Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Buah Durian adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari karena kelezatan serta rasa daging pada buah durian. Bahkan buah durian telah mendapat julukan yaitu si raja buah karena memiliki rasanya yang begitu nikmat bila di konsumsi. Buah Durian yang berasal dari negara Asia di tenggara ini mempunyai beragam jenis, pada masing masing jenis mempunyai bentuk pada buah, warna dan rasa yang khas.

Budidaya pada buah durian pada umumnya dapat dilakukan pada area perkebunan dengan media tanam tanah Buah Durian. Durian sangat terkenal dengan tinggi batang pohonnya yang dapat mencapai puluhan meter dan mempunyai banyak dahan tempat bergantungnya pada Buah Durian. Namun bagaimana cara untuk menanam pohon Buah Durian tetap pendek namun sudah berbuah, jika kalian masih penasaran kamu dapat membahas artikel ini dengan cara seksama sampai kalian bisa dalam menanam buah durian pendek.

Membuat Pohon Durian Pendek


Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Menanam pohon Buah Durian pendek tidak begitu sulit untuk dapat dilakukan, akan tetapi dalam membuat pohon Buah Durian dapat berbuah dengan lebat perlu beberapa tahapan dalam melakukan budidaya Buah Durian. Mulai dari pemilihan lokasi tanam Buah Durian yang tepat hingga teknik dalam perawatan yang benar harus dapat terpenuhi.


1. Lokasi Penanaman Buah Durian Pendek

Lokasi Penanaman Buah Durian Pendek

Langkah Awal yang harus kamu lakukan adalah cara untuk Persiapkan lahan tanam yang sesuai dengan Buah Durian. Pemilihan lahan atau lokasi pada penanaman Buah Durian harus dapat dilakukan dengan cara yang benar dan dapat mememnuhi syarat dalam menanam supaya pohon Buah Durian pendek dapat tumbuh secara maksimal nantinya. Untuk dapat menentukan lokasi tanam Buah Durian yang baik, maka beberapa syarat yang harus kamu laukan adalah :

  • Ketinggian pada lahan Buah Durian yang harus dipersiapkan adalah dataran dengan ketinggian sekitar 50 sampai 1000 meter DPL.
  • Tekstur pada kondisi tanah yang baik untuk menanam durian pendek adalah tanah harus memiliki kandungan lempung pasir dengan dengan unsur hara yang cukup.
  • Suhu pada lingkungan pada lahan tanam Buah Durian yang baik adalah berkisar antara 21o sampai 30o Celcius.
  • Durian dapat tumbuh dengan secara subur apabila daerah tanam Buah Durian dengan curah hujan 1.500 sampai 2.500 mm per tahun. pH yang terkandung pada tanah yang baik adalah yang memiliki pH antara 6 sampai 7.
Baca Juga  Cara Menanam Buah Durian

2. Bibit Buah Durian Pendek

Bibit Buah Durian Pendek

Pemilihan bibit Buah Durian merupakan salah satu kunci utama dalam keberhasilan budidaya Buah Durian. Usahakan bibit Buah Durian dapat diperoleh dari Buah Durian varietas secara unggul dengan kualitas terbaik seperti Buah Durian montong dan sitokong. Indukan yang berkualitas, juga akan memiliki menghasilkan pada bibit pohon Buah Durian yang baik juga. Bibit Buah Durian dapat anda peroleh dengan sendiri dengan cara mencangkok, okulasi maupun membeli bibit pada Buah Durian yang sudah jadi. Untuk bibit Buah Durian yang sudah jadi, sebaiknya kamu dapatkan bibit Buah Durian dari yang bersertifikat di toko pertanian unggul.

Namun bibit Buah Durian yang bersertifikat juga dapat dipilih lagi supaya mendapat bibit Buah Durian terbaik. Bibit Buah Durian dalam keadaan yang bagus serta dari penyakit maupun serangan hama. Bentuk batang Buah Durian utama tegak lurus dengan satu batang Buah Durian utama saja. Diameter pada batang Buah Durian harus dapat seimbang dengan tinggi dari bibit Buah Durian tersebut. Untuk benih Buah Durian hasil dari okulasi, pilih yang bekas sambungannya sudah hilang atau menyatu dengan secara sempurna. Cabang dahan tumbuh dengan merata dan seimbang, cabang Buah Durian yang tidak seimbang akan membuat pohon Buah Durian tidak akan mampu tumbuh dengan lurus dan tegak. Kulit batang pada Buah Durian berkerak seperti pada batang pohon Buah Durian dewasa. Ukuran batang Buah Durian atas dan bawah memilikimempunyai ukuran yang sama.


3. Menanam Pohon Durian Pendek

Menanam Pohon Durian Pendek

Setelah mempersiapkan lahan tanam Buah Durian dan dapat melakukan dalam menentukan pemilihan bibit Buah Durian yang berkualitas, selanjutnya adalah proses dalam penanam pohon Buah Durian pendek. Namun sebelum akan melakukan penanaman Buah Durian, bibit Buah Durian mesti di inpakan terlebih dahulu di lokasi penanaman Buah Durian. Hal ini bertujuan supaya benih Buah Durian dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Baca Juga  Tahapan Dalam Menanam Buah Duku

Lakukan proses penggembuaran tanah dengan cara mencangkul sambil membersihkan lahan Buah Durian dari tanaman penggangu maupun gulma. Tanah yang telah digemburkan selanjutnya dapat dicampur dengan menggunkan pupuk dan biarkan pupuk terserap oleh lahan proses ini berjalan selama 1 minggu. Setelah  1 minggu, lahan tanam Buah Durian dapat dibuatkan pada lubang tanah dengan kedalaman yang dapat menyesuaikan. Jika bibit Buah Durian yang akan kamu tanam lebih dari satu buah, maka buatlah lubang pada tanam Buah Durian dengan jarak 8 meter. Penanaman bibit Buah Durian dapat dilakukan dengan cara memasukan kedalam lubang dan ditimbun hingga mencapai leher akar. Pastikan bibit pada Buah Durian dalam posisi lurus saat ditanam.


4. Merawat Pohon Durian Pendek

Merawat Pohon Durian Pendek

Pohon Buah Durian dalah jenis tumbuhan yang sangat membutuhkan air dalam jumlah yang sangat banyak pada masa awal tanam Buah Durian. Untuk itu sangat diperlukan proses penyiraman dengan secara rutin pada setiap hari supaya bibit tumbuh dengan secara optimal. Selain itu sistem pada drainase juga harus tersedia dengan lancar. Pembersihan area sekitar batang Buah Durian dan akar juga perlu dilakukan dengan secara berkala. Selain itu tanah Buah Durian sekitar pohon Buah Durian yang rutin.

Untuk itu perlu dilakukan proses penggemburan tanah untuk menjaga sirkulasi udara pada tanah Buah Durian. Perlu di perhatikan, cara untuk penggemburan maupun penyiangan gulma, jangan menggunakan alat cangkul. Cangkul akan menimbulkan kerusakan pada akar Buah Durian sehingga pohon tidak akan tumbuh secara optimal. Dianjurkan untuk dapat menggunkan garpu taman yang tidak merusak bagian dari akar. Pemupukan Buah Durian awal dapat dilaksanakan setelah usia pohon Buah Durian berumur usia 3 bulan. Pemupukan pada Buah Durian lanjutan dapat diberikan setiap 4 bulan sekali sampai usia pohon 3 tahun. Utuk dapat memaksimalkan masa pertumbuhan Buah Durian, kamu dapat mengasih kompos yang sudah matang sekali dalam setahun.

Baca Juga  Tips Menanam Pohon Buah Mahkota Dewa

5. Panen Durian Pendek

Panen Durian Pendek

Masa panen pada Buah Durian sangat bervariasi tergantung dari varietas Buah Durian yang akan di tanam. Untuk Buah Durian montong, masa panen biasanya sudah dapat dimulai pada saat usia 3 sampai 4 tahun. Untuk Buah Durian lokal, masa akan panennya jauh lebih lama antara 8 smapai 10 tahun sejak masa tanam Buah Durian. Pemberian pada pupuk perangsang Buah Durian dapat menolong dalam mempercepat dalam terbentuknya Buah Durian.

Pemberian kadar dosis dan waktu dalam pupuk bergantung dengan jenis pupuk Buah Durian yang akan diberikan, kamu dapat mencari informasi tentang pupuk Buah Durian yang sesuai pada toko pupuk/toko pertanian. Buah durian dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Buah Durian yang sudah matang pada tampuknya akan terlepas dari daun dan jatuh ke bawah tanah. Meskipun buah durian tidak cukup kuat untuk dapat menerima benturan tanah, tp ada baiknya jika kamu mengikat pada bagian buah ke dahan supaya pada saat matang Buah Durian tidak terjatuh kebawah.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Buah Durian Pendek yang Benar Untuk Pemula semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba Cara Menanam Buah Durian Pendek, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :