Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Kelengkeng adalah buah dengan bentuk seperti lingkaran dan kecil dengan mempunyai rasa yang sangat manis, sehingga tidak heran banyak masyarakat yang sangat suka untuk memakan buah kelengkeng ini. Buah ini yang hampir menyerupai dengan buah leci, mulai dari rasa, ukuran, dan bentuknya, akan tetapi untuk bagian warna dengan tekstur pada bagian kulitnya tidak sama.

Meskipun dengan ukurannya terbilang kecil, namun buah kelengkeng mempunyai kandungan gizi yang sanagat tinggi, sehingga bagus untuk kesehatan jika di konsumsi manusia. Gizi dengan kandungan di dalam buah kelengkeng ini antara lain seperti vitamin b, vitamin c, kalsium, kalium, protein, fosfor, magan, zat besi, seng, karbohidrat, magnesium dan serat.

Jika kalian masih penasaran untuk mengetahui cara menanam Kelengkeng di dalam pot, maka sebaiknya kalian wajib untuk membaca artikel ini sampai tuntas selamat membaca.

Cara Budiaya Kelengkeng


Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot

Memulai dalam menanam buah kelengkeng baik di kebun maupun di dalam pot diperlukan dalam persiapan yang cukup serius. Manfaat dari buah kelengkeng, antara lain baik untuk mata, untuk kesehatan tulang, serta menurunkan stress, sumber energi, antioksidan, meringankan sakit diare. Selain itu akan menambah selera makan pada anak, untuk mengobati luka, dan mengandung serat bagus pada pencernaan manusia.

Kelengkeng/lengkeng yang akan ditanam didalam pot dapat dilakukan pada perkembangan tingginya sebuah batang kelengkeng. Sehingga pada ketingginan tanaman dapat ditentukan dengan sendiri supaya tidak dapat menjulang tinggi sampai 10 meter. pada proses penanam bisa menggunakan bahwa pot yang sudah kamu siapkan akan mampu menampung berat pada tanaman kelengkeng/lengkeng. Tanaman kelengkeng/lengkeng ini dapat dikategorikan sebagai tanaman tabulampot (tanaman buah yang ada didalam pot).

1. Menyiapkan Pot

Menyiapkan Pot

Pohon kelengkeng dapat dengan tumbuh secara optimal jika berada pada ketinggian 200 sampai 600 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Selain itu biasa ditanam di suatu lahan, sudah banyak masyarakat yang melakukan cara menanam kelengkeng menggunakan pot sehingga dapat berbuah dengan lebat untuk menghemat tempat dan lahan. Untuk membuat tabulampot (tanaman buah dalam pot) pada buah kelengkeng tentunya perlu kamu siapkan media utama yaitu pot dengan berdiameter 40 sampai 100 cm.

Baca Juga  Tips Menanam Pohon Mengkudu

Untuk mendapatkanya kamu dapat gunakan drum yang minyak atau oli, jika sudah kamu bersihkan. Dengan menggunkaan cara dipotong menjadi dua bagian. Atau kamu dapat membeli pot berbahan semen maupun plastik di toko pertanian terdekat supaya terlihat lebih cantik. Untuk membuat tabulampot kelengkeng yaitu dengan langkah awal, kamu dapat memasukan pupuk organik kedalam pot, lalu kamu dapat masukan pasir halus dan juga tanah. Siram dengan air serta kondisikan media supaya tetap terjaga lembab, mediapun sudah siap untuk ditanami buah kelengkeng.


2. Memilih Bibit Buah Kelengkeng

Memilih Bibit Buah Kelengkeng

Untuk mendapatkan bibit buah kelengkeng yang mempunyai kualitas bagus, maka kamu dapat mendapatkannya ditoko pertanian ataupun mendapatkannya secara online, Jika ingin membuat bibit kelengkeng sendiri, kamu dapat dengan menggunkaan sistem vegetatif seperti di cangkok supaya cara menanam kelengkeng di dalam pot dengan cepat berbuah. Perlu kamu perhatikan apabila ingin melakukan penanaman dalam memperbanyak tanaman kelengkeng dengan sendiri supaya kamu dapat memilih indukan yang mempunyai kualitas bagus, berbuah banyak, resisten terhadap serangan hama dan penyakit.


3. Cara Menanam Bibit Kelengkeng

Cara Menanam Bibit Kelengkeng

Pada proses penanaman dapat dilakukan dengan cara sederhana. namun pada proses penanam telah mempunyai bibit kelengkeng/lengkeng yang berkualitas atau dengan kata lain bibit kelengkeng/lengkeng unggul. Bibit kelengkeng/lengkeng tersebut dapat langsung kamu letakkan di bagian tengah-tengah pot, selanjutnya pada media tanam dimasukkan juga kedalam pot sampai akar kelengkeng tidak kelihatan lagi.


4. Perawatan Kelengkeng Di Dalam Pot

Perawatan Kelengkeng Di Dalam Pot

Pemberian pada proses perawatan pada tanaman hal yang sangat umum untuk dilakukan terutama dalam cara menanam kelengkeng dalam menggunkan pot. pada tahap proses penyiraman sangat penting untuk dilakukan, Seandainya tanaman kelengkeng kekurangan air maka kelengkeng akan menjadi layu dan bahkan akan mengalami kematian, akan tetapi jika terlalu banyak menggunakan air maka juga tidak baik untuk tanaman kelengkeng. menggunkaan air dalam jumlah yang berlebihan akan membuat media kelengkeng akan berubah menjadi lembab, Lakukan pada proses penyiraman secara teratur agar kondisi pada kelembaban akan tetap terjaga. pada saat musim kemarau dapat melakukan pada proses penyiraman dua kali dalam sehari pada waktu pagi dan sore. Sedangkan pada saat musim hujan kamu hanya cukup menyiramnya sekali saja pada waktu pagi atau sore hari.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Coklat

1. Memberikan Pupuk

Pemberian pupuk supaya buah kelengkeng dapat berbuah dengan cepat wajib dikerjakan secara perlahan, tepat tipe dan tepat dosis serta lakukan pemupukan dengan secara rutin. Dengan dapat memeperhatikan hal ini maka tanaman kelengkeng bisa berkembang secara optimal . Pada emberian pupuk kimia dapat dikerjakan dalam tiga kali dalam 1 tahun, pada penggunaan pupuk yang gunakan adalah npk dan urea secukupnya.

Cara pemberian pupuk tanaman kelengkeng, yaitu dengan cara melubangi tanah disekitar tanaman memakai alat sabit, selanjutnya masukan pupuk dengan secukupnya dan kembali ditutup dengan menggunkaan tanah. Setelah itu, kamu siram dengan menggunakan air agar pupuk dapat diserap denagn baik oleh tanaman kelengkeng. Apabila kita ingin menggunkan pupuk organik kamu dapat berikan pupuk sebanyak dua minggu sekali secukupnya supaya dapat memperoleh hasil yang berkualitas.


2. Pemangkasan Cabang Kelengkeng

Pemangkasan dapat dikerjakan supaya tanaman kelengkeng akan menjadi rindang, percabanganya akan banyak, tidak terlalu tinggi dan tanaman buah kelengkeng dapat berbuah dengan lebat. Selain itu juga akan nampak lebih indah dan menarik. Pada pemangkasan dapat dikerjakan sesudah tanaman kelengkeng sudah tumbuh tunas baru, sebagai cabang sekunder. Selanjutnya sesudah cabang primer sudah tumbuh cabang baru yakni cabang, sekunder pangkas cabang sekunder dengan menyisakan tiga buah cabang sekunder. Sesudah itu biarkan saja sampai kelengkeng berbuah lebat.


3. Pengendalian Hama

Selain pemeliharaan tanaman juga sangat dibutuhkan dalam pengendalian hama dan penyakit pada buah kelengkeng supaya dapat memperoleh hasil panen secara maksimal. Hama dan penyakit merupakan hambatan musuh yang paling serius dalam budidaya tanaman kelengkeng.


5. Penyakit Layu Pada Buah Kelengkeng

Penyakit layu secara umumnya dapat terjadi dengan secara tiba-tiba dan menjadi pemicu dalam kematian kelengkeng. Layu pada buah kelengkeng ini dapat ditimbulkan oleh jamur yang menginfeksi pada sistem perakaran. Ciri- ciri tanaman mengidap penyakit ini yakni layu pada saat siang hari, terutama pada saat terkena cahaya terik sinar matahari.

Baca Juga  Cara Tanam Buah Lengkeng

7. Panen Kelengkeng

Panen Kelengkeng

Pemanenan kelengkeng dapat dikerjakan dengan seandainya buah kelengkeng telah matang. Karena dapat diketahui pada buah kelengkeng merupakan buah non klimakterik. Artinya sesudah dapat berbuah diunduh serta tidak ada perubahan yang secra respirasi. Sehingga selama dalam proses pematangan buah kelengkeng tidak terkena proses perubahan rasa, aroma, warna, maupun bentuk. Ciri- ciri kelengkeng yang telah siap yaitu pada buahnya akan besar, warnanya kuning kecoklat- coklatan cerah, dan juga rasanya manis. Pemanenan sebisa mungkin dapat kamu kerjakan sewaktu di saat pagi atau siang hari dengan cara memotong pada pangkal buah menggunakan pisau atau gunting yang cukup tajam.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot Agar Cepat Berbuah semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memecahkan masalah yang selama ini kalian cari dalam cara menanam Kelengkeng di dalam pot, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :