Cara Budidaya Anggur Agar Cepat Berbuah

Diposting pada

AnekaBudidaya.com – Buah Anggur adalah salah satu jenis buah yang tanamannya adalah perdu secara merambat. Buah Anggur ini dapat dimakan dengan secara langsung, dibuat jus, jelly, minyak biji Buah Anggur, kismis dan minuman Buah Anggur. Sebenarnya dapat pembudidayaan pada tanaman Buah Anggur sudah dapat dilakukan sejak tahun 4000 SM di wilayah Timur Tengah. Namun untuk dijadikan sebagai bahan minuman Buah Anggur baru dapat ditemukan pada tahun 2500 SM oleh Negara Mesir.

Selain itu, bisa juga dilakukan cara menanam buah anggur dari biji. Namun, pada proses penanaman Selain itu, bisa juga dilakukan cara menanam buah anggur dari biji. Namun, penanaman Buah Anggur dengan biji secara umumnya dinilai rawan akan suatu gagal. Padahal sebetulnya berdasarkan dari bagaimana cara kamu dalam memperlakukan tanaman Buah Anggur .dengan menggunkan biji pada umumnya dinilai sangat rawan akan gagal. Padahal sebetulnya berdasarkan dari bagaimana cara memperlakukan tanaman pada buah anggur, lalu bagaimana cara menanam buah anggur yang benar, mari kita simak artikel ini secara bersama.

Menanam Buah Anggur


Cara Budidaya Anggur Agar Cepat Berbuah

Tidak lama setelah itu masa proses pengolahan pada buah anggur tersebut tersebar luas ke seluruh penjuru dunia, dimulai dari daerah Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, serta Austria. Dengan Persebaran buah ini terjadi sangat cepat, sehingga terlebih dengan adanya masa perjalanan Colombus yang telah membawanya untuk mengelilingi dunia. Selain itu pada buah anggur tersebut juga terdapat kandungan senyawa metabolit sekunderterkandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas secara cepat. Berikut cara menanam buah anggur agar cepat berbuah dengan banyak :

1. Syarat Hidup

Tanaman buah anggur ini adalah salah satu jenis tanaman yang hidup di daerah dataran rendah. Tidak seperti tanaman pada lainnya, buah anggur justru dapat hidup dengan baik jika terjadi pada saat musim kemarau yang panjang antara 4 sampai 7 bulan dengan intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Curah terjadi hujan yang perlukan dalam cara menanam pada buah anggur spaya cepat berbuah akan memerlukan 800 mm per tahun. Penyiraman yang harus dilakukan pada secara berlebihan pada tanaman buah anggur ini akan dapat mengganggu masa proses perkembangan buah anggur. Sedangkan suhu maksimalnya adalah 31 derajat celcius serta suhu minimum 23 derajat celcius dengan kelembapan udara antara 75 –sampai 80%.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Coklat

2. Persiapan Media Tanam

Tahap pertama dalam cara menanam pada buah anggur supaya cepat berbuah adalah dengan mempersiapkan media tanam buah anggur, syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan pada lahan yang sangat subur serta mudah dalam menyerap air. Sebab pada tanaman ini tidak menyukai banyak mengandung air, sehingga apabila mendapat banyak air dapat mengambat pada pertumbuhan buah anggur.
  2. Tanah tersebut adalah tanah yang telah mengandung pasir dan lempung dlam jumlah pas supaya tanaman tidak mendapat tranpirasi secara berlebihan.
  3. Keasaman atau ph pada tanah dalam keadaan yang normal yaitu 7.


3. Pemilihan Bibit Buah Anggur

Pemilihan Bibit Buah Anggur

Bibit pada buah anggur dapat dibuat dengan memakai cara mencangkok pada pohon buah anggur yang memiliki kualitas yang unggulan, tentunya tidak ada serangan penyakitan. Sebaiknya kamu dapat pilih pada bagian batang buah anggur yang tegak, sehingga bibit buah anggur yang didapat pun akan mudah untuk ditanam, baik di dalam pot ataupun langsung di tanah luas.

Pada bibit buah anggur dalam metode cangkokan ini dapat ditanam sesudah masa pencangkokan sekitar 6 sampai 7 bulan.  Jika ditanam dan dirawat dengan baik, maka secara otomatis pada tanaman buah anggur dapat berkembang secara baik. Untuk cara menanam buah anggur dengan teknik stek/cangkok dapat kamu pilih bibit dengan ciri – ciri adalah sebagai berikut :

  • Panjang stek pada buah anggur yang akan dipakai dilarang lebih dari 25 hingga 30 cm dengan banyak ruas 2 hingga 3.
  • Batang pada buah anggur yang distek wajib berbentuk bulat dengan lingkar diameter sebesar 1 cm.
  • Pada bagian kulit batang buah anggur yang memiliki warna coklat dan bagian kulit batang mempunyai warna hijau, tidak terdapat bercak hitam sedikitpun dan mempunyai kandungan air.
  • Biasanya, tanaman buah anggur yang ditanam dengan menggunkan stek akan nampak akan lebih gede dan padat.

4. Proses Penyemaian Anggur

Proses Penyemaian Anggur

Langkah berikutnya adalah dalam penyemaian buah anggur. Supaya cara menanam buah anggur supaya cepat berbuah dan dapat tumbuh dengan sempurna, maka perlu dikerjakan beberapa hal sebagai berikut:

  • Semaikan pada bibit buah anggur dengan menggunakan pot atau polybag selama 5 sampai 7 hari lamanya.
  • Jika melakukan dengan cara menanam pada buah anggur di dalam pot maka kamu dapat lakukan pemindahan pada pot/polybag. Namun terlebih dahulu dapat dituang dengan media tanam seperti dengan campuran tanah dengan pupuk kandang serta pasir dengan pada masing-masing memiliki campuran dengan perbandingan sebesar 1:1:1
  • Bibit buah anggur selanjutnya diberi air dengan secara teratur saat pagi dan senja hari. Tanah yang dipakai dipastikan memiliki pengairan yang sangat bagus sehingga tidak tergenang oleh air.
  • Ketika sudah menginjak pada usia 2 bulan, maka tunas-tunas baru akan muncul dan akarnya akan terlihat dengan sangat banyak.
Baca Juga  Cara Menanam Anggur di Halaman Rumah

5. Penyemaian Biji Anggur

Penyemaian Biji Anggur

Cara penyemaian pada buah anggur dengan cara menanam buah anggur dari biji, dapat dilakukan dengan proses sebagai berikut :

  • Rendam biji buah anggur ke dalam wadah yang telah berisi air. Jika ditemukan pada buah biji akan mengambang, maka kamu dapat buanglah. Sebab itu berarti keadaan bijinya sudah tidak sehat dan tidak layak untuk tanam.
  • Kemudian lakukan pada proses stratifikasi. Proses ini dapat juga disebut dengan cara simulasi pada saat musim dingin untuk membuat biji berkecambah.
  • Selain itu juga dapat menggunakan sebagai wadah yang transparan yang dibungkus dengan menggunakan plastik atau dengan kantung udara yang transparan. Langkah selanjutnya dengan menyimpannya didalam lemari es selama 2 sampai 3 bulan.
  • Namun kamu dapat pastikan dengan suhu yang tidak menjadikannya akan membeku total. Gunakan pada suhu imbang antara 1 sampai 3 ºc.
  • Tanam biji buah anggur yang sudah melewati batas tahap stratifikasi pada wadah menggunkan pot yang di dalamnya terdapat tanah gembur dengan tercampur oleh pupuk kandang.
  • Gunakan wadah pot tanah, karena pot tanah memiliki pori-pori yang sangat mudah untuk menyerap air dan nutrisi tanpa membuat tanaman akan mengendap. Pada umumnya tanaman buah anggur berupa kecambah akan muncul sekitar 2 sampai 8 minggu dari hari penanaman bijinya.

6. Proses Menanam Anggur

Proses Menanam Anggur

Tanaman yang sudah berusia 2 bulan berada di media semai maka sudah sewajibnya untuk dapat ditempatkan ke media tanam yang telah sudah dipersiapkan terlebih dahulu. supaya dapat memperoleh buah anggur secara maksimal, sebisa mungkin tanaman pada buah anggur ditanam ketika akan memasuki pada musim kemarau. Benih pada buah anggur yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu dapat dimasukkan pada liang tanam dan selanjutnya tutup kembali lubang tersebut dengan dengan menggunkan tanah dengan diameter sebatas pangkal batang tanaman buah anggur.


7. Perawatan Anggur

Perawatan Anggur

Pada awal penanaman buah anggur, ada baiknya dapat melakukan masa persiapan dengan secara teratur tanaman buah anggur untuk dapat melihat apakah tanaman dapat berkembang dengan sempurna atau tidak, seandainya akan nampak beberapa gejalanya, segeralah dapat merubahnya dengan benih buah anggur yang baru supaya pada tanaman buah anggur yang ditanam dapat berkembang dengan serempak. Tahap selanjutnya dalam cara budidaya buah anggur adalah terus dapat merawat pada tanaman buah anggur dengan baik. Hal yang harus diperhatikan dalam perawatan antara lain :

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Anggur

1. Penyiraman

Pemberian air pada tanaman buah anggur dikerjakan sejumlah sekali sehari, yakni antara pagi atau senja hari. Terutama ketika penanaman terjadi pada musim hujan, tak harus melakukan proses penyiraman karena tanaman pada buah anggur yang pada umumnya tidak terlalu sangat suka akan tanah lembek dan mempunyai kandungan air yang banyak.


2. Pemberian Ajir

Memberi ajir pada tanaman buah anggur sangatlah penting, supaya pada bibit buah anggur dapat tumbuh dengan tegak, ajir dapat berupa dari kayu atau bilah bambo setebal 1,5 cm dengan panjang 1 meter. Hal ini bermanfaat sebagai alat penyangga bibit buah anggur sampai datang waktu pada saat pemangkasan pertama. Pada awal penanaman, bibit buah anggur di ikat secara longgar dengan menggunkan ajir, dalam perkembanganya tanaman buah anggur dengan sendirinya.


8. Pemupukan Buah Anggur

Pemupukan Buah Anggur

Selain itu sangat diperhatikan untuk tetap memberikan pupuk pada buah anggur ketika umur dari tanaman itu sendiri telah berusia 90 hari dan proses selanjutnya akan dikerjakan pada saat proses pemberian pupuk sejumlah 3 bulan sekali. Setelah tanaman buah anggur berumur 3 bulan, maka pupuk yang dikasihkan diperbanyak menjadi dua sendok makan, dan pupuk dapat dikasihkan pada saat sebulan sekali. proses pemangkasan pada ranting yang menjadi pemicu bunga keluar dari cabang tersier.


9. Masa Panen Anggur

Masa Panen Anggur

Pohon buah anggur membutuhkanmemerlukan waktu 3 sampai 4 tahun supaya dapat berbuah. supaya pada buah anggur yang akan dipetik pada umur secara maksimal maka butuh dicermati pada tanda-tanda buah buah anggur sudah matang secara sempurna yakni kulit pada buah buah anggur diliputi oleh bedak yang jelas dan buah anggur mudah untuk rontok bila terkena oleh sentuhan. Biasanya usia 100 sampai 110 hari sesudah proses pangkas , buah anggur telah masak secara optimal.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Budidaya Anggur Agar Cepat Berbuah yang Baik dan Benar semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba Cara Menanam Buah Anggur Agar Cepat Berbuah, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :