Cara Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Jenis Bebek peking adalah jenis bebek yang habitat aslinya berasal dari cina, Bebek peking dapat menjadi hewan yang banyak diternakan karena tingginya suatu permintaan pasar pada setiap harinya dan memiliki kandungan gizinya yang sangat banyak. Makanan dari bebek peking seperti daging dan telurnya sangat digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan karena cukup terkanal akan kelezatan daging bebek yang berbeda dari unggas pada umumnya.

Daging bebek cukup tebal, nikmat, dan lebih empuk jika di olah menjadi berbagai macam masakan, dengan banyaknya permintaan mayarakat akan daging bebek maka para peternak berlomba-lomba untuk dapat menernakan bebek ini. jika kamu memang berminat untuk Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar maka saya akan memberi kamu cara Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar yang baik dan benar sampai hasilnya sangat memuaskan dan mendapatkan pengahsilan tambahan dari Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar, simak artikel ini sampai habis.

Cara ternak Bebek Potong Agar Cepat besar


Cara ternak Bebek Potong Agar Cepat besar

Supaya mempercepat masa perkembangan bebek, kamu dapat menggunakan teknik para peternakan organik. Selain menghasilkan hasil produksi ternak bebek juga membuat bebek kamu akan lebih sehat. Memulai peternakan dengan cara organik dapat kamu kerjakan dengan segera supaya dapat meningkatkan kualitas bebek pedaging yang akan kamu ternakan. Dengan bobot ukuran bebek yang lebih besar pastinya pasar akan melihat ternak bebek kamu, sehingga penjualan dari hasil ternak bebek kamu dapat lebih gampang untuk dilakukan. berikutnya, kamu dapat simak dengan langkah yang akan saya berikan dibawah ini untuk upaya penggemukan bebek pedaging secara sehat dan berkualitas.

Baca Juga  Cara Budidaya Cacing Sutra di Ember

1. Pemilihan Bibit Bebek Potong

Pemilihan Bibit Bebek Potong

Bibit dalam bebek peking disebut sebagai DOD (day old duck) merupakan jenis bebek yang berumur 1 sampai 7 hari. bibit untuk langkah perdana cara ternak bebek supaya cepat besar dapat kamu peroleh dengan membeli bibit secara langsung pada penjual peternak dan diangkut ke tempat peternakan kamu, kamu dapat juga dengan cara membeli telur bebek dan diproses sendiri sehingga akan menjadi bibit bebek dengan cara menetaskan sendiri di tempat peternakan kamu.


2. Perhatikan Usia Bibit Bebek

Perhatikan Usia Bibit Bebek

Dalam pembelian bibit bebek, kamu perlu untuk memperhatikan usianya, untuk jarak dekat tentukan yang berusia 3 sampai 4 hari, sedangkan untuk jarak yang cukup jauh tentukan yang berusia 6 sampai 7 hari supaya dapat meminimalisir kematian akibat bebek menjadi stres di dalam perjalanan. Sebab di usia yang semakin muda maka usia  bebek peking akan semakin mudah terkena stres ketika dalam perjalanan ke peternakan kamu.


3. Ciri Bibit Bebek Yang Sehat

Ciri Bibit Bebek Yang Sehat

Penentuan jenis bibit yang berkualitas supaya kamu sukses untuk menjalani cara ternak bebek agar cepat besar. Ciirinya adalah dengan mempunyai bobot berat badan minmal 50 gram, pada bagian bulu bebek haruslah bersih dan kering, untuk nafsu makan harus besar, tubuh telihat tegap, mata jernih, kaki kokoh, tidak cacat, dan bebas dari penyakit. periksa pada keadaan bibit bebek sebelum kamu akan membawanya  untuk diternakkan oleh kamu.


4. Pengelolaan Bibit

Setelah bibit bebek sudah di tempat ternak kamu, maka yang perlu untuk dilakukan adalah perawatan terlebih dahulu untuk mempersiapkan proses perkembangbiakan bebek dan memberi waktu untuk adaptasi di tempat yang baru sehingga nantinya bebek akan dapat tumbuh dengan optimal. Caranya adalah kamu dapat  masukkan bebek ke dalam box pemeliharaan dan biarkan selama kiurang lebih 3 jam dan diberi air minum secukupnya yang diberi dengan probiotik supaya dapat menetralkan keadaan tubuh bebek dan suasana kandang barunya. Sampai dapat menghilangkan rasa stres dan mengganti cairan tubuh yang telah hilang di dalam perjalanan serta dapat mencegah penurunan berat badan yang beresiko pada kematian.

Baca Juga  Cara Ternak Tenggiri atau Scomberomor

5. Pemberian Pakan Bebek

Pemberian Pakan Bebek

Kamu pastinya sudah mempersiapkan pakan terlebih dahulu untuk bebek kamu. Bebek dapat tumbuh dengan sangat cepat, kamu dapay melakukan pada masa panen dalam waktu sekitar kurun waktu 40 hari jika gandungan gizinya cukup baik dan kondisi lingkungan cukup jauh dari faktor penyebab bebek menjadi stres. Mempersiapkan makanan dari pabrikan berupa makanan voer dan konsentrat yang berkualitas tinggi, Patinya kamu harus memberikan pakan dengan jadwal yang rutin dan jangan sampai lupa untuk memeberi makan bebek. Makanan tersebut untuk tahap pertama, adalah untuk bebek yang masih berusia di bawah 3 minggu keatas.


6. Pemberian Multivitamin

Supaya dapat memaksimalkan masa perkembangan bebek, berikan pula multivitamin tambahan pada bebek dengan segala usia bebek, berikan multivitamin tambahan, seperti antibiotik, dan probiotik. Berikan dengan secara bertahap supaya daya tahan tubuhnya akan sangat segar dan nafsu makannya akan bertambah, berikan juga dengan beberapa cara dengan dicampurkan dengan makanan atau minuman di dalam kandang bebek.


7. Box untuk Kandang Bebek

Box untuk Kandang Bebek

Untuk pemilihan tempat tinggal bebek, Kamu harus membuat buat box dengan ukuran 1 x 3 meter untuk dapat menaruh 100 ekor bebek di dalam box, buat kelipatannya jika kamu beternak lebih dari jumlah tersebut. maka kamu dapat membuat box dengan sendiri supaya dapat lebih hemat dalam modal awal yang akan kamu keluarkan.


8. Lampu Penghangat Bebek

Lampu Penghangat Bebek

Cara untuk ternak bebek agar cepat besar dapat dilakukan dengan cara memberi penghangat berupa lampu bohlam supaya bebek yang di bawah usia 3 minggu, hal itu bertujuan sebagai pengganti sang induknya dimana bebek peking yang masih kecil memerlukan penghangat tubuhnya untuk menjaga kesehatan tubuhnya. berikan dengan dua buah lampu penghangat dengan 40 watt pada saat malam hari. kamu juga dapat menyesuaikan sesuai dengan keadaan jika kamu sedang berada di luar wilayah dengan cuaca yang sering berubah-ubah dan pada saat musim penghujan, kamu dapat memberikan sebuah lampu penghangat pada bebek yang berusia lebih dari tiga minggu keatas maka kamu akan pergi dengan tenang dan tidak memikirkan keadaan bebek di kandang.

Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Hias auratus Di Akuarium

9. Cegah Penyakit

Supaya dapat memaksimalkan cara ternak bebek agar cepat besar, maka kamu dapat mencampurkan juga antibiotik ke dalam pakan bebek, jangan sampai kamu lupa dan memberikan pakan yang tidak baik atau basi, dan juga jangan sampai keadaan kandang bebek dalam keadaan becek. Hal tersebut merupakan sumber penyebab tertinggi kematian pada bebek yang kamu ternakan.


10. Menjaga Kebersihan Kandang Bebek

Menjaga Kebersihan Kandang Bebek

Kamu harus memersihkan kandang secara rutin setidaknya dalam sehari sekali. Keadaan kandang dari debu, kotoran, dan keadaan basah. Kamu dapat memersihkan bulu bebek yang telah berjatuhan supaya tidak terserap kembali oleh bebek tersebut dan supaya dapat mencegah penyakit flu. Kebersihan kandang merupakan faktor lingkungan paling penting untuk kamu perhatikan supaya bebek dapat berkembang dengan baik.


11. Panen Bebek

Panen Bebek

Jika sudah dilakukan perawatan dengan seperti yang telah saya berikan, maka bebek akan mempunyai bobot badan sekitar 1,5 kg pada tahap bulan pertama dan akan terus meningkat di bulan bulan selanjutnya. kamu dapat memanen bebeknya sesuai dengan ukuran berat badan sesuai dengan permintaan pasar yang digemari oleh banyak orang.


Itu lah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar Semoga kalian yang ingin Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kalian, dan meraup pundi-pundi yang memuaskan, dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar. Itu saja yang dapat saya sampaikan dari artikel ini sekian dan terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :