Cara Merawat Hamster

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Untuk memahami cara merawat hamster sebelum menentukan untuk memeliharanya pastikan dibutuhkan supaya hamster bisa hidup dengan baik dan sehat dan berumur cukup lama. Hewan yang imut ini umumnya juga menjadi salah satu opsi dalam peliharaan pertama bagi Si Kecil yang baru belajar dalam merawat binatang.

Salah satu hewan peliharaan terkenal di dunia ialah hamster. Di Negara  Indonesia, hamster umumnya dapat dijunpai di toko hewan dengan harga yang relait murah tergantung pada jenis dan kelangkaannya. Hamster masih masuk ke dalam jenis hewan pengerat dan umumnya lebih aktif pada saat malam hari berlangsung.

Hamster juga herbivora, yang artinya hanya dapat mengonsumsi makanan dari tumbuhan. Cara dalam merawat hamster sebenarnya tidak terlalu susah untuk dilakukan karena untuk ukurannya yang cenderung kecil dan sumber makanannya gampang untuk ditemukan. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam merawat hamster yang baik dan benar.

Cara Merawat Hamster


Cara Merawat Hamster

Walaupun termasuk hewan yang tidak gampang untuk sakit, apabila cara dalam merawat hamster kurang efektif maka hamster dapat di pastikan akan mati dengan cepat. Untuk umur hamster biasanya sekitar 2 sampai 8 tahun tergantung untuk jenis dan kesehatannya. Melakukan dalam cara merawat hamster yang benar pastinya akan memperpanjang usianya. Berikut merupakan beberapa cara dalam merawat hamster supaya tidak mudah mati yang dapat kalian dan praktekan.

1. Pilih Kandang

Pilih Kandang Hamster

Hamster memerlukan sebuah rumah yang nyaman dalam menjelajah dan merasa tenag. Berikan kandang dengan banyak jenis warna, tabung, aksesori, dan tambahan lain agar dapat membuat habitat mereka menarik. Tentukan alas yang dapat mereka gali, dan pastikantentuka untuk memberikan botol air dengan ukuran yang tepat seperti botol air yang tidak bisa dikunyah oleh hamster.

Baca Juga  Cara Budidaya Kura-Kura Brazil

2. Letakkan Kandang Hamter Yang Aman

Letakkan Kandang Hamter Yang Aman

Seperti halnya dengan banyak hewan kecil, penempatan sangat penting untuk hewan peliharaan. Letakkan rumah hamster di dekat ruang keluarga, tetapi jangan di tengah keramaian. Mereka akan terhibur dengan suara penghuni rumah sehari-hari, tetapi akan merasa stres oleh suara keras dan banyak keriuhan tepat di luar kandang mereka.


3. Tutupi Kandang Hamster

Tutupi Kandang Hamster

Pada saat kamu akan membawa pulang hamster baru, hamster pasti memerlukan adaptasi secara khusuh. Beri mereka ruang dalam mengenal habitat baru mereka selama beberapa waktu, tanpa adanya gangguan. Salah satu caranya adalah dengan meletakan kain tipis di atas kandang hamster. Jangan takut untuk melepas bagian penutup ini jika kamu hendak mengajak hamster bermain.


4. Memberi Pakan Hamster

Memberi Pakan Hamster

Hamster juga dapat diberi makanan normal mereka sehari-hari, cobalah untuk memberikan mereka sedikit wortel, labu, brokoli, mentimun, apel, pir, atau beri. Tanyakan kepada dokter hewan juga tentang makanan terbaik untuk hamster akan masa perkembangan mereka yang lebih baik.


5. Bersihkan Kandang Hamster

Bersihkan Kandang Hamster

Kandang yang sellau bersih dan nyaman akan dapat menghindarkan hamster menjadi stres. Namun, untuk melakukan sewajarnya saja dan lakukan cara tersebut dengan secara tekun karena terlalu banyak dalam membersihkan kandang juga bisa bikin hamster akan merasa terganggu.

Alangkah lebih bagus jika kamu membersihkan kandang pada area toilet untuk setiap hari, dengan mengganti alas sesuai dengan keperluanny, membersihkan pada tempat makan di setiap pekannya, membersihkan botol airnya setiap pekannya, dan membersihkan seluruh kandangnya setiap pekannya. Setiap minggu atau dua minggu sekali, ambillah sabun dan air dan seka seluruh isi kandang hamster. sehingga kesehatan hamster peliharaan kamu selalau terpantau dengan baik.

Baca Juga  Cara Merawat Ikan Guppy

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Hamster yang baik dan benar dengan kalian merawat hamster yang benar penuh dengan ketekunan maka hamster yang kamu pelihara akan sehat selalu dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan artikel Cara Merawat Hamster, Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :