Cara Menanam Apel di Pekarangan Rumah

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com- Cara menanam Buah apel di Pekarangan Rumah menjadi salah satu bisnis yang sangat cukup menguntungkan dan sekarang Buah apel sangat cukup digemari. Peminat pada buah apel juga sangat cenderung stabil di pangsa dipasaran tentu sangat seimbang untuk kalian yang tertarik ingin mencoba dalam  agribisnis khususnya pada tanaman Buah apel. artikel ini akan membahas tentang cara menanam buah apel di pekarangan rumah, mari kita simak secara seksama.

Cara Menanam Apel di Pekarangan Rumah yang Baik dan Benar


Cara Menanam Apel di Pekarangan Rumah

Karena pada keadaan lingkungan atau kalian tidak mempunyai lahan yang cukup luas, tetapi kalian ingin sekali untuk menanam Buah apel, saya akan memberi solusi untuk kalian, jika kalian benar-benar ingin menanam buah apel, karena saat ini untuk menanam buah apel tidak harus menggunkan lahan yang cukup luas, tetapi kalian hanya membutuhkan area pekarangan rumah kalian yang masih ada tempat untuk menanam buah apel, jika kalian masih penasaran maka kalian dapat mengikuti dan membaca artikel ini sampai tuntas

1. Menentukan Apel Yang Di Tanam

Banyak varietas atau jenis pada buah apel untuk kamu tentukan dalam menanam buah apel di pekarangan rumah yang dapat kalian pilih untuk dapat memulainya Beberapa jenis yang sering ditanam oleh para budidaya buah apel seperti:

1. Apel Manalagi

Bibit apel Manalagi adalah salah satu jenis buah apel lokal yang memilikii rasa yang sangat manis. Bibit ini sangat mudah untuk dapat dibudidayakan di negara Indonesia dan merupakan suatu komoditi yang banyak untuk dicari. Ciri khasnya adalah pada bagian kulit buah berwarna hijau kekuning dengan aroma buah apel manalagi yang sangat harum. pada bagian tekstur buahnya cukup keras dan renyah bila di konsumsi.


2. Apel Rome Beauty

apel rome beauty varietas atau jenis apel ini yang ditanam oleh pembudidaya apel yaitu adalah jenis Rome beauty yang dapat menghasilkan buah yang sangat bagus. Sebab jenis buah apel rome beauty  dipilih harus dapat disesuiakan juga dengan keadaan lingkungan. Untuk dapat menghasilkan masa panen buah apel rome beauty yang bagus secara kualitas dan kuantitasnya, maka kalian juga harus dapat memahami beberapa hal termasuk syarat dalam masa tumbuhnya buah apel rome beauty.


2. Menanam Buah Apel

Menanam Buah Apel

Untuk kalian yang tidak memiliki lahan atau lahan yang terbatas, maka tentu saja cara menanam Buah Apel di pot atau Polybag apel menjadi salah satu alternatif cara yang sanagat tepat untuk dapat mengembangkan agribisnis pada tanaman Buah Apel jika dalam skala besar juga. Media tanam Buah Apel akan menjadi lebih fleksibel tergantung minat kalian dalam menentukan penanaman buah apel dengan media yang kalian pilih, hal ini akan menjadi salah satu hal yang dapat menunjang bisnis Buah Apel. kalian dapat membudidayakan didekat pekarangan rumah, yang tentu saja tidak akan banyak memakan tempat Perawatan bagi tanaman Buah Apel dalam pot atau dalam polybag agar dapat lebih mudah untuk kalian terapkan.

Baca Juga  Cara Menanam Buah Naga


3. Syarat Tumbuh Apel

Syarat Tumbuh Apel

Pada secara umumnya untuk dapat budidaya Buah Apel dalam pot atau dalam polybag dapat disesuaikan juga dengan kondisi lingkungan di sekitar kamu, salah satunya pada dataran rendah. Lalu apa saja hal yang mesti kalian dapat perhatikan untuk menanam Buah Apel di dalam pot atau dalam polybag pada tempat dataran rendah, mempunyai intensitas cahaya sinar matahari yang stabil, hal ini sangat diperlukan untuk masa pertumbuhan tanaman buah apel. Masalah pada keadaan suhu adalah hal yang paling sangat penting, 16 sampai 27 C adalah suhu yang sangat dibutuhkan untuk dapat menanaman buah apel pada Kelembaban yang dibutuhkan dari bibit buah apel adalah sekitar 75 sampai 85%.

Pada keadaan tanah yang sudah gembur untuk dapat memaksimalkan masa pertumbuhan tanaman buah apel Dengan harus memperhatikan syarat pada tumbuh tanaman buah apel dan salah satunya yang ditanam dalam pot atau dalam polybag, akan menjadi langkah pertaman untuk kalian dapat mengembangkan suatu bisnis pada buah apel.


4. Pemilihan Bibit Apel

Pemilihan Bibit Apel

Pemilihan pada bibit buah apel dari varietas yang sudah kalian pilih tentu akan menjadi tahapan yang sangat penting pertama yang sangat diperhatikan. Ada 2 tahapan adalah dalam pemilihan bibit buah apel untuk tanaman buah apel. kalian dapat menentukan bibit melalui biji ataupun dengan melakukan stek terhadap pohon buah apel sendiri. Berikut yang dapat kalian lihat asal bibit buah apel yang bisa ditentukan :


1. Biji Buah Apel

Kalian dapoat menentukan pada bibit biji buah apel yang berasal dari buah apel yang memiliki kualitas buah apel yang baik. Untuk proses pemilihan bibit buah apel lewat biji buah apel sendiri amat sangat dipengaruhi dari asal buah apel bibit biji tersebut. Jika biji berasal dari buah apel yang mempunyai kualitas yang sangat baik maka bibit biji buah apel yang akan dihasilkan pun akan baik, begitupun dengan sebaliknya.


2. Bibit Stek Buah Apel Indukan

Melakukan stek terhadap indukan pohon buah apel juga dapat dilakuakn dengan cara untuk mendapatkan bibit unggulan buah apel. kalian hanya perlu untuk melakukan stek pada batang pohon indukan tanaman buah apel yang berkualitas. Kemudian kamu dapat tunggu hingga akan muncul akar dan kalian akan memperolehn bibit buah apel dengan secara langsung dari hasil stek buah apel tersebut.


5. Penyemaian Bibit Buah Apel

Penyemaian Bibit Buah Apel

Proses pada penyemaian buah apel yang dilakukan dari bibit yang ditentukan dengan menggunakan metode biji buah apel atau stek tentu saja akan sangat berbeda. Hal inilah yang dapat memberikan waktu pada masa pertumbuhan yang sangat berbeda, Berikut ini dapat kalian simak dalam penjelasannya:

1. Perlakuan Untuk Biji Apel

Untuk mendapatkan bibit dari biji buah apel kalian dapat menentukan jenis buah apel yang ingin kalian semai. Berikut ini adalah tahapan yang dapat kalian lakukan dalam melakukan proses persemaian biji buah apel :

  • Memilih bibit buah apel yang sudah cukup tua pada usianya namun dengan secara fisik pada buah apel kualitasnya harus bagus, kemudian kalian dapat membelah pada buah apel tersebut menjadi dua bagian.
  • Setelah itu kamu dapat ambil dan sisihkan pada bibit buah apel yang sudah diambil dari daging buah apel.
  • Selanjutnya kalian dapat mencucinya dengan menggunkan air mengalir, setelah itu kamu tiriskan dan keringkan biji buah apel tersebut.
  • Untuk dapat mencegah pada serangan hama maupun penyakit lainnya yang ada dalam biji buah apel, maka kalian harus merendam bijiterlebih dahulu.
  • Kemudian biji yang sudah direndam maka dapat langsung ditirkan. Setelah biji buah apel mengering, maka masukan biji buah apel kedalam tissue atau kain yang kering
  • Kemudian masukan tissue yang bakal dijadikan sebagai media semai kedalam wadah yang sanggup ditutup dengan rapat, misal stoples.
Baca Juga  Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

2. Bibit Stek Buah Apel

Untuk mendapatkan bibit stek dari tanaman buah apel yang berkualitas tentu harus menentukan bibit buah apel yang berasal dari batang pohon buah apel atau indukan buah apel yang berualitas. bibit stek buah apel Maka dari itu kalian harus dapat memahami tahapan penyemaian bibit stek buah apel sebagai berikut:

  • Memilih pada akar cabang buah apel yang berasal dari pohon buah apel atau indukan yang berkualitas secara penampakannya.
  • Kemudian kalian dapat memotong pada bagian cabang pohon buah apel pada di bagian pangkal pohon buah apel
  • Setelah itu kalian dapat memotongnya dengan posisi melintang, dalam proses pemotongan ini kalian diharapkan untuk dapat berhati-hati dan tidak akan melukai bagian lainnya.
  • Maka setelah itu juga pastikan juga memotong pada bagian pangkal cabang untuk memperbanyak bibit
    Untuk merangsang pertumbuhan akarnya dulur bisa merendam bibit yang akan distek tersebut dengan Pupuk Organik Cair Spesialis Buah dengan takaran 50 ml per polybag dan campuran 1 liter air selama 1 sampai 2 jam.
  • Setelah itu untuk media penyemaiannya sendiri, kamu dapat siapkan polybag dan tanah yang humus.
  • Kemudian, kalian dapat menanam bibit stek buah apel tersebut pada polybag atau pot. Caranya cukup mudah dengan membuat pada bagian lubang terlebih dahulu dan langsung menancapkan secara perlahan.


6. Pemupukan Buah Apel

Pemupukan Buah Apel

Untuk pemupukan dasar yang dibutuhkan pada saat akan persiapan media tanam buah apel maka kalian dapat memberikan pupuk pada takaran 100 gram per potnya. kalian dapat mencampurnya dengan menggunkan tanah atau media tanam.

Persiapan media tanam adalah untuk dapat meningkatkan pada keadaan kualitas tanah, agar dapat mencegah terjadinya penularan penyakit tular tanah, Hal inilah yang menjadi salah satu faktor dalam menunjang suatu keberhasilan dalam meningkatkan hasil panen kalian dapat dengan menggunakkan kombinasi kedua pupuk yang berkualitas bagus.


7. Penanaman Bibit Buah Apel

Penanaman Bibit Buah Apel

Untuk kalian yang menentukan bibit dari biji buah apel, maka kalian dapat langsung dapat memindahkan biji buah apel yang sudah kalia semai kedalam pot atau polybag yang sudah siap akan ditanami. Namun untuk kalian yang menentukan pada bibit dari anakan buah apel stek, maka kalian dapat melakaukannya dengan cara pemindahan dari polybag ke dalam pot. Dengan cara mengeluarkan bibit buah apel anakan stek buah apel secara perlahan, buat pada lubang tanaman buah apel pada pot atau polybag. Setelah itu masukkan dengan secara perlahan pada bibit anakan stek buah apel tersebut kedalam media pot atau polybag pastikan pada akarnya masuk kedalam tanah dengan sempurna. Lalu dapat kalian pastikan tutup pada bagian permukaan dengan menggunkan tanah secara merata dan tekan secara perlahan.

Baca Juga  Cara Menanam Nanas Madu


8. Perawatan Tanaman Apel

Perawatan Tanaman Apel

Proses dalam perawatan yang baik akan dapat memaksimalkan pada masa pertumbuhan tanaman buah apel. Jika tunas sudah ditanam di tanah, maka cara yang berikutnya adalah cara untuk merawat tunas buah apel sampai akan menjadi pohon yang cukup besar. perawatan pada tanaman buah apel di pot atau di polybag ada Beberapa hal yang harus kamu lakukan dalam proses perawatan tanaman buah apel adalah sebagai berikut :

1. Penyiangan

Penyiangan dapat dilakukan dengan ada banyak gulma yang sanggup dapat mengganggu tanaman disekitaran pot atau polybag. Jika gulma tidak cepat dihilangkan maka akan dapat mengambil nutrisi pada tanah buah apel yang diperlukan tanaman buah apel untuk tumbuh dengan secara baik.


2. Penyangga Tanaman

Pemberian pada penyangga buah apel sendiri untuk bertujuan dapat tanaman buah apel dapat tumbuh dengan tegak dengan baik dan tidak mudah patah karena pada bagian batangnya masih belum kuat untuk dapat menopang tubuhnya sendiri. Khususnya jika kalian memulai bibit dari biji buah apel.


3. Penyiraman Tanaman Buah Apel

Penyiraman dapat kalian lakukan sekitar 1 hari sekali yaitu dapat diwaktu pagi atau sore hari saja. Jangan menyiram secara berlebihan dalam memberikan air pada saat proses perawatan tumbuhan buah apel. Usahakan akan kebutuhan air yang dibutuhkan juga sesuai.


4. Pengendalian Hama

Jika tanaman buah apel kalian terserang oleh beberapa penyakit atau hama, maka dalam proses pengendalian hama sendiri dapat kalian dilakukan dengan cara menggunakan disinfektan. Namun jika kamu tidak ingin menggunakannya maka kamu dapat terus memantau secara intensif pada proses perkembangan atau hama yang ada pada di pohon buah apel kamu.


9. Panen Buah Apel

Panen Buah Apel

Mendapatkan hasil panen yang maksimal dan banyak, tentu dapat kalian wujudkan dalam cara menanam apel dalam perkarangan rumah. Dengan melakukan tahapan penanaman buah apel dengan benar maka akan mendapatkan buah apel yang dapat meningkatkan grade dan ini mempunyai nilai jual lebih dari biasanya.

  • Umur Apel Siap Panen

Jika umur pohon apel sendiri sudah berusia 4-5 bulan, maka setelah  penanaman tunas ke tanah maka pohon buah apel sudah siap dipanen. Jika penanaman dan perawatannya sudah benar dan sesuai yang dijelaskan di atas, maka dalam waktu 4-5 bulan setelah penanaman tunas ke tanah maka pohon apel pun sudah dapat dipanen dengan sempurna.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Apel di Pekarangan Rumah yang Baik dan Benar semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba dalam Cara Menanam Buah Apel Di Perkarangan Rumah, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :