Cara Merawat Kelinci

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Kelinci adalah salah satu bintang yang banyak di minati untuk dipelihara. Banyak orang yang telah memelihara kelinci karena menggemaskan. Selain imut dan menggemaskan, kelinci juga adalah suatu binatang yang menarik. Kelinci mempunyai beberapa keperluan supaya bisa selalu sehat dan berumur yang cukup panjang.

Oleh karena itu, untuk pengetahuan terkait dengan cara merawat kelinci dengan benar pastinya memerlukan ketekunan yang extra. Hal ini karena dalam merawat kelinci tidak lah gampang yang kamu pikirkan. jika kamu tetap ingin memelihara kelinci maka kamu harus menhetahui terlebih dahulu dalam merwat kelinci yang baik dan benar.

Cara Merawat Kelinci


Cara Merawat Kelinci

Biasanya usia kelinci bisa mencapai 5 sampai 10 tahun bahkan dapat lebih. Banyak orang yang menentukan hewan kelinci sebagai hewan peliharaannya karena sangat lucu dan juga berbulu sangat lembut. dalam memeliharanya, pastinya kamu harus dapat mengetahui berbagai keperluan yang di butuhkan.

1. Memilih Kandang Kelinci

Memilih Kandang Kelinci

Sebelum kamu akan mulai dalam memelihara kelinci, baiknya kamu harus menyiapkan tempat tinggal maupun kandang yang pantas. Harus kamu ketahui bahwa kelinci lebih tenang jika tinggal di dalam ruangan daripada di luar ruangan. Apabila kamu mau meletakkan kelinci di dalam kandang, pastikan kandang tersebut telah mempunyai ruang gerak yang gampang untuk kamu pindahkan.

Selain itu, jangan lupa agar dapat melapisi lantai dengan menggunakan kardus dan bahan lainnya. Kelinci yang ditaruh di kandang perlu untuk dikeluarkan selama beberapa jam setiap harinya. Hal ini bermaksud supaya kelinci bisa berolahraga, berlari dan melompat.

Baca Juga  Cara Budidaya Belut Dalam Kolam

2. Menyiapkan Kotak Kotoran Kelinci

Menyiapkan Kotak Kotoran Kelinci

Saat kamu akan memelihara kelinci, jangan lupa supaya menyiapkan kotak kotoran kelinci. Hal ini karena kelinci mempunyai kecenderungan yang alami dalam buang air kecil dan besar di satu area tertentu. Kamu bisa menggunakan kotak kotoran kucing berukuran sedang atau tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan atau air yang telah kamu sediakan. Kelinci suka menghabiskan waktu dalam bersantai di kotak kotorannya. Maka, pastikan kamu untuk menyiapkan kotak kotoran yang cukup besar sehingga kelinci akan betah berada di dalam kotak yang kamu sedikan.


3. Makanan Kelinci

Makanan Kelinci

Sebagai pemelihara seekor kelinci, sudah menjadi suatu kepentigan dalam memperhatikan makanannya. Kelinci mempunyai sistem pencernaan yang kompleks, sehingga sangat penting dalam memperoleh asupan makanan yang tepat.

Kamu bisa untuk menyiapkan beberapa makanan untuk kelinci seperti :

  • Rumput jerami. Rumput jerami diketahui bisa menolong sistem pencernaan kelinci dan menyediakan serat yang dibutuhkan.
  • Sayuran. Sayuran yang berdaun hijau gelap diperlukan untuk kelinci dewasa dalam memenuhi nutrisinya. Kamu bisa memberi peterseli, selada dan ketumbar, dan lainnya. Perkenalkan kelinci dengan menggunakan sayuran baru dengan jumlah sedikit terlebih dahulu.
  • Buah dan Camilan. kamu bisa memberikan camilan pada kelinci berupa apel tanpa batang dan biji, pepaya, blueberry, stroberi, pir, melon, persik dan prem.

4. Pelihara Lebih dari Satu Kelinci

Pelihara Lebih dari Satu Kelinci

Dalam merawat kelinci berikutnya adalah dengan cara tidak membiarkan kelinci dapat hidup sendiri. Sebagai makhluk hidup, pastinya kelinci akan lebih bahagia ketika mempunyai suatu pasangan daripada hidup sendirian. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu harus pertimbangkan dalam memelihara kelinci sepasang. Jangan lupa supaya selalu memperhatikan dan mengawasi kelinci peliharaan kamu dengan secara rutin.

Baca Juga  Cara Merawat Kura-Kura

5. Cara Memegang Kelinci

Cara Memegang Kelinci

Dalam memegang kelinci tidak boleh dilakukan dengan secara sembarangan. Cara dalam memegang kelinci yang baik adalah dengan cara mengangkat dengan secara hati-hati dengan menggunakan kedua tangan dan bawa ke tubuh kamu.

Jangan untuk memaksa dengan mengangkat perut, jangan mengangkat kelinci dengan memegang telinganya dan jangan membiarkan tubuh kelinci akan menggantung secara bebas. Hal tersebut pastinya bisa menyakiti kelinci. Pegang kelinci dengan benar dengan secara hati-hati supaya kelinci bisa nyaman dan terhindar dari sakit yang akan di rasakan.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Kelinci yang baik dan benar dengan kalian merawat Kelinci yang benar penuh dengan ketekunan maka Kelinci yang kamu pelihara akan sehat selalu dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan artikel Cara Merawat Kelinci, Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :