Cara Ternak Cacing Merah

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Cacing merah atau jenis cacing tanah adalah salah satu dari jenis cacing yang dapat dengan mudah kita temukan sebenarnya di daerah tanah persawahan. Cacing merah dulunya dapat dimanfaatkan sebagai umpan pada saat akan memancing sekarang sudah mulai digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat hingga pembuatan kosmetik.

Tingginya akan suatu kebutuhan cacing merah tersebut akan dapat menjadikan pada proses ternaknya sebagai salah satu peluang bisnis yang menguntungkan namun tentunya akan dibutuhkan pengetahui yang mendalam terkait dengan cara ternaknya.  Lalu jika kamu memang berminat untuk Cara Ternak Cacing Merah maka saya akan memberi kamu Cara Ternak Cacing Merah yang baik dan benar sampai hasilnya sangat memuaskan dan mendapatkan pengahsilan tambahan dari usaha Ternak Cacing Merah, simak artikel ini sampai habis.

Ternak Cacing Merah


Cara Ternak Cacing Merah

Ternak cacing merah merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang dapat dengan mengeluarkan modal yang sangat minim namun mepunyai omset yang lumayan banyak, tentunya dengan cara ketekunan dalam melakukannya. Saat ini kebutuhan akan cacing merah semakin meningkat dalam permintaa di pasaran, tentunya jika kita mau untuk berusaha dam mencoba di dunia percacingan maka segeralah untuk dapat memulai usaha sampingan ini. Cacing sangat di diperlukan untuk dapat menekan biaya pakan untuk ternak dan untuk bahan baku dalam pengolahan limbah super.

1. Persiapkan Peralatan Yang Diperlukan

Persiapkan Peralatan Yang Diperlukan

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam cara ternak cacing merah untuk orang awam merupakan suatu keperluan dalam peralatan yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu. Peralatan yang di perlukan pada peralatan utama merupakan sebuah kandang ternak atau tempat untuk cacing merah akan berkembang. Tempat yang diperlukan berupa box kotak dengan ukuran yang menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang di dalamnya sudah diberi tanah sebagai media tempat pertumbuhan cacing merah. Media yang dipakai pada umumnya adalah jenis tanah humus berupa pupuk kompos ataupun pupuk kandang.

Baca Juga  Cara Ternak Kacer Biar Cepat Bertelur

2. Bibit Cacing Merah

Bibit Cacing Merah

Setelah tempat dan media pertumbuhan cacing sudah kamu siapkan maka langkah berikutnya adalah mempersiapkan bibit cacing merah. Ada dua point dalam menentukan bibit cacing merah tersebut yakni dengan cara membeli bibit pada peternak yang memang menjualnya atau mencari cacing sendiri di lingkungan sekitar dengan secara langsung kamu akan mendapatkannya. Untuk pemula, atau dengan sebaiknya bibit dicari dengan sendiri sebagai bahan pembelajaran awal dengan skala yang kecil baru ketika sudah tumbuh menjadi besar kamu dapat melakukan opsi kedua dengan membeli bibit dengan secara langsung. Pembibitan cacing merah cukup sederhana yakni dengan membiarkan bibit tadi dalam wadah dan media pembibitan selama 2 bulan dengan tetap memberi pakan secara rutin.


3. Pemindahan Dan Pembesaran Bibit Cacing Merah

Pemindahan Dan Pembesaran Bibit Cacing Merah

Langkah selanjutnya dalam cara ternak cacing merah untuk orang awam merupakan dari suatu proses dalam pemindahan media dan pembesaran bibit cacing merah. Sebelum dapat dipindahkan, maka kamu dapat pastikan kesiapan tanah pada ternak cacing merah dengan memeriksa kadar pHnya dan membasahi media tersebut. Bibit cacing dapat kamu pindahkan dalam satu wadah dengan media ternak cacing merah sebanyak kurang lebih 50 sampai 100 ekor bibit cacing yang sudah berkembang dengan baik.

Dalam proses pemindahan cacing merah tersebut perhatikan pada apertama-tama apakah ada cacing yang keluar dari box. keadaan ini dapat menujukan bahwa media dalam ternak cacing merah tidak nyaman untuk cacing dan perlu untuk diganti supaya cacing merah menjadi nyaman dan tidak akan keluar lagi dari dalam box.


4. Pemberian Pakan Cacing Merah

Pemberian Pakan Cacing Merah

Dalam proses ternak cacing merah tersebut, pakan akan menjadi hal kunci dalam menentukan seberapa banyak hasil panen yang akan didapatkan. Wadah yang berisi dengan cacing merah dapat diberi pakan berupa sampah daun kering dan limbah sayuran yang sedikit membusuk serta pupuk kandang sebagai sumber pakan yang bernutrisi baik bagi cacing merah. Pemberian pupuk kandang yang dipakai dapat diproses dengan teknik bokashi supaya pada hasilnya lebih baik untuk cacing merah tersebut.

Baca Juga  Cara Melakukan Pemeliharaan Ikan Komet

5. Pengantian Media Budidaya

Pengantian tanah sebagai tahap proses media ternak cacing merah diharuskan dalam prosesnya memperbanyak jumlah cacing. Pengantian tersebut dilakukan pada setiap 1 sampai 2 bulan sekali tergantung dari jumlah cacing yang terdapat di dalam media kamu ternak apakah sudah terlalu banyak. Proses dalam pengantiannya cukup sederhana yakni kamu hanya melakukan dengan cara memindahkan cacing pada box pada media tempat yang baru.


6. Proses Panen Cacing Merah

Proses Panen Cacing Merah

Tahap akhir dari proses ternak cacing merah yang kamu tunggu-tunggu adalah masa pemanenan cacing merah. Panen  pada ternak cacing tanah dapat dilakukan pada setiap 6 bulan sekali. Hasil masa panen cacing merah yang dapat dimanfaatkan dalam proses ternak cacing merah yakni cacing itu sendiri dan tanah bekas media budidaya cacing yang dapat digunakan sebagai pupuk dalam proses pertanian.


Itu lah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Cacing Merah Semoga kalian yang ingin Berternak Cacing Merah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kalian, dan meraup pundi-pundi yang memuaskan, dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam Ternak Cacing Merah. Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :