Cara Budidaya Buah Langsat Agar Cepat Panen

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Budidaya Buah Langsat Agar Cepat Panen “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan budidaya buah langsat… Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂

Perawatan Tanaman Langsat

Buah langsat atau yang sering dikenal dengan nama ilmiahnya Lansium domesticum merupakan buah yang memiliki bentuk yang bulat dan memiki warna kulit buah yang berwarna kuning dengan terdapat beberapa bercak hitam yang mengumpul pada sekitar kulitnya dalam satu tangkai batang buah. Buah Langsat merupakan jenis dari tanaman buah tropis yang hanya dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan iklim tropis. Tanaman buah langsat ini memiliki habitat asal yang berada di seluruh darata daerah Maluku yang dapat tumbuh dengan subur disegala daratan Maluku tersebut. Tanaman buah langsat ini merupakan tanaman buah yang penampilannya sangat mirip dengan buah duku karena tanaman buah langsat masih tergolong satu famili dengan tanaman buah. Tanaman langsat memiliki perbedaan yang sangat banyak dibandingkan dengan tanaman buah duku, jika dilihat dari bentuk pohon tanaman sendiri tanaman buah langsat memiliki bentuk pohon yang lebih kurus jika dibandingkan dengan tanaman buah duku yang memiliki bentuk daun yang rimbun dan juga lebat. Selain itu, dilihat dari bentuk batang tanaman buah langsat memiliki benntuk yang tidak sebesar dengan tanaman buah duku dan juga tanaman buah langsat memiliki bentuk percabangan yang tegak dan memiliki warna daun yang berwarna hijau tua. Sedangkan perbedaan pada buahnya, jika pada tanaman buah langsat memiliki struktur kulit yang lebih tipis jika dibandingkan dengan tanaman buah duku serta tanaman buah langsat juga memiliki rasa asam dan terdapat kandungan getah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan tanaman buah duku.

Baca Juga  Cara Budidaya Buah Langsat

Tanaman buah langsat memiliki berbagai jenis macam zat yang terkandung di dalamnya, seperti kandungan kalori dan vitamin yang cukup tinggi. Jika di lihat di dalam tanaman buah langsat yang memiliki ukuran 100 gram terdapat komposis kandungan zat yang terdiri dari: 70 gr kalori, 1 gr protein, 0,2 gr lemak, 12 gr karbohidrat, 0,8 gr mineral, 19 mg kalsium, 10 mg fosfor dan 0,9 zat besi. Dengan kandunga zat gizi yang cukup yang terkandug di dalam tanaman buah langsat, tanaman buah langsat memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh manusia, seperti tanaman langsat dapat dimanfaatkan sebagi proses diet, hal tersebut dikarnakan serat dan kalori yang terkandung di dalam buah langat berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Sedangkan pada bagian kulit buahnya dapat memberikan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel – sel kanker. Pada bagian biji tanaman buah langsat dapat dimanfaatkan sebagai obat demam serta pada bagian batang kayu tanaman buah langsat dapat dimanfaatkan sebagai obat anti serangga. Tidak hanya itu, tanaman buah langsat juga dapat dimanfaatkan sebagai konsumsi, yaitu tanaman buah langsat dapat diolah sebagai menjadi olahan selai atau juga sebagai bahan untuk pembuatan dodol dan bahan pembuatan puding.

  1. Proses Persiapan Bibit

Hal utama yang dapat dilakukan dalam budidaya tanaman buah langsat adalah pada tahapan proses persiapan bibit. Perbanyakan pada budidaya tanaman buah langsat dapat diperoleh dengan cara perbanyakan biji benih tanaman buah langsat tersebut. Biji atau benih dari tanaman buah langsat dilakukan persemaian pada media semai yang dicampurkan dengan tanah dan pupuk organik dengan komposisi perbandingan 1 :1 dalam media polybag atau pot. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan intensitas penyiraman sekitar 1 sampai dengan 2 kali dalam kurun waktu 1 hari. Kemudia, setelah tanaman buah langsat berumur 3 bulan dan bibit tersebut sudah mencapai ketinggian sekitar 35 sampai dengan 40 cm sudah dapat diletakkan ke lahan.

  1. Proses Persiapan Lahan
Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Buah Leci

Setelah melakukan proses persiapan bibit, hal selanjutnya yang dapat dilakukan dalam budidaya tanaman langsat adalah melakukan proses persiapan lahan. Lahan yang digunakan dalam melakukan budidaya tanaman buah langsat, terlebih dahulu harus dilakukan proses pembersihan lahan tanam agar terhindar dari gulma dan tanaman pengganggu lain dan lakukan penggemburan tanah. Tanah yang digunakan dalam budidaya harus memiliki pH 6. Buatkan lubang tanam dengan ukuran diameter sekitar 0,7 m x 0,7 m x 0,7 m dengan ukuran jarak antar tanaman sekitar 8 m x 8 m. Kemudian lakukan proses penanaman pada benih tanaman buah langsat yang telah dipersiapkan sebelumnya, benih tanaman buah langsat di masukkan ke lubang tanam yang telah disediakan tersebut lalu timbun benih tersebut dengan tanah, kemudian lakukanlah penyiraman secukupnya.

  1. Proses Perawatan

Setelah melakukan tahapan proses persiapan lahan pada budidaya tanaman buah langsat, hal selanjutnya yang dapat dilakukan dalam budidaya tanaman buah langsat adalah pada tahapan atau proses perawatan tanaman buah langsat. Proses perawatan pada budidaya tanaman buah langsat dapat dilakukan dengan cara: proses penyiraman, proses penyiangan dan melakukan proses pemupukan. Pada proses penyiraman pada musim kemarau haruslah dilakukan penyiraman dengan lebih maksimal agar tanaman buah langsat tercukupi kandungan air yang diperlukanya, akan tetapi jika tanaman buah langsat tersebut dirasa sudah berkembang dengan batang yang cukup kuat pennyiraman dapatlah dilakukan dengan seperlunya saja, yang terpenting tanah tetap lembab dan terpenuhi kebutuhan air tanaman tersebut. Proses penyiangan dapat dilakukan terhadap gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan pada tanaman buah langsat tersebut, penyiangan dilakukan dengan tjuan supaya tanaman buah langsat dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta cukup nutrisi. Selanjutnya adalah melakukan pemupukan, pupuk yang dapat digunakan dalam melakukan budidaya pada tanaman buah langsat adalah dapat dengan menggunakan pupuk jenis organik, TSP, ZA atau bahkan dengan menggunakan jenis pupuk urea dengan tetap memperhatikan dosis pemberian dengan memperhatikan keadaan dan ukuran yang ada pada tanaman buah langsat yang dibuidayakan.

  1. Proses Pemanenan
Baca Juga  Cara Menanam Jeruk Nipis

Setelah melakukan tahapan proses perawatan tanaman pada budidaya tanaman buah langsat, hal selanjutnya yang dapat dilakukan dalam budidaya tanaman buah langsat adalah sudah sampai pada tahap proses pemanenan tanaman buah langsat. Proses pemanenan buah langsat pada budidaya buah langsat dapat dilakukan ketika tanaman buah langsat sudah berbunga serta berbuah yang setelah berumur sekitar 12 tahun lebih. Akan tetapi jika tanaman buah langsat tersebut diperoleh dengan cangkok dapat dipanen pada saat berumur 8 tahun.

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Budidaya Buah Langsat Agar Cepat Panen “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya