Cara Ternak Tikus Putih

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Tikus putih atau mus musculus adalah jenis tikus yang digunakan untuk salah satu pakan terbaik untuk diberikan kepada berbagai peliharan binatang predator misalnya ular, burung pemangsa, dan pada lazimnya tikus ini dimanfaatkan untuk bahan penelitian para ilmuan.

Sebenarnya beternak Tikus putih sudah menjadi kegiatan umum yang dikerjakan oleh masyarakat dan peternak Tikus putih biasanya di ternak di perdesan dan kota, terutama masyarakat di pedesaan.

Jika kalian penasaran dengan ternak Tikus putih maka teman-teman wajib membaca artikel ini karena akan menuntun anda dalam berternak Tikus putih, Karena saya akan berbagi informasi megnenai cara beternak Tikus putih yang baik agar cepat untung dan sukses, tentunya.

Tikus putih

Tikus Putih

Tikus putih (Rattus norvegicus) atau dikenal juga dengan sebutan nama Norway Rat, berasal dari wilayah Cina. Populasinya menyebar hingga ke Eropa di bagian barat. Pada wilayah Asia Tenggara, tikus ini berkembang biak di Filipina, Indonesia, Laos, Malaysia, dan Singapura.


Cara Ternak Tikus Putih

Pada Dasar nya cara untuk berternak Tikus putih itu sendiri sangat mudah tergantung kita cara merawatnya dan seberapa tekun kita merawat Tikus putih dari usia kecil sampai besar dan siap untuk di panen, ada baiknya kalian dapat mempelajari bagaimana cara yang baik intuk bertak Tikus putih agar Tikus putih kalian yang di ternak bisa selalu sehat dan bebas dari penyakit.

1. Memilih Indukan

Memilih Indukan

Cara Cepat  untuk Ternak Tikus Putih pertama adalah memilih indukan, pilih calon indukan Tikus Putih (jantan dan betina) yang sehat dilokasi penjualan terpecaya. Sebab langkah ini akan mempengaruhi jumlah anak tikus yang akan dihasilkan paska melahirkan.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Laut Makarel

Sebab, satu indukkan tikus dapat melahirkan sebanyak 12 tikus dan masa kehamilan tikus selama 20 hari saja. Jika memilih indukan banyak dapat dipastikan akan menghasilkan tidak sedikit tikus dalam setiap bulannya. Tinggal menghitung jumlah indukan dikali 12 tikus.

Apabila langkah awal ini atau memilih indukan tidak tepat bisa dengan kita memilih tikus yang sakit maka dipastikan akan mengurangi jumlah tikus yang akan dihasilkan dalam setiap bulannya.


2. Tikus Putih Jantan Dan Betina

Tikus Putih Jantan Dan Betina

Cara untuk membedakan tikus jantan dan betina cukup mudah, yaitu dengan melihat buah zakar pada tikus, jika ditemukan buah zakar bisa dipastikan tikus tersebut jantan, serta apabila tidak maka tikus tersebut adalah sang betina. Umur indukan tikus putih yang baik untuk digunakan sebagai indukan yaitu sekitar usia 2 bulan.


3. Kandang Tikus

Kandang Tikus Putih

Cara Cepat untuk Ternak Tikus Putih selanjutnya yaitu membuat suatu kandang, kadang merupakan salah satu hal penting untuk proses petrenakan sebab disanalah (kandang) merupakan tempat tinggal dan berkembang biak tikus putih saat akan melahirkan nantinya.

Kamu dapat gunakan kandang berukuran kurang lebih 60 cm X 50 cm berupa kotak plastik tentunya, untuk penutupnya dapat menggunakan kawat yang telah kamu buat sebelumnya. Sebaiknya kandang harus dilengkapi dengan alas, alas dapat menggunakan berbagai macam bahan misalnya sekam, kertas, sebuk gergaji atau pun zeolite aktif. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang agar tikus putih ternak tetap sehat dan aktif.


4. Proses Pengkawinan

Mengawinkan Tikus Putih

Prose pengkawinan tikus putih merupakan salah satu langkah penting yang tidak dapat dipisahkan, sebab erat kaitannya dengan pengembang biakkan tikus putih yang dimiliki. Sebelum melakukan proses pengkawinan tikus putih, sebaiknya kita dapat kumpulkan tikus putih terlebih dahulu kurang lebih dalam waktu 1 minggu lamanya agar dapat dengan baik beradaptasi si sekitar kandang yang baru.

Baca Juga  Cara Ternak Marmut

Ingat, seekor jantan dapat mengawini 6 hingga 8 ekot betina, namun untuk memperoleh hasil yang maksimal kamu dapat gunakan 2 jantan dengan 8 betina dalam satu kandang. Hal yang terpenting dalam penentuan keberhasilan perkawinan adalah pakan dan juga kesuburan.


5. Menjaga Pakan

makanan tikus putih

Cara Cepat Ternak Tikus Putih selanjutnya adalah menjaga persediaan pakan yang sehat yang banayak mengandung vitamin yang baik serta juga minuman yang bersih di dalam kandang agar tikus tikus anda tetap kenyang dan sehat hingga masa panen akan tiba. Untuk makanan tikus putih cukup mudah yaitu :

  • Remahan roti.
  • Padi
  • Makanan kucing
  • Ikan kering
  • Poer ikan yang telah diging halus

6. Pasca Melahirkan

Pasca Melahirkan

Setelah tikus putih hamil dan melahirkan maka langkah selanjutnya kita dapat memisahkan tikus-tikus nakan di dalam kandang yang berbeda, serta kita dapat memnyortir anatara tikus putih anakan yang sehat dan tidak, dan kita juga harus memindahkan tikus yang sakit jangan sampai di satukan karena akan berpengaruh teradap tikus putih ankan lainnya.


7. Masa Panen Tikus Putih

Masa Panen Tikus Putih

Cara Cepat Ternak Tikus Putih yang terahkir adalah masa panen tikus kamu dapat menjualan tikus, langkah ini merupakan yang ditunggu-tunggu. Disarankan untuk tidak tergiur adanya keuntungan besar setiap pada tikusnya. Gunakan strategi harga bersaing yaitu dengan menawarkan harga lebih murah agar kamu mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit tetapi bisnis kamu berjalan dengan lancar.

Hal ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dan dalam tempo lama, sebab apabila Anda dapat memiliki banyak tenak tikus dan mempunyai langanan yang  selalu membeli Tikus Putih Anda dengan jumlah yang tidak sedikit maka Anda dapat memenangkan kerasnya persaingan Tikus Putih pasar secara baik. Cara ini akan menghasilakan manfaat yang lebi baik serta berguna untuk bisnis jangka panjang.

Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Tikus Putih yang Baik dan Benar Untuk Pemula ( LENGKAP ) tentang artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan dan memulai untuk usaha tikus putih kamu berjalan dengan lancar,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :