Cara Merawat Burung Kutilang

Diposting pada

Anekabudidaya.ComBurung kutilang dikenal sebagai salah satu jenis burung kicau yang biasanya dimiliki. Walau burung kutilang jarang diikutsertakan dalam sebuah perlombaan, karena burung kutilang dinilai memiliki kicauannya masih kalah dibanding jenis burung lain sehingga jarang sekali burung kutilang untuk diikut sertakan dalam sebuah perlombaan oleh pecinta burung mania.

Meskipun begitu buat sekadar hewan untuk peliharaan di rumah, maka kamu dapat melatih burung kutilang kamu supaya bisa menghasilkan suara yang menarik untuk didengar. Asalkan tentu dengan cara penanganan dan perawatan burung kutilang yang benar tentunya. Penasaran proses cara merawat burung kutilang supaya memiliki suara yang merdu dan kualitasnya optimal.

Cara Merawat Burung Kutilang


Cara Merawat Burung Kutilang

Burung Kutilang merupakan salah satu untuk jenis burung kicau yang tergolong ke dalam suku Pycnonotidae. Burung Kutilang mempunyai postur ukuran tubuh yang kecil dengan bobot badan 23 sampai 42 gram dan panjang 18 sampai 19,5 cm. Secara garis besar dalam memelihara burung kutilang dapat kalian lakukan dengan gampang. Namun buat hasil yang optimal, seperti suaranya sangat merdu dan gacor, pastinya kamu harus melakukan penanganan secara intensif. berikut ini beberapa cara dalam merawat burung kutilang yang harus diperhatikan supaya menghasilkan suara burung kicau yang merdu pastinya.

1. Jinakkan Kutilang Liar

Jinakkan Kutilang Liar

Bila kalian mempunyai dana yang minim, mempunyai burung kutilang yang masih liar akan menjadi salah satu cara yang umumnya untuk dipilih. Untuk Harga burung kutilang yang ombyokan sangat terjangkau, dapat berkisar Rp10 sampai 25 ribuan per-ekor. Sayangnya Burung Kutilang masih mempunyai perilaku yang liar dan sering berusaha untuk keluar dari kandang dan memerlukann waktu untuk dapat menjinakan Burung Kutilang tersebut.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Besar

Cara untuk menjinakkan kutilang yang masih liar bisa kamu lakukan dengan cara membiarkannya Burung Kutilang tersebut untuk meberontak di dalam kandangnya dan tunggu sampai Burung Kutilang akan kelelahan dengan sendirinya. Berikutnya baru kita dapat berikan Burung Kutilang makanan dan minuman suoaya dapat tercipta ketergantungan antara burung kutilang dengan manusia sebagai pemiliknya.


2. Merawat Burung Kutilang Anakan

Merawat Burung Kutilang Anakan

Dibanding dengan memelihara burung kutilang yang masih liar dan dewasa, kebanyakan pemilik Burung Kutilang lebih memilih dengan merawat burung kutilang yang masih anakan. Bahkan kalau bisa yang baru menetas dari telurnya, Cara untuk merawat Burung Kutilang yang masih kecil dapat dilakukan supaya menghindari burung akan mengikuti suara sang induknya. Terlebih lagi sang induk Burung Kutilang telah dianggap mempunyai suara yang kurang indah. Anak burung kutilang yang telah dipisahkan dari sang induknya pastinya akan memerlukan sebuah perhatian yang ekstra, terutama untuk soal pemberkan makan yang belum mereka peroleh secara sendiri.


3. Jauhkan dari Burung Kutilang Liar

Jauhkan dari Burung Kutilang Liar

Sama seperti dengan menjauhkan anak burung kutilang dari sang induknya, hal ini juga sebaiknya dapat dilakukan supaya suara Burung Kutilang yang akan dihasilkan nantinya akan cantik dan sesuai dengan yang kamu harapkan. Sebaiknya juga dalam memelihara burung kutilang di tempat yang sepi dan jauh dari kerumunan. Berikan sebuah perhatian pada saat memberinya makan, suoaya burung kutilang yang jinak akan mematuhi pemeliharanya.


4. Makanan Kutilang

Makanan Kutilang

Makanan untuk burung kutilang yang masih liar biasanya berupa biji-bijian, buah-buahan, maupun serangga, karena untuk jenis burung ini sering berkeliaran di sekitar area perladangan. Selain makanan voer yang telah diformulasi dengan memiliki kandungan vitamin dan mineral, Kalian harus Pintar juga dalam memberikan asupan makanan tambahan layaknya pada saat mereka di alam yang bebas. Buat buah-buahan, kamu dapat memberikannya buah pepaya maupun pisang yang mempunyai tekstur yang sangat lembut dan gampang untuk dicerna oleh Burung Kutilang. Sementara buat jenis serangga, kamu dapat memberikannya dengan ulat hong kong, jangkrik, atau kroto segar yang dapat diberikan secukupnya dalam beberapa hari.

Baca Juga  Car Memelihara Ikan Koi

5. Mengganti Air Minum Secara Rutin

Mengganti Air Minum Secara Rutin

Kalian juga perlu untuk menyediakan sebuah air minum pada tempat yang telah disediakan supaya dapat memperlancar pada sistem pencernaan sekaligus untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan lancar. Jangan lupa juga supaya rajin untuk mengganti air minum dalam sehari sekali. Hal ini agar tetap menjaga kebersihannya kandang, karena tak jarang burung kutilang juga memakai air ini sebagai tempat mandi Burung Kutilang.


6. Dengarkan Suara Burung Kutilang Master

Dengarkan Suara Burung Kutilang Master

Hal terpenting lain dalam merawat burung kutilang, terlebih jika kamu mau menghasilkan burung kicau yang merdu dan ngekek secara panjang ialah dengan melatihnya dengan burung kutilang master. Burung kutilang master ialah jenis kutilang yang mempunyai suara yang merdu. Yang mana diwajibkan anakan kutilang yang kamu pelihara akan berusaha untuk mengikutinya.

Jika kesusahan dalam cara menemukan burung kutilang master, sebagai cara alternatif maka kamu dapat memperdengarkan suara kicauan burung kutilang dengan cara memakai sebuah rekaman dengan melalui smartphone atau alat untuk pemutar musik. Lakukan ini dengan secara rajin di saat pagi dan sore hari setelah memberinya makan untuk burung kutilang. Kamu juga dapat beri stimulus berupa jentikan jari maupun siulan supaya mengajak burung kutilang dapat berkicau dengan merdu.


Mitos Memelihara Burung Kutilang

Mitos Memelihara Burung Kutilang

Dari berbagai macam jenis burung kutilang yang biasanya untuk dipelihara, nama untuk burung kutilang emas (Pycnonotus melanicterus) jadi yang paling terkenal sekaligus dengan harganya yang masih tinggi di pasaran. Ada juga beberapa mitos dalam memelihara burung kutilang emas, seperti bisa mendatangkan sebuah rezeki yang berlimpah dan pembawa keberuntungan untuk pemiliknya. Selain itu burung kutilang emas juga telah dipercaya sebagai hewan pelindung dari hal-hal yang buruk. Termasuk supaya pemiliknya selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari segala penyakit yang akan menimpahnya.

Baca Juga  Cara Ternak Kroto

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Burung Kutilang Sehingga kalian dapat memahami cara merawat burung Kutilang yang baik dan benar dan burung Kutilang kamu akan gacor sehingga kamu akan merasa puas bila burung kesayangan kamu berbunyi dengan sangat rajin di saat pagi hari maupun sore hari, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Burung Kutilang, Sekian dan terimakasih.


Baca Juga :