Cara Ternak Sugar Glider

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Breeding adalah sebuah proses diawali dengan memilih indukan yang berkualitas untuk dikawinkan agar melahirkan keturunan yang baik, atau dalam kata lain menternakkan dan membudidayakan seekor hewan.

Kebanyakan para penghobi sugar glider pasti mempunyai keinginan untuk ternak dan mengawinkan sugar glidernya ingin menambah peliharaan. minat masyarakat terhadap binatang pengerat yang satu ini semakin meningkat sehingga dorongan untuk beternak sugar glider pun semakin tinggi denagan banyak nya permintaan masyarat yang ingin memelihara jenis binatang sugar glider.

Meskipun ada juga yang membiakan sugar glider bukan untuk usaha atau bisnis namun hanya sebagai kesenangan dan pengalaman. Tapi sobat harus perlu tahu bahwa beternak sugar glider itu tidak semudah yang kita bayangkan, pasalnya banyak dari mereka yang gagal dan tidak berhasil dalam berternak sugar glider. Intinya ada saja masalah-masalah di tengah-tengah proses breeding, misalnya anaknya mati karena keguguran atau mati karena anaknya dimakan oleh indukannya.

Berbisnis dari sebuah hobi memang sangat menyenangkan, karena menjalaninya dengan penuh dengan kesenangan.  tapi kalian jangan takut untuk yang ingin berternak dan ingin berbisnis binatang sugar glider, karena saya akan memberi ilmu tentang cara beternak sugar glider dengan benar, semoga artikel ini menjadi jalan kalian untuk berternak sugar glider, selamat menyimak dan tetap fokus dalam membaca agar hasilnya juga cukup memuaskan.

Cara Ternak Sugar Glider

 


Table of Contents

Cara Beternak Sugar Glider

Membahas tentang tips ternak sugar glider yang baik dan benar. Tapi sebelumnya pastikan kalian memiliki modal yang cukup untuk membeli kebutuhan nantinya untuk sugar glider kalian, modal tersebut untuk membeli kebutuhannya, seperti kandang, pouch, batok dan pasangan sugar glider :

1. Menyediakan Kandang Sugar Glider

Kandang Sugar Glider

Sebelum sobat membeli dan menernakkan sugar glider, disarankan agar terlebih dulu untuk menyediakan kandang yang layak. Sesuaikan dengan jumlah pasangan yang ingin anda kawinkan. Misalnya kalian ingin beternak 4 pasang sugar glider, maka kalian juga harus menyediakan 4 kandang, supaya tidak rame dan tidak sempit.

Kandang sugar glider bisa berupa plastik, atau yang lainnya. dan kalian juga harus membeli berupa accesoris untuk sugar glider  seperti pouch, batok dan lain-lain, Jika sudah dihuni pasangan SG, kalian wajib merawat kebersihan kandangnya setiap saat, supaya tidak terkena penyakit bakteri yang dapat membuatnya mati.

 


2. Mengenal Lebih Dalam Tentang Sugar Glider

Mengenal Lebih Dalam Tentang Sugar Glider

Ketahuilah, jika kalian oarang baru yang merawat binatang sugar glider maka kalian harus bisa mempelajari prilaku sugar glider kalian, karena semua jenis sugar glider memiliki sifat yang berbeda ada yang galak ada yang cenderung pendiam atau pemalu, jadi kalian harus enar-benar dapat membaca kondisi sugar glider yang kalian memiliki agar kamu dan sugar glider kamu dapat nurut sama kamu.

 


3. Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Sugar Glider Betina

Sugar Glider Jantan dan Sugar Glider BetinaMembedakan sugar glider jantan dan sugar glider betina dapat kalian ketehui dengan cara melihat bagian fisik sugar glider. Betina sugar glider memiliki kantong seperti kanguru untuk meletakkan anak-anaknya di dalam, sedangkan jantan memiliki bagian kepala yang botak dan tidak memiliki kantong. sugar glider jantan juga memiliki fostur badan yang lebih besar dari sugar glider betina.

Baca Juga  Cara Pemeliharaan Ikan Bandeng

 


4. Membeli Indukan Berkualitas

Indukan Berkualitas

Belilah sepasang atau 5 pasang indukan berkualitas, yang menurut kalian bagus dan sehat, dan cari indukan yang tidak memiliki cacat fisik pada bagian tubuhnya, karena dapat mempengaruhi hasil perkawinannya yang jantan maupun betinanya. cari kedua pasangan sugar glider yang mempunyai usia yang cukup untuk di kawinkan, kalian dapat menanyakan kepada penjual tentang usia sugar glider yang ingin kalian beli, usia sugar glider yang cukup untuk di kawinkan adalah usia sekitar 7-12 bulan.

 


4. Memberikan Makanan Sugar Glider yang Menyehatkan

Makanan Sugar Glider

Memberikan makan pada induknya. Sugar Glider merupakan hewan nokturnal atau yang aktif pada malam hari atau lebih di kenal dengan omnivora (pemakan segalanya). Meskipun biasanya dikasih bubur bayi tapi lebih baik lagi jika diberi makan buah, sayuran atau  bisa juga di beri makan berupa serangga seperti jangkrik.

 


5. Proses Penjodohan

Proses Penjodohan

Pada dasarnya, hewan yang tergolong jenis marsupilia ini adalah hewan berkoloni atau hewan yang berkelompok. Jadi peternak harus menempatkan sugar glider secara koloni.

Biasanya peternak sugar glider memberikan satu kandang dengan 1 pejantan dan 2 betina atau lebih dalam satu kandang agar mempercepat proses perkawinan.

 


6. Ciri-Ciri Sugar Glider Hamil dan Melahirkan

Sugar Glider Hamil dan Melahirkan

Ciri-ciri sugar glider yang hamil tidak terlihat begitu jelas, karena bayinya sangat kecil. Namun umumnya SG betina akan hamil setelah dikawinkan di dalam kandang 1-2 pekan/minggu. jadi kamu harus bisa memperhatikan baik-baik apakah di dalam kantongnya ada anaknya atau tidak. Berdasarkan pengalaman, si induk akan menjilati kantongnya jika di dalamnya ada bayi.

 


Mungkin Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang, Cara Ternak Sugar Glider ( LENGKAP ). artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.

Baca Juga  Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari

Baca Juga Artikel Lainnya :