Cara Menanam Buah Pisang Agar Cepat Berbuah

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com –  Berbagai macam buah dapat menghasilkan sangat banyak manfaat bagi tubuh. memakan buah setiap hari sangatlah penting untuk kesehatan, karena buah memiliki kandungan nilai gizi yang sanagat banyak membuat tubuh selalu tetap Vit setiap hari. Buah pisang adalah jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin di dalamnya, berupa kalsium protein, mineral, lemak, serta zat besi yang terkandung di dalam buah pisang. Selain itu kandungan yang terdapat pada buah pisang berupa asam triptophan yang sangat tinggi sehingga sangat efektif untuk meredakan gejala pikiran yang sedang sulit.

Manfaat buah pisang dan keuntungan yang didapat untuk buah pisang membuat pemakan buah pisang setiap saat teris semakin meningkat. Selain itu ada faktor harga buah pisang yang relatif stabil di pasaran membuat banyak petani saat ini yang beralih untuk menanam buah pisang.

Sayangnya, minat petani yang tinggi tidak dibantu dengan skill dalam pengelolaan yang baik juga, sehingga produksi dan produktifitasnya tentu tidak meningkat. jika kalian ingin  memulai usaha dengan menanam pisang, maka saya akan membagikan tips dalam menanam pisang, agar pisang yang kamu tanam cepat berbuah sehingga kamu dapat menuai hasil keuntungan yang bagus, selamat membaca.

Cara Menanam Buah Pisang Agar Cepat Berbuah


Cara Menanam Buah Pisang Agar Cepat Berbuah

Pisang merupakan suatu nama yang secara umum yang diperoleh pada tumbuhan terna raksasa yang berdaun cukup besar serta memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya telah menghasilkan buah untuk konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan sanagat rapih dan sejajar dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut dengan sisir.

1. Bibit Buah Pisang

Bibit Buah Pisang

Dalam menanam buah pisang yang baik hal pertama yang harus dilakukan adalah dimulai dari bibit pisang yang berkualitas. sehingga saya akan menginformasikan untuk mencari bibit buah pisang yang berkualitas anatara lain adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah bibit pisang yang sangat sehat dengan ketinggian 1 sampai 1,5 meter dan diameter mencapai 15 sampai 20 cm.
  • Bibit pisang yang berasal dari indukan buah pisang yang berkualitas baik, sehat dan produksi buah cukup tinggi.
  • Proses dalam pembibitan pisang dikenal sebagai anakan muda dan anakan dewasa. Maka lebih baik kamu memilih bibit pisang yang memakai anakan dewasa, hal ini biasanya sudah mempunyai bakal bunga dan persedian makanan dalam bonggol pisang.
Baca Juga  Cara Menanam Buah Cempedak

Setelah kamu mempunyai bibit buah pisang yang berkualitas dengan yang telah saya memberikan tips tadi, maka langkah selanjutnya kamu harus melakukan perendaman bibit buah pisang dengan memakai pupuk pisang organik yang berkualitas selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dikarenakan hormon yang akan diperoleh dari pupuk pisang organik akan bekerja serta mempercepat proses pertumbuhan tanaman buah pisang dengan begitu tanaman buah pisang akan tumbuh sehat dan cepat.


2. Persiapan Lahan Buah Pisang

Persiapan Lahan Buah Pisang

Setelah kalian telah mempunyai bibit buah pisang yang berkualitas, tahap selanjutnya adalah kalian harus menyiapkan tempat atau lahan untuk budidaya buah pisang.

Dalam mempersiapkan tempat lahan untuk budidaya buah pisang, kalian dapat melaksanakan kegiatan sebagai berikut ini :

  • Bersihkan pohon pada gulma di daerah lahan buah pisang supaya tidak menyerang pertumbuhan buah pisang.
  • Bajak atau menggunakan cangkul pada lahan supaya akan tercipta keadaan media tanah yang dapat membantu pada pertumbuhan tanaman secara maksimal dan pertumbuhan mikroorganisme pada tanah.
  • Berikan juga berupa pupuk pisang dengan menyebarkan pupuk kandang.
  • Buat beberapa lubang tanam dengan ukuran sekitar 30x30x40 cm dan mengatur jarak tanam antar tanaman supaya tidak terlalu berdekatan, sekiranya sekitar 3×3 m. Dengan jarak tanam buah pisang yang baik dapat memaksimalkan proses pada penyerapan nutrisi yang kamu diberikan.
  • Buat berupa saluran drainase disekitar lubang area tanam supaya saat hujan datang maka lahan tidak akan tergenang oleh air.

Dalam budidaya buah pisang agar menjadi berbuah dengan lebat serta menguntungkan untuk kalian. maka kalian dapat menambahkan pupuk ,kompos sehingga proses pengomposan dalam tanah, akan membunuh jamur serta bakteri pathogen dan mempercepat menggemburkan tanah, lalu diamkan tanah selama 1 minggu setelah itu tanah akan menjadi sehat, subur serta gembur.


3. Menanam Buah Pisang

Menanam Buah Pisang

Cara untuk menanam bibit buah pisang harus menggunakan Teknik yang dilakukan debgab benar supaya tanaman buah pisang kamu tumbuh dengan sehat dan berbuah dengan cepat. di antaranya :

  1. Jarak posisi tanaman yang cukup besar.
  2. Pola tanaman pada tumpang sari.
  3. Ukuran lubang tanam serta pada kerapatannya
  4. Tanah berat sekitar: 50x50x50 cm dan 3.3 x 3.3 cm.
  5. Tanah gembur sekitar: 30x30x30 cm dan 3 x 3 cm.
  6. jika pisang ditanam akan menjelang pada musim penghujan, maka teknik yang dapat dilakukan agar pohon menghasilkan buah yang lebih baik yaitu sebelum lubang ditanam buah bibit pisang, dapat ditambahkan terlebih dahulu berupa pupuk organik sebanyak 15 sampai 20 kg.


4. Cara Merawat Pohon Buah Pisang

Cara Merawat Pohon Buah Pisang

Merawat budidaya buah pisang harus dapat di lakukan hingga saat panen akan datang kecukupan berupa nutrisi, serta  menjaga kebersihan pada lahan dari hama gulma, serta ketercukupan air hingga antisipasi awal serangan pada hama dan penyakit merupakan hal-hal yang harus kalian perhatikan setiap hari.

Baca Juga  Cara Menanam Buah Naga

Saat umur buah pisang di bawah 3 bulan, maka lakukan penyemprotan pada buah pohon pisang setiap 1 minggu sekali dengan menggunakan pupuk buah pisang hal ini dapat membantu akan mencukupi kebutuhan nutrisi didalam budidaya buah pisang. Setelah umur tanaman pisang sekitar 3 bulan ke atas.

Untuk memaksimalkan pada ukuran serta jumlah buah pisang supaya dapat berbuah banyak dan besar, maka perlu melakuakan hal sebagai berikut:

  • Setelah pohon pisang telah berbuah dan tandan buah pisang sudah terbentuk sekitar 5 sampai 7 sisir, kamu langsung melakukan pada pemotongan jantung atau bunga pisang.
  • Setelah itu bungkus menggunakan kertas, plastik atau bisa menggunakan karung
  • Berikan pupuk yang telah mengandung bahan kalium tinggi setiap 2 minggu sekali.

5. Hama Tanaman Pohon Buah Pisang

Hama Tanaman Pohon Buah Pisang

Tanaman pisang merupakan tanaman holtikultura, buah pisang juga memiliki manfaat serta kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Adapaun beberapa penyakit yang sering menyerang tanaman pisang seperti berikut:

A. Hama Tanaman Pisang

  • Ulat Penggulung Daun Pisang

Ulat pada penggulung daun buah pisang adalah jenis ulat yang berwarna hijau yang dikelilngi oleh lapisan lilin yang berwarna putih. Dengan mempunyai ulat penggulung sehingga daun pisang yang telah  terserang akan menjadi rusak, sobek-sobek dan bahkan menyebabkan daun pisang tinggal induknya saja.

  • Nematoda

Nematoda dapat menyebabkan merusak pada bagian akar seperti, luka dan bengkak sehingga akan menggangu metabolisme pada tanaman tersebut. Tingkat pada serangan yang tinggi akan menyebabkan pada pertumbuhan tanaman buah pisang akan menjadi kerdil.

  • Ulat Buah Pisang

Hama ulat yang terdapat pada buah pisang ini akan menyerang dan merusak pada bagian kulit bakal buah mpohon pisang. Kulit buah akan muncul seperti totol-totol yang berwarna cokelat atau bitnik-bintik dengan warna kombinasi tersebut.


B. Penyakit Yang Menyerang Tanaman Pisang

  • Penyakit Kerdil Pisang

Penyakit ini adalah jenis penyakit yang cukup sulit untuk dapat diberantas. Penyakit ini dikarenakan oleh serangan virus Banna Bunchy Top Virus (BBTV). pada tanaman yang terserang penyakit ini pastinya akan mengalami pertumbuhan yang sangat lambat.

  • Bercak Daun

Serangan pada penyakit ini disebabkan oleh Mycosphaerella musicola Mulder. sehingga serangan buah pisang pada serangan ini dapat berdampak kepada kerugian yang besar karena pada buah pisang akan mengalami kematangan sebelum pada waktunya.

  • Layu Bakteri

Serangan oleh hama ini juga dapat menyebabkan daun pisang akan merubah menjadi menguning, serta bagian pelepah menjadi layu, dan terjadi pada perubahan warna pada bagian bonggol. Lalu tanaman akan mati karena bonggol dan akar mulai membusuk.

Baca Juga  Cara Menanam Buah Blueberry


6. Cara Mencegah Hama Tanaman Pisang

Tanaman pisang yang sudah terkena penyakit akan berdampak pada kematian. Cara untuk mencegah penularan pada hama pisang dengan membuang tanaman pisang yang mati. selanjutnya tanah bekas tanaman yang mati dapat disiram dengan menggunakan fungisida. Adapun cara pencegahan hama dan penyakit pada tanaman pisang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menanam tanamanbuah  pisang yang tahan layu.
  • Hindari untuk membawa bibit pisang yang pernah terkena penyakit.
  • Selektifnya dalam menyortir alat pada pertanian yang selektif.
  • Memperbaiki putaran tanaman bias untuk dapat membantu penyebaran luasan penyakit pada tanaman pisang.
  • Memanfaatkan musuh secara alami seperti agens antagonis pada tumbuhan yang berfungsi menekan populasi atau aktivitas pantogen pada tumbuhan.

7. Panen Buah Pisang

Panen Buah Pisang

Jika semunya telah kamu lakukan dan tips yang sudah saya berikan, lalu langkah selanjutnya adalah masa panen pada buah pisang, buah pisang yang kamu tanam  rata-rata dipanen pada umur sekitar 1 tahun namun ini tergantung dari jenis pohon pisang apa yang kamu tanam, karena pohon pisang mempunyai masa panen yang berbeda-beda dan tidak sama usia saat panen. sehingga kamu dapat melihat buah pisang kamu yang panen dengan cicri-ciri sebagai berikut :

  • Ditandai dengan adanya berupa tanda mengeringnya daun bendera.
  • Pada buahpisang  yang sudah  tua akan memiliki sudut tumpul serta membulat.
  • Mudah untuk patah pada bekas putik bagian bunga.
  • Mudah rebah pada kebanyakan di bagian pelepah.
  • Warna pada kulit buah seperti lebih cerah.

8. Pasca Panen Buah Pisang

Tahap pada penyimpanan buah pisang merupakan pasca panen buah pisang yang sangat penting dilaksanakan, karena tahap pada pemyimpanan akan mempertahankan kualitas pada mutu pada buah pisang sehingga masih layak untuk dikonsumsi di jangka waktu beberapa hari. Penanganan yang baik ketika pasca panen pada buah pisang adalah dengan menekan pada saat proses metabolisme dengan serendah mungkin, sepertia dengan melakukan suhu dingin, dan menggunakan bahan kimia yang dapat menghambat kematian pada jaringan pada pasca panen buah pisang.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Buah Pisang Agar Cepat Berbuah ( LENGKAP ) semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memecahkan masalah yang selama ini kalian cari dalam menanam buah pisang, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :