Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Cara ternak bebek pedaging menurut admin tergolong mudah untuk dilakukan dan tentunya sangat potensial. Hanya dibutuhkan waktu 40 hari, ternak sudah bisa dipanen. Sebagai pemula anda harus sabar, tekun dan telaten dalam melakukan perawatan agar memperoleh keuntungan yang maksimal saat masa panen tiba.

Membangun bisnis dengan cara ternak bebek pedaging ini sangat menjanjikan. Sebab selain daging ayam, daging bebek juga merupakan salah satu jenis makanan yang digemari oleh banyak kalangan. Berbagai olahan dagingnya bisa didapatkan dengan mudah di berbagai warung makan bahkan restaurant.

Lalu jika kamu memang berminat untuk cara ternak bebek pedaging maka saya akan memberi kamu cara ternak bebek pedaging yang baik dan benar sampai hasilnya sangat memuaskan dan mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha ternak bebek pedaging, simak artikel ini sampai habis.

Cara Ternak Bebek Pedaging


Cara Ternak Bebek Pedaging

Ketika memutuskan membangun usaha ini, hal pertama yang anda adalah memahami bagaimana cara beternak bebek pedaging yang baik dan benar. Pelajari cara budidaya, hingga pemberian pakan ternak yang menunjang kualitas pertumbuhan bebek. Hal tersebut dilakukan agar usaha yang anda geluti bisa berjalan lancar dan hasil yang diperoleh pun lebih optimal.

1. Bibit Bebek Pedaging

Bibit Bebek Pedaging

Memilih bibit unggul merupakan salah satu cara ternak bebek pedaging. Pilih bebek yang minimal memiliki berat 40 gram, berbulu dan bersih dan kering. Kemudian pastikan nafsu makannya tinggi, bertubuh tegap dan kaki kokoh, memiliki mata yang jernih, tidak cacat, atau memiliki penyakit unggas.

Baca Juga  Cara Ternak Semut Rangrang Di Media Toples

Pemilihan bibit yang tepat memungkinkan ternak bebek pedaging 40 hari panen dengan memperoleh keuntungan yang besar. Terdapat dua jenis bebek pedaging yang bisa anda pilih, yakni bebek hibrida dan peking. Jenis Hibrida merupakan bebek hasil persilangan antara peking dan induk mojosari.

Dibanding bebek lokal, hibrida memiliki fase pertumbuhan lebih cepat. Sedangkan bebek peking adalah persilangan antara hibrida betina dan peking jantan. Bebek jenis ini lebih cepat tumbuh dan daya tahan tubuh yang baik. Bobotnya yang bisa mencapai 2kg lebih, memungkinkan ternak bebek pedaging 40 hari panen lebih berkualitas.


2. Ukuran Kandang Bebek Pedaging

Kandang Bebek Pedaging

Sebelum memulai usaha, cara ternak bebek pedaging yang pertama tentu harus mempersiapkan kandang terlebih dahulu. Pastikan kandang yang anda buat lokasinya jauh dari pemukiman penduduk, namun tetap bisa dijangkau oleh alat transportasi. Anda harus memastikan kandang yang dibuat kuat sehingga bisa tahan lama.

Kandang yang sehat adalah yang menggunakan sistem panggung, terjaga kebersihannya dan cukup mendapat sinar matahari. Selain itu sediakan tempat makan dan minum di kandang, sebab ternak juga harus memperoleh minum dan makanan yang cukup. Lakukan cara budidaya bebek pedaging tersebut secara intensif untuk menghasilkan keuntungan maksimal.


3. Pakan Bebek Pedaging

Pakan Bebek Pedaging

Pakan bebek pedaging agar cepat besar tentu menjadi hal yang harus diperhatikan. Bahan yang digunakan harus berkualitas, mengandung protein, sumber energi tinggi dan mineral agar tumbuh menjadi bebek berkualitas unggul. Salah satu Pakan bebek pedaging agar cepat besar adalah polar, dedak dan jagung kuning, menir, singkong dan lain-lain.

Cara memperoleh bahan-bahan ini juga relatif mudah di pasar. Jagung kuning dan singkong sangat baik sebagai formula pakan unggas sebab merupakan jenis yang mengandung sumber energi tinggi. Sedangkan untuk sumber mineral didapatkan dari tepung tulang, kapur (CaCo3), dan garam.

Baca Juga  Cara Ternak Bebek Petelur Modern

Selain mineral, agar tidak defisiensi maka perlu juga ditambah dengan vitamin bebek.

Selanjutnya memberi pakan sumber protein yang diperoleh dari konsentrat, tepung ikan, dan masih banyak lagi. Kosentrat merupakan salah satu pakan bebek pedaging agar cepat besar yang praktis sebab komposisinya terdiri dari berbagai bahan berprotein tinggi.

Namun saat ini harga pakan cukup tinggi dan dikhawatirkan biaya pakan yang dikeluarkan tidak sebanding dengan harga jual bebek. Menyiasati permasalahan ini, anda bisa membuat pakan bebek pedaging buatan sendiri sebagai alternatif. Kendati hanya pengganti, kandungan nutrisi pakan harus tetap diperhatikan.

Anda bisa gunakan bahan baku pakan bebek pedaging buatan sendiri seperti ampas tahu atau ampas tempe. Keduanya merupakan limbah proses produksi yang tidak lagi digunakan. Manfaatkan bubur kedelai dari ampas tahu atau kulit ari kedelai sebagai pakan bebek pedaging buatan sendiri.


4. Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Cara beternak bebek pedaging layaknya hewan lain yang membutuhkan pemeliharaan dari segi teknis, kesehatan, pakan dan lain-lain. Namun jangan khawatir, cara budidaya bebek pedaging memiliki tahapan yang mudah, sehingga pemula tidak akan kesulitan untuk melakukannya. Meskipun mudah, tetap perhatikan cara budidaya bebek pedaging agar tumbuh kembangnya tidak terganggu berbagai penyakit.

Cara ternak berikutnya adalah pemeliharaan. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan bebek dari penyakit dan hama. Tantangan terbesar saat memelihara bebek pedaging adalah itik lumpuh, berak kapur, gangguan tenggorokan serta nafsu makan menurun. Selain menjaga kebersihan kandang, pemberian vaksin adalah cara beternak bebek pedaging agar terhindar dari serangan penyakit.


5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak bebek Pedaging

Terserang penyakit merupakan salah satu penyebab kegagalan dalam beternak, baik itu penyakit tidak menular maupun menular. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan serta tidak rutin melakukan vaksinasi. Anda harus segera memisahkan bebek berpenyakit, kemudian lakukan pengobatan agar penyakit tidak menular.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Arwana

Faktor yang juga mempengaruhi kegagalan beternak adalah harga pakan yang tinggi dan tidak diimbangi dengan stabilnya harga jual bebek saat panen. Ketidakstabilan tersebut memungkinkan kerugian bagi peternak. Bagi pemula, hal ini bisa menggoyahkan mentalnya dalam berbisnis, lalu memustuskan menghentikan usaha.


6. Panen Bebek Pedaging Usia 40 Hari

Panen Bebek Pedaging Usia 40 Hari

Cara ternak bebek pedaging yang efesien tentu akan sangat berpengaruh terhadap harga dan kualitas ternak. Harga ternak bebek pedaging 40 hari panen sangat berfariasi bergantung pada berat ternak juga daerah masing-masing. Untuk berat bebek 1,5 kg dipatok seharga Rp. 20.000 – 25.000, sedangkan untuk berat 2-3 kg dihargai Rp. 33.000 – Rp. 42.000.


Itu lah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Semoga kalian yang ingin Ternak Bebek Pedaging 40 Hari dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kalian, dan meraup pundi-pundi yang memuaskan, dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam Ternak Bebek Pedaging 40 Hari. Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :