Cara Ternak Ayam Kate

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Ternak ayam Katai memiliki keunikan tersendiri,karena di liat dari bentuk dan postur tubuhnya yang kecil dan pendek, mungil ,imut dan menggemaskan ini hampir semua orang menyukainya akarena memiliki postur tubuh yang pendek dan lucu. bagi yang hobi dan menyukai jenis ayam ini sudah banyak yang sukses dalam menjalankan bisnis ini.

Banyak para penghoby yang ingin sekali memiliki bibit atau anakan dari jenis ayam serama ini yang mempunyai trah atau keturunan yang bibitnya sudah menjadi juara untuk perlombaan.

Berbisnis dari sebuah hobi memang sangat menyenangkan, karena menjalaninya dengan penuh dengan kesenangan.  tapi kalian jangan takut untuk yang ingin berternak dan ingin berbisnis binatang Ayam Katai, karena saya akan memberi ilmu tentang cara beternak Ayam Katai dengan benar, semoga artikel ini menjadi jalan kalian untuk berternak Ayam Katai, selamat menyimak dan tetap fokus dalam membaca agar hasilnya juga cukup memuaskan.


Cara Ternak Ayam Kate

Ayam Katai

Ayam kate atau ayam katik adalah ayam yang berukuran kecil atau kerdil pertumbuhannya tidak seperti ayam pada umumnya. Pertamakali ditemukan oleh para pedagang dari Eropa, sekitar tahun 1700an di pelabuhan di pulau Jawa bernama Bantam, atau kita lebih mengenalnya sebagai Karesidenan Banten, atau sekarang Provinsi Banten. Jika kamu ingin menernak ayam kate, disini saya akan memberi ilmu tentang cara beternak Ayam Kate yang baik dan benar


1. Calon Indukan Untuk Ayam Kate

Calon Indukan Untuk Ayam Katai

Pemilihan indukan adalah hal yang sangat penting seperti yang udah saya jelaskan sebelumnya, untuk mencapai keberhasilan dan memiliki harga jual yang cukup tinggi maka kalian harus memilih indukan yang kualitasnya unggul. bagi pemula pasti kebingungan saat memilih bibit katai yang baik. Lalu bagaimana cara memilih bibit kate yang baik dan benar.

1. Cara Untuk Memilih Calon Indukan Ayam Kate Yang Baik Adalah:

Bila kalian ingin memilih calon induk di pasar-pasar lihat-lihat dulu dan pilih pedagang yang keliatanya baik hatinya dengan cara Tanya-tanya dulu, hal ini bertujuan supaya agan tidak ditipu saat membelinya nanti.

Saat memilih calon indukan jantan pilihlah ayam yang mempunyai gaya yang gagah seperti dada di moncongkan kedepan dan kepala tegak hampir menyentuh bulu ekornya.
Gerakan dan tingkah lakunya selalu aktif dan tidak pendiam, dan jengger pada kepala selalu berwarna merah cerah, seperti gambar di atas.
Mempunyai bulu badan yang mengkilat dan bersih. lihat juga bagian pantatnya kalo tidak meninggalkan kotoran di bulu pantat, itu pertanda ayam ini menunjukan bahwa pejantan sangat sehat dan siap untuk di pelihara di rumah.

Baca Juga  Cara Ternak Ayam Bangkok

2. Mempersiapkan Kandang Ayam Kate

Kandang Ayam Katai

Setelah mengetahui cirri-ciri indukan ayam kate langkah selanjutnya adalah membuat kandang untuk beristirahatnya ayam katai nantinya. Jika lahan pekarngan samping rumah agan cukup luas, bisa di buatkan tembok keliling yang mengelilingi kandang, dengan menggunakan bahan bambu yang sebelumnya sudah di potong-potong menjadi beberapa bagian.

Hal ini bertujuan supaya ayam ayam tersebut tidak berpegian kemana-mana, dan untuk mengantisipasi saja supaya tidak ada yang jail,(maling tidak bisa masuk)

Pembuatan kandang ayam sebenarnya sangat mudah, bahan yang harus di persiapkan adalah gergaji,paku,bambu,kaso/reng,dan pagar kandang bisa di buat dengan strimin, buat kandang ayam katai sesuai dengan keinginan kalian dan besar kecilnya.

Buatlah kandang dengan tinggi 1 meter, biar bisa di bagi 50 x 50, cara pembuatan kandang bisa di lihat seperti gambar di atas, lebar bisa di seuaikan dengan keinginan masing-masing


3. Keamanan

Penting untuk memastikan teman ayam kate kecil Anda aman dari predator manapun yang bersembunyi. Jadi pastikan kandang Anda dilengkapi dengan pelindung atau kawat yang kokoh dan pinggir kandang harus tertutup rapat tidak ada celah sedikitpun, tutup dengan benar, agar ayam bantam Anda tetap aman dan sehat dari yang lebih besar dan lebih berani.

Pada saat budidaya ayam katai yang sebelumnya sudah di pelihara sudah mulai bertelur buatkanlah tempat sarang untuk peletakan telur, dengan cara di buatkan sarang dari pohon padi yang di bulatkan ketika ayam kate sedang menjalani masa bertelur jangan biarkan kandangnya menjadi lembab, ini bisa menyebabkan ayam katai terkena gejala stres premature dan mengakibatkan meninggal.

Jadi di usahakan kandang ayam di buat sehangat dan serapat mungkin dan mempunyai lantai yang rapat, sehingga anak ayam yang akan menetas nantinya tidak berjatuhan


4. Pemberian Pakan Untuk Ayam Kate

Pemberian Pakan Untuk Ayam Katai

Dalam budidaya ayam katai, pada umumnya pemberian pakanya sama saja seperti jenis-jenis ayam lainya seperti ayam jawa, dan Bangkok. Pakan yang di berikan adalah berupa bekatul, jagung, dan ada pakan tambahan berupa biji-bijian seperti beras merah, putih, atau gabah.Jadwal dalam pemberian pakan ayam katai adalah pagi pkul:06:40 siang pukul:12:00 dan sore pukul 16:50.


5. Berapa Banyak Telur yang Akan Dihasilkan?

telur ayam katai

Bergantung pada jenis jenis katai yang Anda miliki, jika Anda memiliki versi katai dari jenis yang bagus, seperti White Leghorn, Anda bisa mengharapkan bantam leghorn Anda untuk meletakkan sebanyak telur per minggu sebagai hasil standar. Anda bisa melihat sekitar 4-5 butir telur yang dihasilkan per minggu, terlepas dari jenisnya pada bantam yang Anda miliki. Ini akan berlanjut untuk 2 tahun pertama, tapi tentu saja tidak akan terjadi saat kate Anda moulting. Ayam kate akan hidup selama antara 4 – 8 tahun tergantung pada jenis ayam katai nya.

Baca Juga  Cara Ternak Belut Sawah

6. Penyakit

Ayam katai, seperti ayam biasa, terkena berbagai penyakit, disebabkan oleh pemberian makan yang tidak tepat atau kurangnya kebersihan, baik di rumah, jalan, atau air mereka, dan dalam beberapa hal, terhadap iklim lingkungan.

Ayam katai yang berada dalam kandang, bahkan dijaga dengan teliti dan baik, terkadang bisa terkena berbagai penyakit dan mungkin hilang bahkan bila tidak ada gejala nyata yang memungkinkan Anda mengobati penyakit ini walaupun Anda ahli dalam pengelolaan unggas.

1. Penyakit Melalui Kelebihan Makan atau Over-Feeding Chickens

Seekor ayam katai sehat yang baik bisa jatuh mati dari tempat bertenggernya. Hal ini dapat disebabkan oleh over-feeding, dan tidak dapat berolahraga pada ayam dalam keadaan alami seperti yang dapat mereka lakukan untuk mencari makanan. Sayangnya jika peradangan otak terjadi maka mereka bisa mati dalam sekejap. Hati-hati, dalam memberi makan, jangan berlebihan, tapi makan hanya sebanding dengan latihan yang dimiliki ayam.


2. Pip (Infectious Coryza) pada Ayam Kate

Banyak ayam terkena penyakit yang biasa disebut pip, tapi sekarang dikenal sebagai coryza infeksi. Ayam berumur 14 minggu dan lebih tua paling rentan dan bertambah seiring bertambahnya usia. Penyakit ini bukan di mana tampaknya, tapi mempengaruhi kanal pencernaan. Pip mudah ditemukan oleh penampilan lidah ayam, yang mengental, seperti halnya langit-langit, yang menyebabkan kesulitan bernafas, dan membuat ayam terkesiap seolah tersedak. Anda menemukan ayam kate Anda tidak dapat makan, bulu mereka menjadi acak-acakan dan akhirnya mati.


3. Peradangan Paru-Paru pada Ayam Kate

Ayam kate juga terkena radang paru-paru, dan jika Anda bisa menyembuhkannya, Anda harus berhati-hati dalam membiakkan dari mereka, karena walaupun dengan hati-hati Anda bisa mengembalikan unggas ke keadaan yang tampaknya sehat, tapi penyakit akan kembali berkembang seperti cara mengatasi kronis pada ayam

Ayam akan yang sakit karena moulting karena keluhan yang mereka hadapi, seperti yang bisa dibayangkan dari penyebabnya menyebabkan perubahan keseluruhan atau secara bertahap dari bulu mereka. Selama perubahan ini Anda tidak bisa mengharapkan adanya telur dan sementara prosesnya selesai sendiri, mereka harus tetap hangat, diberi makanan yang murah hati, dan di atas segalanya membersihkan air dengan sepotong besi berkarat yang ada di dalamnya.


7. Perawatan Anak Ayam Kate

Anak Ayam Katai

Ayam katai yang masih kecil harus di pisahkan kandangnya dengan ayam katai dewasa, dan di dalam kandang harus di beri lampu agar anakan ayam akatai tetap hangat dan terjaga suhu nya, Tingkat suhu di lantai kotak harus 32 C. Angkat atau turunkan cahaya Anda untuk menyesuaikan suhu. Bantams tidak dapat menahan perubahan suhu yang cepat. Pastikan ruangan kotak Anda tidak memiliki ventilasi panas atau udara yang bertiup langsung di atas kotak.

Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Betta

8. Perawatan Kate Dewasa

Pindahkan kate dewasa atau remaja ke kandang pemeliharaan saat mereka benar-benar berbulu dan cukup besar. Rumah ayam harus memiliki setidaknya dua kaki persegi ruang untuk masing-masing bantam, lebih baik lagi. Setiap rumah harus memiliki kotak bersarang dan bertengger agar ayambisa turun dari tanah.

Tempatkan dua sampai tiga inci sedotan di lantai rumah ayam Anda. Isi feeder dengan pakan berlapis (16 sampai 18 persen protein). Isi tempat minum ayam Anda dengan air. Masing-masing harus berada di tempat dimana ayam dapat dengan mudah mengaksesnya.

Periksa ayam Anda untuk lendir di mata mereka, lubang hidung atau mulut yang merupakan gejala infeksi pernafasan. Ayam dengan infeksi pernafasan perlu diobati dengan antibiotik selama seminggu.
Jika ayam terlihat mengalami gangguan neurologis dan kotoran yang tidak biasa, mereka perlu dirawat karena infeksi bakteri dengan obat-obatan.

Untuk menambah kesehatan ayam-ayam kamu. kamu juga dapat menambahkan konsentrat pemberian ini bisa di lakukan bisa tidak, akan lebih baiknya bila di kasih bahan konsentrat dengan cara di campurkan bersama bekatul atau makanannya, dan jangan lupa berikanlah tempat penampung air untuk minum ayam.


9. Panen

Hal yang paling di tunggu-tunggu dalam beternak ayam katai adalah pasca panen, panen ayam katai pada dasarnya sama saja dengan jenis ayam ayam pada lainya, pada saat bibit ayam katai mengerami telurnya biasanya akan menetas kurang dari 1 bulan, yaitu antara 21-23 hari.

Pemilik perlu berhati hati karena anak ayam yang baru menetas masih sangat rawan meninggal dan merupakan jajahan bagi tikus-tikus tanah yang mulutnya panjang, jadi pemilik perlu berhati-hati datang dari bawah kandang. Dan sebaiknya meletakan bibit yang ada anakanya kandang jangan terlalu dekat dengan tanah

Panen sudah bisa di nikmati kalo anakan sudah berusia minimal 1 bulan, pemasaranpun tidak sulit bisa di jual di pasar-pasar tradisional, atau kalo budidaya ayam katai kamu sudah mulai di kenal banayak orang telah meminati ayam ini. bisa di beli sama mereka bahkan kalo ayam ayam kamu memiliki kualitasnya bagus bisa di jual dengan hargamahal.


Mungkin Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang, Cara Ternak Ayam Kate ( LENGKAP ). artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :