Cara Merawat Ikan di Akuarium Agar Cepat Besar

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Memiliki sebuah akuarium di rumah dengan adanya ikan-ikan di dalamnya yang sehat akan memberikan kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. buat kalian yang mau mempunyai akuarium dengan adanya ikan-ikan yang sehat, Karena Ikan itu menarik dan tentunyaa merupakan hewan peliharaan yang sangat menyenangkan untuk dimiliki. Dalam memelihara ikan pastinya merupakan pengalaman yang menyenangkan dari merawat binatang lainnya.

Untuk kalian yang ingin mengetahui cara merawat ikan yang baik dan benar sekaligus bisa membuat ruangan rumah kalian terlihat lebih cantik dan terang dengan makhluk lucu yang berenang di dalamnya. Walaupun ikan tidak terlalu mernyusahkan dibandingkan dengan jenis hewan lainnya, hal itu tidak akan menjadikan mereka hewan peliharaan yang kurang untuk dipelihra di rumah kalian.

Cara Merawat Ikan

Cara Merawat Ikan

Walau hidup di dalam air dan tidak akan memakan tempat di ruangan, kamu perlu untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya yang baik dan benar. Umumnya, jika salah dalam menempatkan di air, atau terlalu banyak diberikan makanan, maka ikan yang kamu pelihara akan mudah mati dengan begitu saja.

1. Pilih Jenis Ikan

Pilih Jenis Ikan yang Mudah Dirawat

Jika kalian baru ingin belajar dalam memulai memelihara ikan, maka pilihlah jenis-jenis ikan hias air tawar yang gampang untuk dirawat dirumah kalian. Jenis ikan peliharaan yang paling terkenal dan gampang untuk dirawat antara lain adalah ikan cupang, ikan mas koki, ikan guppy, angelfish (manfish), dan lain-lain.

Karena ikan mas dan cupang sangat terkenal ialah karena mereka bisa hidup di suhu air yang tidak memerlukan banyak penyesuaian dengan iklim tropis yang ada di Negara Indonesia. Ikan-ikan tersebut juga bisa mentolerir beberapa variasi kimiawi air dibandingkan dengan jenis ikan lain yang lebih sensitif terhadap air, fisiknya juga lebih kuat, dan untuk pemberian makanannya juga tergolong gampang untuk didapatkan.

Baca Juga  Cara Ternak Tikus Putih

2. Siapkan Akuarium

Siapkan Akuarium

Cara merawat ikan berikutnya ialah dengan cara menyiapkan akuarium dan peralatan yang terbaik buat ikan peliharaan kamu nantinya. Pada saat pertama kali kalian menyiapkan akuarium, kalian harus  mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam akuarium. Prosesnya dapat memakan waktu 3 samapai 7 minggu, dan berikut cara untuk memulainya:

  • Siapkan dan isi akuarium menggunakan air. Jangan tambahkan ikan terlebih dahulu. Jalankan filter di dalam akuarium setidaknya selama 24 jam nonstop supaya dapat memastikan bahwa semua peralatan berfungsi dengan lancar.
  • Perkenalkan dari beberapa ikan kecil dan kuat seperti ikan zebra atau ikan guppy. Jumlah untuk ikan akan tergantung pada ukuran akuarium yang kamu miliki.
  • Seiring berjalannya waktu, bakteri yang menguntungkan akan masuk dan menyeimbangkan kimiawi di akuarium. Setelah air telah sipa, maka kamu sudah bisa memasukan ikan dengan perlahan-lahan memperkenalkan ikan baru.

3. Kenali Kebutuhan Ikan

Kenali Kebutuhan Ikan

Cara merawat ikan di akuarium berikutnya ialah dengan cara mengenali keperluan etiap ikan. Perlu kamu ketahu, keperluan ikan sangat berbeda-beda tergantung dengan jenis ikan yang kamu pelihara. Namun, biasanya yang harus untuk diperhatikan ialah keperluan makanan, air, filtrasi, dan suhu yang stabil. Bergantung pada jenis ikan yang kalian rawat dirumah, kalian membutuhkan sebuah akuarium yang  sedang untuk mendukung pertumbuhan ikan dengan baik, dengan pompa udara, dan filter air yang berjalan dengan baik.

4. Memperhatikan Makanannya

Memperhatikan Makanannya

Cara merawat ikan berikutnya dengan cara memperhatikan makanannya. Ikan tidak mempunyai perut, jadi mereka tidak akan pernah tahu kapan harus berhenti untuk makan. Pada saat kamu memberi makan ikan, maka beri makan hanya sebanyak yang dia makan dalam 2 sampai 3 menit saja dalam sekali atau hanya dua kali sehari. Beberapa jenis ikan, seperti ikan mas, hanya boleh diberi makan sebanyak yang mereka dapat makan dalam 1 menit, sedangkan untuk jenis ikan lainnya dapat saja mempunyai porsi yang tidak sama dengan jenis ikan yang saya sebutkan tadi.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Nila

Jika kamu telah memberi makan ikan secara berlebihan ialah salah satu kesalahan paling biasa yang dilakukan oleh pemilik ikan. Dalam memberi makan ikan makanan yang kering dan beku umumnya dilakukan akan lebih aman daripada yang masih hidup, karena bisa menghilangkan risiko penularan penyakit yang akan terkena ikan milik kamu.

5. Bersihkan Akuarium

Bersihkan Akuarium

Cara merawat ikan lainnya ialah tentu dengan cara membersihkan akuarium dengan secara rajin, Air dan akuarium yang telah menjadi kotor akan berakibat buruk untuk ikan karena bisa dengan cepat terserang oelh penyakit yang tidak kita inginkan. Akuarium yang kotor juga tidak enak untuk dipandang, sehingga akan mengurangi keindahannya. Dalam membersihkan akuarium sebetulnya bukanlah proses yang sangat susah untuk dilakukan

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang simpel dlaam membersihkan akuarium yang dapat kalaian praktikan sendiri akuarium milik kamu:

  • Pindahkan ikan ke dalam tangki atau ember sementara ikan milik kamu.
  • Kuras sampai ¾ air akuarium, wajib untuk menyisakan air supaya bakteri baik tidak seluruhnya akan terbuang.
  • Lap kaca akuarium sampai benar-benar bersih.
  • Isi ulang tangki dengan air yang baru, tambahkan water conditioner bila di haruskan.
  • Masukkan kembali ikan ke dalam akuarium dengan secara perlahan-lahan.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Ikan di Akuarium Agar Cepat Besar yang baik dan benar semoga dengan dibuat artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya, dan menjadikan ikan peliharaan kalian dapat tumbuh dengan sehat dan memiliki warna yang menarik untuk dapat di lihat, mungkin itu saja yang dapat saya sapaikan, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Linnya :

Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Hias auratus Di Akuarium