Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Salam untuk kita semua teman-teman. Ikan cupang menjadi salah satu jenis ikan hias favorit untuk di semua kalangan baik anak-anak ,remaja maupun dewasa. Warna yang mencolok terhadap ikan cupang menjadi daya tarik bagi semua penggemar  dan bentuk yang cantik.

Kali ini kita akan membahas artikel tentang Tips Mengawinkan Ikan Cupang. nah untuk itu mari kita simak artikel ini karena banyak manfaat yang kalian dapat loh teman-teman.

 

Pemilihan 2 jenis bibit ikan cupang Berkualitas

 


Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Cara mengawinkan ikan cupang dapat dilakukan sendiri di rumah namun harus dengan  tekun  dan lebih bersabar agar hasil yang kita inginkan dapat sesuai.  Dan ada beberapa hal yang harus kita siapkan untuk mengawinkan cupang agar mendapatkan hasil yang baik dan memiliki bibit ikan yang berkualitas.

Nilai jual ikan cupang yang  bervariasi memiliki nilai jual yang beragam dari yang murah sampai termahal sekalipun,warna dan bentuk yang semakin indah akan memiliki harga yang semakin tinggi. Salah satu faktor menentukan keindahan seekor ikan cupang adalah perkawinan silang antar jenis ikan cupang. Pengembangbiakan jenis ikan dan warna ikan akan menentukan dan menghasilkan ikan cupang yang memiliki warna yang bervariasi.

 


1. Pemilihan 2 jenis bibit ikan cupang Berkualitas

Mengawinkan jenis ikan cupang bisa menggunakan metode antara ikan cupang hias dan ikan aduan. Sebelum melakukan perkawinan antar ikan cupang harus terlebih dahulu mengetahui jenis ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Pilih ikan yang memiliki umur 6 bulan dan tidak lebih dari 14 bulan atau lebih. Pilih ikan cupang yang memiliki warna yang menurutmu baik serta sama dengan satunya, warna cerah dan tidak dalam keadaan cedera fisik maupun sisiknya. Ikan yang siap untuk dikawinkan yakni mengeluarkan gelembung yang ada di cupang jantan dan betina terdapat bintik putih pada perut.

Baca Juga  Cara Ternak Burung Jalak Bali

 


2. Persiapkan Bak air/ styrofoam kotak Yang Berukuran Sedang

Persiapkan Bak air/ styrofoam kotak Yang Berukuran Sedang

Pilih tempat yang tepat jika ingin mengawinkan ikan cupang bisa menggunakan bak atau sterofom kotak dan jangan yang sempit karena ikan tidak memiliki ruang yang cukup luas dan harus menggunakan air yang cukup bersih ,di dalam bak / styrofoam kotak  serta memiliki suhu yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah untuk menghindari gagalnya perkawinan ikan cupang

 


3. Persiapkan Ikan Yang ingin di kawinkan

Sebelum Memasukan ikan kita terlebih dahulu mengenali kedua ikan dalam tempat yang berpisahan biarkan kedua ikan saling melihat terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam lamanya, setelah itu bila kedua ikan tidak saling serang dan tidak agresif maka penyatuan ikan bisa di lakukan,tutup bak air agar tidak ada sinar matahari yang masuk kedalam air taruh di tempat yang gelap, ikan cupang jantan yang sudah siap akan membangun sarang gelembung sedangkan betina  perutnya akan terlihat membesar dan menunjukan tanda-tanda  siap bertelur.

 


4. Pemisahan Kedua Ikan Cupang

Pemisahan Kedua Ikan Cupang

Setelah ikan cupang bertelur dan menunjukan telur ikan yang berupa gelembung busa segera mungkin kita memisahkan kedua ikan agar telur yang sudah ada tidak dimakan oleh kedua ikan dan kita biarkan telur ikan menetas dengan sendiri nya selama 3-4 hari lamanya jika hasil yang kita tunggu membuai hasil itu mendandakan hasil perkawinan ikan cupang kamu berhasil.

 


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang, Cara mengawinkan ikan cupang Yang Benar [LENGKAP]. artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :