Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Cacing yang panjangnya kurang lebih 1 cm dengan mempunyai berbagai variasi diameter sekitar 0,5 sampai dengan 1 mm. Untuk dapat hudup pada habitat atau tempat tinggal dari jenis cacing sutra itu sendiri merupakan di tempat – tempat yang mempunyai keadaan atau udara yang cukup lembab, perairan yang kotor seperti contohnya comberan, atau pun juga dapat kamu jumpai pada di kolam – kolam dengan pembuangan dan juga siring yang sehingga keadaannya akan terlihat lumayan tenang dan juga sangat jernih.

Harus kamu pahami bahwa jenis cacing sutra memang dipahami memerlukan cara yang relatif payah karena memang cacing sutra dapat kamu budidayakan di dalam kolam dengan keadaan airnya yang tidak terlalu dalam namun mempunyai air yang selalu mengalir sehingga dapat menjaga daya hidup dari cacing sutra tersebut, namun pada saat ini kamu dapat untuk membudidayakan cacing sutra tanpa harus air yang mengalir.

Lalu jika kamu memang berminat untuk Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir maka saya akan memberi kamu Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir yang baik dan benar sampai hasilnya sangat memuaskan dan mendapatkan pengahsilan tambahan dari usaha Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir, simak artikel ini sampai habis.

Cacing Sutra


Cacing Sutra

Budidaya jenis cacing sutra akan lebih menggiurkan ketika pada saat musim hujan. Mengapa demikian Karena pada umumnya jenis seperti cacing sutra yang telah diterangkan di pertama tadi bahwa pada musim hujan cacing sutra semakin susah untuk dapat berkembang dengan baik. Dengan demikian pada permintaan cacing sutra akan kebutuhan cacing sutra akan semakin melionjak dan kamu dapat menaikan harganya sedikit lebih mahal untuk dapat memperoleh keuntungan yang banyak pada ruah karena akan banyak orang yang akan mencari kamu untuk dapat mendapatkan cacing sutra, dengan Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir maka kamu tidak perlu susah untuk berbudidaya cacing sutra dengan baik.

Baca Juga  Cara Ternak Cacing Tanah

Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir

Meskipun begitu, supaya kamu dapat bisa memperoleh keuntungan yang banyak pastinya harus support dengan stok cacing tanah yang melimpah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami menjelaskan mengenai bagaimana cCara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengaliryang harus kamu tahu.


1. Bibit Cacing Sutra

Bibit Cacing Sutra

Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir yang pertama adalah dengan menentukan bibit dari cacing sutra itu sendiri. Untuk dapat bibit cacing sutra, kamu tidak harus bingung untuk memperoleh karena memang cara mendapatkan bibit cacing sutra sangatlah gampang. kamu dapat membeli bibitnya di toko ikan hias maupun juga kamu dapat membelinya di pasar hewan. Sebenarnya cara ini sama dengan ketika anda menerapkan Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir.

Selain itu, jika contohnya kamu mempunyai ladang sawah yang lumayan besar, kamu dapat memperoleh di dalam lumpur. Adapun langkah – langkah yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh bibit dari cacing sutra adalah sebagai berikut ini:

  • Yang pertama yang wajib kamu perhatikan adalah dengan cara memperhatikan bibit cacing sutra yang ingin kamu beli.
  • Bibit yang wajib kamu miliki adalah jenis bibit yang mempunyai kualitas yang besar serta dapat bertahan lama dalam keadaan apapun. Adapun ciri – ciri dari bibit cacing sutra yang terbaik adalah pada gumpalannya yang menyerupai pada gumpalan rambut yang bergerak dengan sangat cepat.
  • Yang kedua adalah kamu harus dapat memecah pada gumpalan tersebut dan selanjutnya kamu harus memindahkannya ke dalam wadah yang sebelumnya sudah kamu isi dengan air bersih. harus ingat bahwa kamu dapat mengisi wadah tersebut dengan air secukupnya, jangan terlalu banyak.
  • Tujuan dari pemindahan cacing dari gumpalan ke dalam wadah adalah untuk mengkarantina bibit cacing sutra tersebut agar nantinya tidak sampai terkena bakteri maupun logam yang terdapat di dalamnya.
  • Pastikan juga keadaan air yang akan kamu alirkan adalah mempunyai kualitas oksigen yang baik.
  • Jika misalnya kandungan pada oksigennya tidak terlalu baik, maka kamu dapat menggunakan alat berupa aerotor untuk dapat menambah kadar oksigen di dalam air tersebut.
Baca Juga  Cara Melakukan Pemeliharaan Ikan Komet

2. Media Budidaya Cacing Sutra

Media Budidaya Cacing Sutra

Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir yang kedua adalah dengan menentukan media dari cacing sutra itu sendiri. Setelah kamu memperoleh bibit cacing sutra dengan kualitas baik, kemudian yang wajib kamu lakukan adalah dengan menyediakan media bagi bibit cacing sutra tersebut yang tentunya akan berbeda dengan cCara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir, kamu dapat menggunakan alat baskom sebagai media penebaran benih cacing sutra sehingga benih cacing sutra dapat berkembang dengan baik.


3. Pemindahan Bibit Cacing Sutra

Pemindahan Bibit Cacing Sutra

Lakukan pada proses pemindahan dengan secara hati – hati karena cacing sutra adalah jenis cacing yang gampang untuk stress. Gunakan alat seperti sendok atau jaring ikan kecil untuk memindahkan bibit cacing sutra tersebut. Jangan memindahkannya menggunakan tanah karena suhu pada tangan kamu dikhawatirkan dapat mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya cacing sutra.


4. Perawatan Cacing Sutra

Perawatan Cacing Sutra

Selanjutnya adalah kamu dapat selalu mengontrol debit air yang mengalir pada media yang anda gunakan. Usahakan debit air ydengan menggunkan bantuan aerator tersebut berkisar antara 5 – 7 cm  supaya cacing sutra dapat tumbuh dengan baik. Jika debit air yang digunakan tersebut dengan aerator dengan baik, maka tentunya kandungan oksigen yang ada di dalamnya juga akan terjaga dengan baik.


5. Makanan Cacing Sutra

Makanan Cacing Sutra

Gunakan pakan pada caacing sutra pada pemberian pakan dengan bahan organik yang mempunyai keadaan tekstur yang lunak dan juga mudah untuk hancur. kamu dapat menambahkan ampas tahu untuk makanan cacing sutra kamu karena di dalam ampas tahu terkandung banyak protein serta jamur yang tentunya sangat bermanfaat untuk bibit cacing sutra anda. Berikan makanan fermentasi tersebut sampai masuk usia 1-0 – 12 hari setelah proses dalam pemindahan cacing. Cacing sutra memangharus dapat dibudidayakan karena jenis cacing ini sudah masuk ke dalam jenis cacing yang kondisinya lumayan langka di daerah – daerah tertentu, selain memang cacing sutra sulit anda dapatkan pada muism – musim tertentu, khusunya musim hujan.

Baca Juga  Cara Pemeliharaan Ikan Bandeng

6. Panen Cacing Sutra

Panen Cacing Sutra

Tambahkan juga berupa kotoran ayam yang sudah difermentasi oleh kamu dan juga berikan makanan tambahan seperti sayur sawi yang sudah dihancurkan untuk mendapatkan cacing yang melimpah ketika pada saat akan panen. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang berbondong – bondong ingin membudidayakan cacing sutra karena memang cacing sutra merupakan jenis pakan alami dengan kualitas yang baik. Dan kebanyakan cacing sutra akan digunakan sebagai pakat ikan gurami, lele, maupun jenis ikan tawar lainnya.


Itu lah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir Semoga kalian yang ingin Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keingina nkalian, dan meraup pundi-pundi yang memuaskan, dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam Budidaya Cacing Sutra Tanpa Air Mengalir. Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :