Cara Merawat Ikan Koi

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Jenis Ikan Koi akan menjadi peliharaan yang banyak dijumpai di rumah-rumah. Ikan Koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Nama Ikan Koi juga diambil dari kata nishikoi yang artinya ikan karper bersulam emas dan perak. Dinamakan demikian karena ikan koi mempunyai corak yang berwarna sangat cerah, seperti oranye, emas, dan perak pada kulitnya. Selain cantiknya dan merupakan jenis ikan yang jinak, ikan koi juga dapat dipercaya sebagai pembawa keberuntungan jika memelihara Ikan Koi tersebut.

Sehingga, tidak heran, jika kolam ikan koi tak hanya ditemukan di rumah-rumah elit. Tetapi, juga dapat kamu temui di pertokoan, kantor, atau mall. Yang mempunyai kolam dengan ikan KOI yang warna warni dan jinak, pastinya telah terbayang sangat menyenangkan jika memelihara ikan koi tersebut di rumah. Namun denga begitu, untuk dapat memelihara ikan Koi di dalam kolam rumah mempunyai tantangan tersendiri yang harus kamu pahami. Berikut ini saya akan membagikan cara dalam merawat ikan koi yang dapat segera diaplikasikan di kolam ikan koi milik kamu.

Cara Merawat Ikan Koi


Cara Merawat Ikan Koi

Dalam memelihara ikan koi memang buat sebagian orang dibilang sangat susah, padahal untuk mereka yang telah pengalaman pastinya akan mengatakan dalam memelihara ikan koi di rumah sangatlah menyenangkan. Agar Memelihara Ikan Koi sampai dengan ikan sehat terus dan kolam terjaga bersih, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan. Berikut ini adalah cara dalam memelihara Ikan Koi di Kolam Rumah yang baik dan benar.

Baca Juga  Car Memelihara Ikan Koi

1. Menyiapkan Kolam Ikan Koi

Menyiapkan Kolam Ikan Koi

Hal pertama yang wajib kamu siapkan jika kamu mau memelihara ikan koi ialah dengan menyiapkan media peliharaannya. Dalam hal ini, kolam ikan menjadi kebutuhan yang sangat penting jika kamu mau memeliharan ikan koi tersebut di rummah kamu. Ikan koi dapat tumbuh menjadi sangat besar jika kamu benar memerihara ikan koi tersebut. Maka dari itu, untuk akuarium tidak cukup dipakai untuk memelihara ikan koi. Kolam akan menjadi tempat yang pantas untuk memelihara ikan koi supaya perkembangannya akan optimal dan memudahkan sirkulasinya, sehingga ikan koi akan sehat terus di dalam kolam.


2. Siapkan Kolam Dengan Air Bersih

Siapkan Kolam Dengan Air Bersih

Setelah kolam sudah siap, maka kamu jangan langsung memasukan ikan koi ke dalam kolam. Isi kolam dengan air yang bersih dan diamkan selama dua sampai tiga hari terlebih dulu supaya dapat menghilangkan bau semen dan cat yang masih menempel di dalam kolam ikan koi. Selanjutnya kamu dapat ganti air setelah dua-tiga hari dan isi kembali dengan menggunakan air yang bersih. Pada proses penggantian air selanjutnya, kamu dapat masukan satu-dua ikan koi yang berukuran kecil agar dapat melihat keamanan kolam tersebut sebelum dimasukan semua ikan ke dalam kolam.


3. Karantina Ikan Koi

Karantina Ikan Koi

Sambil kamu membersihkan isi kolam dari bau semen dan material bangunan lainnya, kamu juga dapat sambil melakukan karantina ikan sebelum meletakannya di kolam. Caranya, letakan ikan koi pada ember atau wadah yang berukuran besar. Jika memungkinkan, batasi pada jumlah ikan koi di dalam satu wadah supaya ikan tidak mudah untuk stres.


4. Pindahkan Ikan Koi Ke Dalam Kolam

Pindahkan Ikan Koi Ke Dalam Kolam

Apabila kolam telah siap untuk diisi dengan ikan koi, kamu dapat memindahkan ikan koi dari wadah ke kolam. Namun, jangan lupa dalam menyertakan pula air dari dalam wadah ke dalam kolam supaya ikan koi tidak kaget dan gampang untuk beradaptasi dengan habitat barunya sehingga ikan tidak mudah stress nantinya.

Baca Juga  Cara Ternak Kenari Lokal

5. Rutin Membersihkan Kolam Ikan Koi

Rutin Membersihkan Kolam Ikan Koi

Setelah ikan koi diletakan ke dalam kolam, pastikan kamu untuk selalu rutin dalam membersihkannya. Sekitar Dua minggu sekali dan menjadi waktu yang pantas untuk membersihkan ikan koi. Jangan lupa juga agar terus memantau kolam supaya tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan, seperti perubahan warna pada air atau keadaan ikan yang menjadi berubah perilakunya.


6. Rutin Memberi Makan Ikan Koi

Rutin Memberi Makan Ikan Koi

Ikan Koi juga memerlukan diberi makan dengan secara rutin. Beri makan ikan koi pada dua kali dalam sehari pada saat pagi dan sore hari dengan jumlah makanan yang tidak terlalu banyak dan kamu dapat menyesuaikan pemberian makan ikan koi dengan jumlah ikan yang kamu pelihara. Untuk jenis makanan yang dapat kamu berikan kepada ikan koi ialah pelet atau pakan ikan, cacing sutra, jentik nyamuk, dan kutu air


7. Letakan Tanaman Air Di Dalam Kolam

Letakan Tanaman Air Di Dalam Kolam

Tanaman air, seperti algae atau teratai, tidak hanya akan mempercantik kolam ikan koi milik kamu. Algae berfungsi juga sebagai penyuplai oksigen pada tambahan di dalam air, sehingga kolam akan selalu dalam keadaan segar. Supaya kolam kamu semakin cantik, letakan untuk beberapa tanaman air di dalam kolam ikan koi milik kamu.


8. Bersihkan Filter air Secara Berkala

Bersihkan Filter air Secara Berkala

Yang tidak kalah penting ialah dengan bersihkan filter air dengan secara berkala. Kamu juga dapat membersihkan filter air secara bersamaan pada saat kamu sedang membersihkan kolam. Filter air yang bersih juga akan membuat keadaan kolam ikan koi nkamu menjadi selalu bersih sehingga ikan koi kamu akan selalu sehat di dalam kolam.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar yang baik dan benar semoga dengan dibuat artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya, dan menjadikan ikan peliharaan kalian dapat tumbuh dengan sehat dan memiliki warna yang menarik untuk dapat di lihat, mungkin itu saja yang dapat saya sapaikan, Sekian dan terimakasih.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Koi di Aquarium

Baca Artikel Linnya :