan terlebih dahulu harus dilakukan proses pembersihan lahan dari adanya gulma, rumput liar, dan hama atau penyaki yang lainnya yang dapat mengganggu proses pertumbuhan pada tanaman buah melon tersebut dan dapat menghalangi cahaya matahari yang masuk. Lahan yang baik yang dapat digunakan untuk budidaya tanaman buah melon baik itu pada daerah dataran tinggi ataupun daerah datraan rendah adalah lahan dengan struktur tanah yang mengandung unsur hara dan pH yang seimbang. Proses penggemburan tanah dilakukan dengan menggunakan cangkul ataupun traktor. Kemudian buatlah lubang untuk bedengan yang berbentuk alur lalu siapakn pupuk berupa campuran dari pupuk organik dan pupuk buatan. Gunakanlah plastik mulsa untuk dapat menutup bedengan – bedengan, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penguapan secara berlebih serta untuk mencegah tumbuhnya gulma.

          Perseiapan Lahan Budidaya Melon
  1. Persiapan Bibit

Persiapan bibit yang dilakukan dalam melakukan usaha budidaya tanaman buah melon yaitu bibit dapat diperoleh dan dibeli di toko – toko pertanian yang ada. Adapun tahapan yang dapat dilakukan untuk persiapan bibit dalam budidaya tanaman buah melon adalah:

  1. Benih direndam selama 5 samapi dengan 12 jam dalam 1 L air, ZPT dan fungisida + bakterisida.
  2. Benih dibalut dengan kain basah 1 samapi dengan 2 hari
  3. Siapkan tanah yang telah diayak dan masukkan ke dalam pot dan.
  4. Tanaman dipindahkan pada pot setelah muncul akar kedalaman 1 cm lalu tutup dengan tanah.
  5. Pindahkan bibit yang sudah tumbuh pada lokasi yang panas dan siramlah secara rutin pagi, siang dan sore hari.
  6. Buatlah ajir dengan panjang 2,5 meter.
  7. Saat bibit berumur 7 hari pindahkan ke lahan tanam dengan jarak 41 samapi dengan 50 cm.
Baca Juga  Cara Menanam Buah Cempedak
                         Bibit Buah Melon

 

  1. Proses Pemupukan dan Pengairan

Tahapan selanjutnya yang dapat dilakukan dalam melakukan budidaya tanaman buah melon adalah dengan melakukan proses pemupukan susulan dan proses pengairan. Proses pemupukan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu: pemupukan kocor dan pemupukan semprot. Pemupukan kocor itu sendiri memiliki tujuan untuk dapat memacu pertumbuhan serta perkembangan pada tanaman buah melon. Sedangkan pada proses pemupukan semprot dilakukan dengan tujuan untuk dapat memberikan unsur – unsur hara mikro pada tanaman buah melon melalui batang dan daun pada tanaman tersebut, pupuk yanng digunakan untuk budidaya tanaman buah melon biasanya menggunakan jenis pupuk mikro cair seperti Primarin – B dengan cara menyemprotkan pupuk tersebut pada tanaman buah melon tersebut.

Proses pengairan sendiri dilakuka dengan tujuan untuk tetap dapat menjaga sistem metabolisme pada tanaman buah melon tersebut. Proses penyiraman pada budidaya tanaman buah melon dapat dilakukan dengan cara menggunakan pompa mesin air untuk dapat memompakan air ketengah bedengan dengan intesitas waktu penyiraman yang dilakukan pada musim kemarau dapat dilakukan sekitar kurag lebih 4 hari sekali dan sedangkan pada saat musim hujan penyiraman pada tanaman buah melon dapat dilakukan sekitar kurang lebih 7 hari sekali.

                            Proses Penyiraman Buah Melon

 

  1. Proses Pemanenan

Proses pemanenan pada budidaya tanaman buah melon dapat dilakukan tanaman buah melon telah berusia 56 sampai dengan 70 hari setelah masa tanam tanaman tersebut. Supaya tanaman buah melon dapat matang dengan serempak, sebagian besar tanaman buah melon terutama yang ber net harus di ethrel. Pada tanaman buah melon yang matang memiliki ciri – ciri sebagai berikut: buah melon memilliki warna dan gagang yang sudah mulai mengering dengan memilkik wangi yang khas buah melon yang beraroma harum.

Baca Juga  Cara Menanam Buah Kelengkeng
                                 Panen Buah Melon

 

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang “Cara Menanam Melon“… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya