Cara Budidaya Ikan Guppy Bagi Pemula

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Untuk Pecinta binatang ikan kecil kita mempunyai recomendasi yang baik nih teman-teman, saya akan memberi kan tips cara membudidayakan ikan guppy dan ekor yang sangat indah bila di lihat, di simak ya teman-teman artikel ini semoga menjadi pedoman teman-teman.

Ikan guppy adalah ikan kecil hias yang mempunyai ekor panjang yang sangat indah, meskipun ikan air tawar, ikan guppy ini mampu hidup di air payau sekalipun yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi. yang cukup mudah di budidayakan ikan geppy ini berasal dari amerika tengah ikan geppy ternyata mempunyai nama latin yakni poecelia reticulate  ikan guppy ini masuk ke indonesia sekitar tahun 1920 an teman-teman.

Ikan guppy hias ini mempunyai daya tarik bagi pecinta ikan yang mempunyai sirip dan warna yang indah dan yang membedakan ikan jantan dan betina nya adalah ikan guppy jantan memiliki sirip dan ekor yang sangat indah dan terang bila di lihat sedangkan ikan guppy betida cenderung memiliki corak warna yang kusam dan tidak terang

Ikan guppy  sangat mudah untuk di budidayakan dan bila kalian ingin membudidayakan ikan guppy ini ternyata tidak membutuhkan biaya yang cukup mahal dan untuk peralatan yang di gunakan dalam membudidayakan ikan gupp ini perlu adanya aerator dan tanaman air sebagai tempat persembunyian guppy nanti jika ikan guppy ingin bertelur atau tempat pemijahannya yang dapat kalian temukan dengan mudah.

Jika teman-teman penasaran dan ingin mencobanya sendiri  cara budidaya guppy bagi pemula bisa di simak artikel ini :

Cara Budidaya Ikan Guppy


Cara Ternak Ikan Guppy

1. Mempersiapkan Tempat

Kalian harus mempersiapkan tempat untuk membudidayakan ikan guppy dan kamu memerlukan 4 wadah sekaligus dengan fungsi yang berbeda. Wadah yang telah disedikan akan menjadi tempat memisahkan indukan dan jantan, tempat pemijahan penetasan telur ikan guppy dan tempat pendederan ikan guppy, luas tempat yang di perlukan disesuaikan dengan keadaan kebutuhan anakan, namun setidaknya tiap wadah-wadah memiliki tinggi yang sama sekitar 30-35 cm


2. Pemilihan Indukan Yang Bagus

Cara budidaya ikan guppy yang benar, baik jantan maupun betina adalah memilih induk yang bagus yang terbaik yang sehat dan tidak sakit yang memiliki badan dan ekor yang tidak rusak/lecet baik jantan ataupun betina.

Ciri-ciri yang dimiliki ikan guppy betina, yaitu cenderung memiliki badan bulat lebih besar di bagian perutnya, dan juga memiliki warna yang kusam, dan cenderung pasif dengan berdiam diri di bagian dasar atau permukaan.

Sedangkan, ciri-ciri ikan guppy jantan memiliki warna cerah dan bagus dengan tubuh yang langsing. Agar kalian mendapatkan anakan yang bagus, pilihlah induk yang unggul dan telah berusia minimal 4 bulan. Indikator keberhasilan dalam proses budidaya ikan guppy terletak pada ikan jantan.


3. Pemisahan Indukan

Pemisahan Indukan

Sebelum kalian melakukan proses pemijahan ikan guppy, kalian harus memisahkan indukan ikan guppy jantan dan betina terlebih dahulu dan dapat dipisahkan terlebih dahulu pada wadah yang yang berbeda.

Air yang digunakan dalam wadah harus rutin diganti dengan yang baru setiap 1-3 hari sekali, namun pergantian ini tak perlu semua air yang harus di ganti, cukup dengan kalian mengganti atau membuang sepertiga airnya dan menambahkan dengan air yang baru.

Baca Juga  Cara Merawat Ayam

Ikan guppy yang sedang dipisahkan jangan lupa untuk memberikan pakan seperti biasa, yaitu dua kali sehari.Pemberian makan yang rutin akan menghasilkan indukan yang sehat dalam proses pemijahan nanti.


4. Proses Pemijahan

Proses Pemijahan

Siapkan wadah pemijahan yang sudah di siapkan yang diisi air bersih dan telah diendapkan air nya selama 1 hari dengan kedalaman air 30 cm dan kepadatan tebar wadah pemijahan 35 ekor/100 liter air. Jika memungkinkan, tambahkan tanaman air seperti eceng gondok atau tanaman air lainnya.

Untuk melakukan pemijahan, masukkan ikan betina di pagi hari dan ikan jantan di malam hari Pemijahan ikan guppy dapat dilakukan secara massal atau satu persatu, namun lebih dianjurkan melakukan pemijahan secara masal karena lebih cepat dan efektif.

Komposisi  saat pemijahan masal untuk ikan guppy antara ikan jantan dan betina secara umum adalah 1 ikan guppy untuk jantan dan 5 ikan guppy untuk yang betina.

Perlu kalian ketahui bahwa Pada pemijahan masal, tidak dapat dipastikan semua ikan akan memijah di hari yang sama, proses pemijahan ini pada  umumnya dibiarkan selama 5 hari sampai satu minggu lamanya.Jika kamu melihat ada indukan betina yang sudah dibuahi, segera pisahkan dan masukkan ke wadah penetasan yang berbeda.


5. Momen Penetasan Benih

Momen Penetasan Benih

Isikan air dalam wadah yang berbeda untuk penetasan dan tempatkan aerator dengan aerasi pelan agar tidak mengganggu larva ikan.

Untuk menjaga kualitas air yang baik dan bersih, kamu harus membuang sepertiga air setiap hari dan ganti dengan yang baru setiap 1-3 hari sekali. Serta berikan pakan yang cukup jangan terlalu banyak untuk induk, 2 hari sekali berupa moina dan daphnia.

Setelah induk yang sudah dibuahi kamu pisahkan kembali di tempat yang berbeda,dan  isi air dalam wadah penetasan dan lengkapi dengan aerasi. Uniknya ikan guppy betina dapat hamil hingga 3 kali, karena guppy betina dapat menyimpan sisa sperma di dalam tubuh mereka.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Patin

6. Proses Pendederan Ikan Guppy

Proses Pendederan Ikan Guppy

Cara jitu merawat ikan guppy agar tidak mudah mati dalam proses pendederan, yaitu meletakkannya di ruangan terbuka tidak sempi serta tidak terlalu banyak menaruh ikan guppy di satu tempat. Wadah yang di gunakan harus terkena unsur sinar matahari untuk membentuk warna-warna indah pada ikan guppy.Kemudian, tambahkan pula beberapa tanaman air agar mereka bisa berteduh. seperti, tanaman eceng gondok .

Untuk anak ikan gupi yang masih berumur 5 hari sebaiknya diberikan pakan kutu air.

Kemudian, lanjut dengan memberikan pakan cacing sutra atau cacing rambut ketika anak ikan guppy sudah besar atau sudah berumur sekitar 20 hari dan kita dapat menentukan jenis kelamin ikan guppy jantan atau betinannya.

Ikan jantan dijadikan sebagai ikan hias dan ikan betina hanya dijadikan indukan, indikator keberhasilan budidaya ikan guppy adalah pada ikan jantan.


Itulah Teman-Teman yang dapat saya sampaikan tentang,Cara Budidaya Ikan Guppy Bagi Pemula (LENGKAP) artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca dan mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lain :