Cara Merawat Burung Lovebird

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –¬† Kalian tentunya pernah mendengar kicauan burung di sekitar rumah ialah hal yang sangat memukau dilakukan di setiap pagi. Apalagi, jika kalian melihat burung yang mempunyai warna dan corak tubuh yang sangat mencolok. Dengan memiliki warna pada bulu yang beragam, burung ini adalah jenis Lovebird sudah menjadi pilihan hampir setiap pecinta burung. Selain telah dinilai mempunytai suara kicauan yang keras, dalam merawat burung Lovebird juga bisa dikategorikan sangat gampang untuk di lakukan.

Selain itu Burung Lovebird juga ialah jenis burung kicau yang sangat banyak diikutsertakan dalam lomba. Hal ini disebabkan memiliki kicauannya yang panjang. Oleh karena itulah, sudah banyak sekali orang yang tergiur dalam memelihara burung lovebird. Tidak harus panjang lebar lagi, berikut merupakan cara dalam merawat burung lovebird biar cepat gacor panjang yang dapat kamu lakukan di rumah jika kamu memiliki burung lovebird juga.

Cara Merawat Burung Lovebird


Kriteria Lovebird Berkualitas

Kriteria Lovebird Berkualitas

Jika kamu mau mempunyai burung Lovebird yang hanya sekadar dipelihara saja, mungkin tidak terlalu banyak dalam pertimbangan yang kamu lakukan saat memilih burung lovebird. Namun hal tersebut sangat berbeda apabila kamu mau menjadikan Burung Lovebird jawara di perlombaan.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi mengenai cara merawat Lovebird yang baik dan benar, berikut ini beberapa kriteria pemilihan Burung Lovebird dari bahan hingga berkualitas yang bisa kamu lakukan untuk burung lovebird kamu.

  • Pilih bakalan Burung Lovebird yang mempunyaii keturunan atau hasil dari induk yang berkualitas atau pernah juara perlombaan.
  • Pilih bakalan Burung Lovebird bermental petarung, di mana gerak-geriknya cukup lincah dan tetap bersuara meskiupun telah berada dalam keadaan tempat yang banyak orang.
  • Sebaiknya kamu pelihara Burung Lovebird yang masih anakan berusia 2,5 sampai 3 bulan supaya lebih gampang untuk dijinakkan dan harganya akan relatif lebih terjangkau.
  • Pastikan Burung Lovebird akan sehat secara fisik dan tidak memiliki cacat sedikitpun. Perhatikan pada bagian seluruh tubuh Burung Lovebird, seperti postur badan, sayap, kepala, kaki, dan bagian terpentingnya.
  • Lebih baik menentukan Burung Lovebird yang jantan dalam ikut lomba hal ini dikarenakan untuk faktor mental dan genetiknya yang lebih mendalam dibanding Lovebird betina.
Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Koi di Aquarium

Cara Merawat Lovebird Agar Gacor

Cara Merawat Lovebird Agar Gacor

Walaupun tidak susah dan terjangkau, buat kita yang belum pernah dalam memelihara Burung Lovebird tetap perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara merawatnya supaya dapat tumbuh menjadi Burung Lovebird yang menarik dan pandai berbunyi. Dengan melalui tahapan-tahapan berikut ini, kamu dapat merawatnya menjadi burung yang gacor.

1. Memilih Kandang Lovebird

Cara Merawat Lovebird Agar Gacor

Sama dengan burung biasanya, kandang merupakan sesuatu hal yang sangat wajib untuk dipunyai untuk burung jenis Lovebird ini. Karena Burung Lovebird merupakan salah satu jenis spesies burung yang gesit, maka sebelum kamu membeli kandang untuk Burung Lovebird yang sesuai buat Lovebird, tentukan terlebih dahulu untuk ukuran dari kandang Burung Lovebird yang akan kamu beli.

Burung Lovebird merupakan jenis burung dengan ukuran yang sedang. Sangat wajib untuk menentukan kandang dengan adanya sekat-sekat kurang dari 1.5 cm. Karena, sekat yang cukup besar bisa membuat burung Lovebird tersangkut di dalam kandang.

Selain sekat, hal yang harus untuk diperhatikan dalam menentukan kandang ialah bentuknya. Menurut dari beberapa dokter hewan, untuk bentuk dari kandang Burung Lovebird akan sangat mempengaruhi psikologis dari Burung Lovebird yang kamu miliki.


2. Bersihkan Kandang Secara Teratur

Bersihkan Kandang Secara Teratur

Ketika kamu telah bisa untuk menentukan kandang Burung Lovebird yang sesuai buat burung Lovebird, tentukan juga agar selalu membersihkan kandang Burung Lovebird tersebut. Karena, kandang burung Lovebird sangat ringkih untuk kotor.

Ada beberapa cara dalam membersihkan kandang Burung Lovebird, ialah sehari sekali atau juga seminggu sekali. Bersihkan sekat kandang Burung Lovebird dengan cara mengelap yang paling tidak sehari sekali dan juga bersihkan sisa-sisa makanan yang masih ada di dalam kandang setelah burung Lovebird tuntas menyantap habis makanannya.

Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Hias auratus Di Akuarium

Cucilah sebanyak seminggu sekali, lalu bersihkan kandang Burung Lovebird secara keseluruhan dengan memakai air yang mengalir. Selain itu membersihkan kandang Burung Lovebird dengan air, cuci hingga bersih juga tempat bertengger pada Burung Lovebird ini. Karena, tempat bertengger burung Lovebird tersebut bisa menyimpan banyak kotoran jika tidak dibersihkan secara baik.


3. Memilih Nutrisi Makanan

Memilih Nutrisi Makanan

Dalam menjaga kesehatan untuk burung Lovebird diharuskan memberi nutrisi dan vitamin yang cocok. Sama seperti dengan kebanyakan burung, burung Lovebird yang memerlukan nutrisi dari buah yang masih sehat.

Burung Lovebird yang ada di pelihara rumahmu akan sangat suka makanan seperti biji-bijian sebagai makanan mereka sehari-hari. Namun, untuk porsi dari biji-bijian yang diberikan kepada burung Lovebird juga perlu diatur dengan takaran yang telah ditentukan, ialah 1 sendok makan dalam sekali pemeberian makan.


4. Melakukan Pemasteran

Melakukan Pemasteran

Burung Lovebird yang akan diikutkan dalam sebuah lomba burung harus melakukan pemasteran supaya suara Burung Lovebird yang dihasilkan akan lebih panjang dan gacor. Hal ini dikarenakan dengan cara menggantung kandang Burung Lovebird di tempat yang sunyi dan memperdengarkan suara dari rekaman suara burung masteran untuk Burung Lovebird.


5. Burung Lovebirds dengan Pasangannya

Burung Lovebirds dengan Pasangannya

Burung Lovebird merupakan jenis burung yang memerlukan kehidupan sosial yang tinggi. Dalam menempatkan burung Lovebird di dalam kandangan, hal tersebut sangatlah weajib untuk dilakukan ialah dengan memasangkan burung Lovebird dengan lawan jenisnya. Menurut dokter hewan percaya jika burung Lovebird bisa mengembangkan rasa keterikatan yang sangat tinggi satu sama lain. Faktor sosial telah menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk kesehatan burung Lovebird tersebut.


6. Proses Pengeraman

Proses Pengeraman

Ketika Burung Lovebird telah memasuki masa pengeraman, maka sebaiknya kamu harus memisahkan antara Lovebird jantan dengan Burung Lovebird betina supayar telur Burung Lovebird akan tetap terjaga dan menetas dengan sempurna.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Mas

Biarkan Burung Lovebird betina berada di dalam kandangnya dengan sendirian supaya melakukan proses pengereman dengan baik. Sebagai gantinya, kamu dapat menaruh Burung Lovebird jantan pada satu kandang yang serupa dengan betina lain supaya dapat memasuki masa pengawinan berikutnya.


7. Rutin Cek ke Dokter Hewan

Rutin Cek ke Dokter Hewan

Walaupun kamu berpendapat bahwa burung Lovebird punya kamu tinggal dengan nyaman dalam kandangnya, ada bagusnya supaya teratur memerikasa kondisi dari Burung Lovebird.

Setidaknya 6 bulan sekali, pergilah ke dokter hewan dengan burung Lovebird punya kamu. Ada beberapa hal yang harus kamu pahami juga jika burung Lovebird dalam kondisi kurang sehat, ialah burung Lovebird mulai bertengger dengan menggunakan satu kaki saja.

Hal ini mengisyaratkan bahwa burung jenis Lovebird yang kamu miliki dalam kondisi yang tidak bugar. Oleh karena itu, harus rutin untuk pengecekan ke dokter hewan agar dapat menghindari Burung Lovebird kamu untuk sakit.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Burung Lovebird Sehingga kalian dapat memahami cara merawat Burung Lovebird yang baik dan benar dan burung Lovebird kamu akan gacor sehingga kamu akan merasa puas bila burung kesayangan kamu berbunyi dengan sangat rajin di saat pagi hari maupun sore hari, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Burung Lovebird, Sekian dan terimakasih.


Baca Juga :