Cara Merawat Burung Kacer

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Cara untuk merawat burung kacer, mungkin untuk kebanyakan orang yang telah terbiasa akan sesuatu hal yang gampang untuk dilakukan. Buat kamu kamu yang belum pernah dalam memelihara burung, akan menjadi sangat susah untuk diakukan. Umumnya harus perhatian secara khusus supaya Burung Kacer kamu dapat selalu sehat dan juga mempunyai suara yang indah bahkan rajin untuk berbunyi.

Burung kacer mkerupakan salah satu jenis burung yang hobby untuk berkicau dengan memiliki postur tubuh yang ramping. Nama lain dari burung kacer ialah Kucica kampung atau bahasa latinnya ialah copsychus sularis.

Burung Kacer ini termasuk ke dalam jenis Burung Kacer. Ciri buat fisiknya yang berwarna hitam dan berwarna putih dengan bagian ekor yang lumayan panjang. Burung kacer termasuk jenis burung yang sangat aktif dalam bergerak dalam mencari makan. Umumnya Burung Kacer ini akan mencari makan di pohon kelapa, randu, pisang , atau ranting pohon yang sangat kering.

Cara Merawat Burung Kacer


Cara Merawat Burung Kacer

Sebenarnya dalam perawatan Burung Kacer yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan jenis burung pemakan serangga umumnya, namun untuk merawat burung kacer yang akan di lombakan tentu tidak sama dengan cara merawat kacer rumahan seperti yang kalian pikirkan, jika kalian ingin mengetahui cara merawat Burung Kacer yang baik dan benar maka kamu dapat melihat artikel ini sampai tuntas.

1. Pemberian Pakan Sehat dan Teratur

Pemberian Pakan Sehat dan Teratur

Dalam memberi pakan yang sehat dan teratur bisa membuat burung kacer akan sehat dan gacor. Kamu harus memberi Pakan yang baik agar burung kacer antara lain memberi jangkrik, ulat hongkong, kroto, ulat bambu, cacing merah kecil, ulat kandang, ular jerman, belalang, dan voor kering berprotein sehingga Burung Kacer akan selalu sehat .

Baca Juga  Cara Merawat Ikan Guppy

Di antara semua jenis pakan tersebut, jangkrik telah menjadi salah satu pakan yang terbaik yang sesuai diberikan di setiap hari. Dengan begitu, jangan lupa untuk membuang kepala serta kaki jangkrik sebelum diberikan kepada Burung Kacer supaya tidak merusak tenggorokan Burung Kacer pada saat akan memakannya.

Beri makan pada jangkrik dengan memberi makanan yang bergizi, berupa sayuran, jahe merah, kunyit, atau jagung muda. Dengan demikian, burung Kacer yang akan memakan jangkrik tersebut pun jadi lebih sehat dan semakin lincah.

Selain itu, selalu untuk berikan extra fooding ini dengan secara teratur. Seandainya dalam sehari yang akan diberikan 5 ekor jangkrik, maka saat pagi beri sebanyak tiga ekor dan sore dua ekor. Pastikan waktu pemberian makan jangkrik sama setiap harinya dan rutin dalam memberinya makan.


2. Pengembunan Kacer

Pengembunan Kacer

Metode dalam pengembunan juga sangat wajib untuk dilakukan supaya Burung Kacer bisa peliharaan menjadi cepat berbunyi. Metode ini bermaksud agar dapat menstabilkan birahi Burung Kacer, menjernihkan suara kicauan, meningkatkan volume kicauan, dan menjaga kualitas pita suara Burung Kacer tersebut.

Selain itu, dengan secara rutin dalam melakukan metode pengembunan, burung juga seolah menjadi penguasa teritorial di lingkungan tempat tinggalnya. Jadi harus di usahakan untuk keluarkan burung kacer yang sehat di setiap pukul 4.30 sampai  pukul 5.00 pagi dengan secara rutin di lakukan.


3. Memandikan Burung Kacer

Memandikan Burung Kacer

Burung kacer memang sangat menarik untuk di pelihara, karakternya susah sekali untuk ditebak. Bahkan dengan sesama burung kacer juga dapat jadi karakternya tidak sama. Itu karena, metode dalam memandikan dan menjemurnya juga harus sesuai dengan karakter Burung Kacer.

Jika Burung Kacer belum terbiasa untuk mandi di keramba, maka solusinya harus di semprot secara halus burung kacer dengan memakai spray supaya Burung Kacer akan terbiasa untuk dengan sendirinya

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Laut Cakalang

Selesai mandi, maka berikan burung makan 3 ekor jangkrik selanjutnya jemur sampai pukul 10.00 pagi. dan di Angin-anginkan sekira 30 menit sebelum burung dikrodong dan dimasteri suara yang kamu inginkan.

Pada pukul 15.30, buka krodong burung kacer, lalu dapat angin-anginkan dampai pukul 17.00. Beri sebanyak dua ekor jangkrik, selanjutnya krodong kembali burung kacer dan istirahatkan burung kacer sampai besok pagi dan lakukan proses tersebut secara berulang.


4. Pemasteran Burung Kacer

Pemasteran Burung Kacer

Mkasud dari metode ini ialah untuk menambah jenis atau corak kicauan burung kacer yang kamu pelihara. Dengan demikian, Burung Kacer diharapkan dapat mengeluarkan semua isian ketika akan mengikuti kontes kicau burung mania.

Ada dua teknik dalam melakukan pemasteran Burung Kacer yang sering dilakukan oleh para pecinta burung lainnya, seperti dengan memakai Burung Kacer yang asli maupun menggunakan rekaman kicauan burung dari smartphone.

Waktu yang pantas dalam melakukan teknik pemasteran Burung Kacer ialah sekira pukul 11.00, selanjutnya burung dapat dijemur dengan menggunakan krodong khusus burung kacer.


5. Umbaran Burung Kacer

Umbaran Burung Kacer

Dalam menempatkan burung kacer di dalam kandang umbaran bermaksud buat melatih pernapasan Burung Kacer dan segi fisik Burung Kacer supaya lebih siap pada saat akan mengikuti kontes. Dengan begitu, jangan terlalu lama dalam memakai teknik umbaran ini. sekitar 2 sampai 3 jam saja selama satu minggu dalam sekali percobaan.


6. Kebersihan Kandang

Kebersihan Kandang

Salah satu faktor penting dalam dalam merawat semua jenis burung, termasuk Burung Kacer, ialah dengan menjaga kebersihan kandang Burung Kacer. Semakin bersih kandang Burung Kacer, maka akan semakin nyaman Burung Kacer di dalam kandang. Dengan demikian Burung Kacer juga jadi lebih sehat dan mudah berbunyi sangat rajin.

Baca Juga  Cara Merawat Hewan

7. Pengkrodongan Burung Kacer

Pengkrodongan Burung Kacer

Dalam metode pengkrodongan Burung Kacer ini bermanfaat untuk membuat sang Burung Kacer akan selalu nyaman di dalam kandang. Tutup kandang Burung Kacer secara rapat dengan menggunakan kain yang berwarna gelap di setiap hari dan di waktu yang serupa. Waktu terbaik dalam mengkrodong kandang burung kacer ialah sekira pukul 11.00 sampai 15.30 dan dimulai lagi pada pukul 18.00 sampai dengan waktu pengembunan selanjutnya.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Burung Kacer Sehingga kalian dapat memahami cara merawat burung Kacer yang baik dan benar dan burung Kacer kamu akan gacor sehingga kamu akan merasa puas bila burung kesayangan kamu berbunyi dengan sangat rajin di saat pagi hari maupun sore hari, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Burung Kacer, Sekian dan terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :