Cara Ternak Landak Mini

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Melihat penggemar landak mini khususnya di indonesia untuk permintaan jenis hewan ini terus meningkat dari tahun ke tahun, nampaknya budidaya landak mini cukup menggiurkan untuk kita dan dapat menjadi refrensi kita dalam usaha sebagai peluang besar untuk meraih keuntungan. Beternak landak mini ini adalah jalan satu-satunya untuk yang hobi jenis binatang pengerat sebagai sarana dalam menyalurkan hobi menjadi pundi-pundi uang.

Namun jika kalian telah berhasil untuk berternak jenis landak mini ini maka pundi-pundi penghasilan kalian akan bertambah. untuk yang ingin mencoba dan belajar. mari kita belajar bersama cara berternak landak mini hingga dapat menghasilkan penghasilan tambahan, selamat menyimak dan membaca artikel tentang cara berternak landak mini secara lengkap.

Cara Berternak Landak Mini


Cara Ternak Landak Mini

Cara ternak landak mini tergolong cukup mudah tergantung dengan ketekunan kita dan keuletan kita dalam berternak bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Binatang yang beratnya hanya memiliki 200-800 gram ini mempunyai kekebalan tubuh yang cukup baik dan cukup mudah untuk dikembangbiakkan atau dikawinkan. Berikut ini adalah tahapan-tahapan cara dalam berternk landak mini dengan benar dan lengkap :

1. Menyiapkan Kandang Landak Mini

kandang merupakan sarana tempat berlindungnya hewan begitu juga dengan landak mini yang mmebutuhkan kandang sebagai media untuk beristirahat atau berternak, kandang yang dapat kita pilih tidak berukuran yang cukup luas dan tidak juga sempit. kandang yang cocok adalah kandang kotak jeruji besi namun jika kalian tidak mempunyai cukup biaya maka kmu hanya memerlukan kandang dari akuarium yang sudah tidak terpakai namun masih layak untuk di gunakan. ukuran kandang hanya berukuran sekitat (100x50x35) atau di bawahnya tidak jadi masalah.

Baca Juga  Cara Ternak Cacing Merah

Yang penting landak mini bisa nyaman saat berada di dalamnya. hampir sama seperti hamster, berilah media tambahan untuk kandang landak mini seperti mainan bola kecil. bisa juga berupa Media-media berupa substrat sebagai (alas) dari serbuk kayu atau pasir wangi yang kalian dapat membelinya di toko hewan, serta mainan, tempat minum dan tempat makan.


2. Memilih Indukan Yang Berkualitas

indukan landak mini

Sebelum kalian terjun dalm berternak landak mini maka sebaiknya kamu harus jeli dalam memilih indukan uang berkualitas. Sebab indukan yang berkualitas akan mempengaruhi dan menurun pada anaknya jika melahirkan nanti.

kita dapat memilih indukan landak mini yang sudah berusia 6 bulan keatas. Karena pada usia itu landak mini sudah siap dari segi mental dan reproduksinya untuk di kawinkan, sehingga landak mini dapat merawat bayinya sendiri jika sudah lahir nantinya.kamu juga harus jeli dalam memperhatikan dari sisi kesehatan landak mini, kejinakan, keturunan dan perawatan kamu dapat menanyakn kepada pemilik sebelumnya.


3. Menyediakan Pakan Untuk Induk Landak Mini

Pakan Untuk Induk Landak MiniPakan yang cocok untuk landak mini juga tidak terlalu sulit. makanan nya sam seperti binatang hamster kita dapat memberinya makan seprti serangga ulat hongkong atau jangkrik. landak mini yang baru saja disapih, maka segera kamu hentikan minum susunya dan ganti dengan air minum mineral biasa.

Kalian hanya dapat memberi makan landak mini dengan perhitungan yang tepat dan jangan terlalu banyak memberinya pakan atau berlebihan karena hal itu dapat mempengaruhi kesehatan landak mini itu sendiri

Supaya makanannya bervariasi dan bermacam-macam dengan tujuan agar tidak bosan maka sebaiknya selalu dikombinasikan antara makanan alami dan pabrik yang kita berikan.


4. Mengawinkan Landak Mini

Mengawinkan Landak Mini

Cara ternak landak mini selanjutnya adalah dengan mengawinkan agar beranak pinak menjadi banyak.

Baca Juga  Cara Ternak Burung Perkutut Lokal

Cara ini ada dua macam jenis:

  • campur landak mini jantan dengan betina pada satu kandang selama 30 hari kedepan, setelah itu kamu dapat pisahkan keduanya di kandang yang berbeda. di perkirakan betina sudah hamil dan tinggal menunggu bayinya akan lahir.
  • dengan cara menggabungkan landak mini jantan dengan betina dalam satu kandang kurang lebih selama 3 hari lamnya setelah itu kamu dapat pisahkan mereka dalam kandang yang berbeda selama selama 2 hari, setelah itu kamu dapat menyatukan kembali dalam satu kandang lagi selama 3 hari lamanya, lalu pisahkan kembali dengan kandang yang berbeda selama 2 hari.

Lakukan hal itu terus menerus selama kurang lebih 1 bulan lamanya. Jika sudah menunjukan kehamilan, maka kemungkinan si betina sudah hamil dan tinggal menunggu hasil melahirkan dari landak mini. Biasanya indukan betina landak mini akan melahirkan setelah mencapai sekitar 35-42 hari dari perkawinannya.

Anda bisa mengawinkan landak mini sebanyak 2-3 kali dalam 1 tahun. Selama landak mini betina hamil dia menjadi agresif jadi sebaiknya jangan sering-sering membersihkan kandangnya, karena itu akan mengganggu si betina dan kehamilannya.


5. Merawat Anak Landak Mini

Landak Mini Melahirkan
Bila anak landak mini sudah lahir maka selanjutnya adalah cara merawat anak landak mini. pertama kamu Pisahkan indukan jantan dari anak-anaknya untuk menghindari sang jantan memakan anakannya dan jangan sampai bayi landak mini tersentuh oleh tangan manusia, hal itu akan mengakibatkan sang indukan betina tidak akan mau untuk menyusui karena bayinya sudah bau tangan manusia.

Selanjutnya Pindahkan bayi landak mini pada kandang khusus yang sudah di sediakan hal ini agar mudah untuk merawatnya, anda juga bisa menggunakan sendok atau pouch untuk memindahkannya biar tidak bau tangan manusia. Jika usianya sudah mencapai 2 bulan, maka bayi landak mini bisa disapih dan biarkan mereka mencari makan sendiri seperti landak mini dewasa pada lainnya.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Lele

Itulah teman-teman yang dapat saya sampikan tentang cara berternak jenis hewan pengerat terutamanya hewan Landak Mini, dan semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kawan-kawan dalam Cara Ternak Landak Mini ( LENGKAP ) dan yang belum berhasil jangan berkecil hati, kalian harus terus berusaha mencobanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :