Cara Menanam Tanaman Tauge

Diposting pada

Anekabudidaya haiii haiii haiii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan “Cara Menanam Tanaman Tauge”… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan budidaya tanaman tauge… Selamat membaca dan selamat mencoba….. 🙂 🙂 🙂 🙂

Tauge merupakan kecambah yang dihasilkan dari tanaman kacang hijau atau yang sering dikenal dengan nama ilmiahnya Vigna radiata. Tanaman tauge merupakan hasil pemanenan dari kacang hijau yang ketika ditanam membentuk kecambah. Tanaman tauge memiliki bentuk ukuran tubuh yang panjang dengan adanya kepala pada ujung tanaman tersebut. Kepala yang ada pada tanaman tauge tersebut merupakan biji kacang hijau yang sudah terjadi pembelahan. Tanaman tauge sendiri sangatlah mudah untuk di dapatkan, yaitu tanaman tauge dapat dengan mudah didapatkan dengan cara membeli langsung di pasar ataupun membeli langsung pada supermarket atau dapat juga didapatkan dengan cara melakukan budidaya tanaman toge sendiri. Tanaman tauge merupakan jenis tanaman yang sngat mudah untuk dilakukan penanaman, hal ini dikarenakan tanaman tauge termasuk ke dalam tanaman yang tahan dalam keadaan atau kondisi apapun. Tanaman tauge didapatkan dengan cara proses penanaman pada biji kacang hijau dengan menggunakan media hidroponik seperti halnya media gabus, gabah atau kapas. Tanaman tauge juga sering dimanfaatkan dalam campuran untuk masakan, hal ini dikarenakan tanaman tauge memiliki rasa yang manis dan kaya akan manfaat. Tanaman tauge dapat konsumsi dengan dijadikan tumisan, tanaman tauge juga dapat dijadikan masakan berkuah seperti sayur tahu, dapat dijadikan pula untuk bahan campuran isian pada tahu goreng.

Baca Juga  Cara Menanam Pakcoy Dengan Hidroponik
             Budidaya Tanaman Tauge (Vigna radiata)

Tanaman tauge merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan zat gizi yang terkandung di dalamnya, yaitu: tanaman tauge mengandung anti oksidan dan terkandung juga kandunga vitamin A, C, serta E yang ada di dalam tanaman tauge tersebut. Tanaman tauge juga memiliki berbagai macam manfaat yang ada yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, antara lain: tanaman tauge dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan tanaman tauge juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyuburkan kandungan. Oleh karena itulah, tanaman tauge sangat pas untuk dikonsumsi oleh para pasangan yang ingin cepat mendapatkan momongan. Tanaman tauge dipercaya memiliki manfaat yang mampu  juga untuk dapat menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi dan radiasi. Tanaman tauge juga memiliki manfaat untuk mampu meningkatkan struktur kepadatan tulang supaya terhindar dari penyakit osteoporosis serta tanaman tauge juga memiliki manfaat yang mampu menurunkan tingkat kolesterol di dalam darah, sehingga hal tersebut dapat berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung dan syaraf.

 

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman tauge, yaitu:

  1. Media Tanam

Dalam melakuakan budidaya tanaman tauge hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses budidaya pertama kali adalah mempersiapkan media tanam. Budidaya pada tanaman tauge tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan terutama untuk menetukan pada media tanam apa yang akan digunakan, hal tersebut dikarenakan pada tanaman tauge memiliki kemampuan yang dapat  menyesuaikan ertumbuhannya dengan kondisi media tanam seperti apapun, baik itu dalam kondisi dingin ataupun baik itu dalam kondisi yang panas. Media tanam yang dapat digunakan untuk budidaya pada tanaman tauge dapatlah menggunakan media botol yang dapat menggunakan kapas atau juga dapat dengan menggunakan baki. Pembudidaya dapat memilihi media tanam pada budidaya tanaman tauge dengan menggunakan baki untuk lebih fleksibel. Akan tetapi, untuk melakukan budidaya tauge atau kecambah paling sering dilakukan pembudidayaan dengan kondisi indoor, hal ini dikarenakan jika menanam tanaman tauge pada kondisi outdoor atau diluar ruangan memiliki resiko yang tinggi untuk gagal, hal ini dikarenakan oleh faktor cuaca. Sedangkan dalam budidaya indoor tanaman toge atau kecambah tersebut yang dperlukan, yaitu: 1 buah baki yang memiliki ukuran yang sedang atau yang sesuai dengan jumlah ataupun kebutuhan pada budidaya tanaman kecambah/ toge tersebut, persiapkan kapas yang digunakan untuk alas baki dan berkembangnya tanaman tauge, lalu siapkanlah kacang hijau serta air yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman tauge tersebut.

Baca Juga  Cara Menanam Kacang Panjang
                                Media Tanam Tauge

 

  1. Proses Pemilihan Bibit

Proses pemilihan bibit yang baik dalam melakukan budidaya tanaman tauge akan berpengaruh juga pada tanaman tauge yang akan dihasilkan tersebut. Jika pembudidaya memilih kacang hijau yang akan digunakan sebagi bibit tanaman tauge maka pembudidaya harus memilih bibit dari kacang hijau yang memiliki warna hijau yanng mengkilat dan kacang hijau tersebut tidak cacat, jangan melakukan pemilihan bibit kacang hijau yang memiliki warna yang kecokelatan atau yang busuk.

                                Bibit Tanaman Tauge
  1. Kultivasi

Proses kultivasi yang dilakukan dalam budidaya tanaman tauge yaitu: terlebih dahulu bibit kacang hijau haruslah dicuci dahulu samapi bibit kacang hijau tersebut bersih, setelah bibit kacang hijau tersebut bersih lakukan perendaman bibit kacang hijau dengan kurun waktu sekitar kurang lebih 24 jam. Kemudian ambil baki yang telah dipersiapkan dengan kapas yang sudah diletakkan secara menyeluruh pada bagian baki tersebut, kapas dapat disiram dengan air agar kapas tersebut menjadi basah. Setelah itu, bibit kacang hijau yang sudah direndam dapat dimasukkan selama kurang lebih 24 jam ke dalam baki yang telah dipersiapkan, aturlah jarak bibit namun tetap usahakan jarak tersebut jangan terlalu dekat. Letakkan baki di tempat yang terkena paparan sinar matahari, hal ini bertujuan supaya bibit tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat.

                                            Proses Kultivasi
  1. Proses Panen

Proses akhir dalam budidaya tanaman tauge adalah proses panen tanaman tauge. Proses panen tanaman tauge dapat dilakukan ketika tanman tauge atau kecambah setelah tanaman tauge atau kecambah tersebut memiliki ukuran tanaman sekitar 0,5 cm sampai dengan 1 cm atau pada saat kecambah atau tanaman tauge tersebut sudah memiliki akar tunggang. Pemanenan pada budidaya tanaman tauge dapat dilakukan dengan cara mencabut tanaman tauge tersebut tanpa harus merusak bagian akar serta batangnya. Setelah proses pemanenan tersebut dilakukan, tanaman tauge atau kecambah tersebut dapat ditempatkan pada tempat atau wadah yang lembab agar tauge atau kecambah tersebut tidak mudah layu ataupun tidak mudah kering.

Baca Juga  Cara Menanam Kecombrang
                                      Panen Tauge

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang “Cara Menanam Tanaman Tauge“… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya