Cara Merawat Ikan Arwana

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Dalam memelihara ikan hias menjadi salah satu hobi tersendiri buat banyak orang. Selain karena bentuknya yang menarik dan cantik untuk dipandang, memelihara ikan hias juga cenderung gampang untuk dilakukan. sudah begitu banyak macam ikan hias yang dapat kamu tentukan untuk jadi koleksi peliharaan kamu di rumah.

Buat sebagian orang dalam memelihara ikan hias bahkan menjadi suatu trend hidup di mana semakin melambung dan langka ikan hias yang dia pelihara maka akan semakin tinggi untuk nilai seseorang di mata sesama pencinta ikan hias tersebut. Maka sudah tidak heran lagi apabila kemudian hari sudah banyak orang yang rela untuk merogoh kocek lebih dalam hingga puluhan juta hanya untuk membeli ikan hias. Dalam hal ini ikan yang dimaksudkan adalah jenis Ikan Arwana menjadi salah satu jenis ikan hias yang dibanderol dengan cukup mahal hingga puluhan juta bahkan sampai ratusan juta jika Ikan Arwana tergolong ikan yang memiliki warna yang indah untuk dilihat.

Cara Merawat Ikan Arwana

Cara Merawat Ikan Arwana

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam memelihara Ikan Arwana ialah dengan cara memilih makanan yang sesuai sehingga perkembangan Ikan Arwana dan kesehatannya akan tetap terjaga dengan baik. Selain mencari tahu untuk harga ikan arwana, sebelum memelihara kamu juga harus tahu jenis makanan sampai dengan perawatannya supaya Ikan Arwana yang kamu pelihara tetap hidup dengan baik.

1. Perisapan Akuarium

Perisapan Akuarium

Cara merawat ikan arwana yang pertama ilah dengan mempersiapkan akuariumnya terlebih dahulu, pastikan akuarium Ikan Arwana mempunyai panjang yang sesuai denga Ikan Arwana yang kamu miliki. sehingga Ikan Arwana kamu tidak akan kesempitan jika kamu menggunaka akuarium yang lebih besar dari ukuran Ikan Arwana milik kamu.

Baca Juga  Cara Budidaya Belut

2. Perhatikan Kualitas Air

Perhatikan Kualitas Air

Cara dalam memelihara ikan arwanaselanjutnya dengan cara memperhatikan kualitas air yang akan digunakan untuk Ikan Arwana. Parameter kualitas air buat ikan arwana sangat dibutuhkan terutama untuk suhu dan pH di dalam akuarium. Suhu yang terdapat di dalam akuarium sebaiknya berkisar antara 27- 29oC dan pH berkisar antara 6,5 sampai 7,5. Penggantian air dapat dilakukan sebanyak 30 sampai 34% dari total volume akuarium milik kamu.

3. Pilih Induk yang Berkualitas

Pilih Induk yang Berkualitas

Berikutnya, ilah dengan memilih indukan yang berkualitas. Penyeleksian untuk induk ikan arwana perlu diperhatikan ras murni, dalam bentuk morfologi, usia induk, berat badan serta kesehatannya. Induk yang berkualitas bisa dilihat dari tingkat kematangan gonadnya.

Ciri-ciri induk betina yang sudah matang gonad ialah terlihat dari perut mulai turun, pada usus akan menjadi lebar dan warnanya akan berubah menjadi cerah pada saat di dalam akuarium, jika dilihat dari perilaku induk betina Ikan Arwana ilah kepala betina Ikan Arwana akan menghadap ke atas (menganga) sedangkan pada induk jantan yang sudah matang gonad ialah nafsu makan yang berkurang bahkan tidak mau makan dan warna tubuhnya akan lebih cerah dari biasanya.

4. Pemberian Pakan

Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan dalam proses pemijahan Ikan Arwana ada empat jenis ialah dengan memberi jangkrik, ulat Hongkong, udang beku yang sudah dikuliti (skinless) dan katak dalam keadaan yang masih hidup. Sebab pakan yang masih hidup adalah jenis pakan utama buat ikan arwana sebagai ikan karnivora.

5. Proses Pemijahan Alami

Proses Pemijahan Alami

Teknik dalam pemijahan Ikan Arwana secara alami dengan keadaan akuarium yang sedemikian dengan habitat aslinya. Ikan arwana yang akan memijah bisa dilihat dengan cara berenang yang berpasangan dan memisahkan diri dari kelompok, umumnya akan ditunjukkan dengan ciri-ciri berenang di area pinggir akuarium saja.

Baca Juga  Cara Merawat Anak Kucing

Pasangan yang sudah berenang secara berduaan akan saling menjaga satu sama lain. Untuk Induk yang telah berpasangan akan melawan jika ada induk lain yang akan mengganggu atau mendekat. Proses pemijahan tidak berlangsung dengan begitu saja, harus adanya daya rangsang dari luar seperti dibantu untuk pemijahan oleh sang pemilik hal ini sangat mempengaruhi rangsangan sang induk betina agar dapat melepas telur. Suhu yang optimal untuk arwana memijah adalah 27oC.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Ikan Arwana yang baik dan benar semoga dengan dibuat artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya, dan menjadikan ikan peliharaan kalian dapat tumbuh dengan sehat dan memiliki warna yang menarik untuk dapat di lihat, mungkin itu saja yang dapat saya sapaikan, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Linnya :