Cara Merawat Kucing

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Untuk salah satu manfaat yang dapat kamu lakukan dari memelihara hewan peliharaan ialah untuk kesehatan mental kamu dapat terjaga. Salah satu jenis hewan yang dapat kamu jadikan sebagai peliharaan ialah binatang kucing. Cara untuk merawat kucing ada banyak yang dapat kamu lakukan. Mulai dari menyediakan makan, merawat bulu dan anggota tubuh kucing, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Sikapnya yang menggemaskn memang menjadi daya tarik tersendiri buat yang memeliharanya. Bukan hanya itu, kucing juga memiliki sifat sangat lembut dan manja sampai sangat pantas untuk dijadikan teman sehari-hari di rumah kalian.

Terdapat beberapa cara dalam merawat kucing yang harus kamu perhatikan. Mulai dari pemberian makanan dan minum yang sesuai, sarana pembersihan kotoran yang mendukung, menjaga kebersihan kucing, sampai dengan memeriksakan kucing ke dokter hewan jika kucing mengalami gangguan pada kesehatan. Beberapa cara ini untuk merawat kucing ini tidak lain sebagai sebagai bentuk tanggung jawab yang harus kamu lakukan bagi siapa saja yang berkomitmen untuk memelihara kucing di rumah kalian.

Cara Merawat Kucing Yang Benar


Cara Merawat Kucing Yang Baik dan Benar

jika Anda mempunyai rencana atau telah memelihara kucing saat ini, beberapa cara dalam merawat kucing dengan baik dan gampang berikut harus untuk disimak. berikut ini kami merangkum beberapa cara dalam merawat kucing dengan secara lengkap untuk kamu lakukan.

Baca Juga  Cara Budidaya Cacing Sutra

1. Meriksa Kesehatan Kucing

Meriksa Kesehatan Kucing

Tujuan dengan medical check up supaya dapat mengetahui kesehatan pada kucing kesayangan kamu dengan secara umum dan mencegah penularan penyakit zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya), Sehingga kucing kesayangan kamu tidak akan teserang oleh penyakit yang tidak kamu inginkan.


2. Beri Makanan Yang Sehat

Beri makanan yang sehat

Bagi para pemula, pilihlah nutrisi yang tepat sesuai dengan keperluan kucing. Anak kucing yang berusia kurang dari 4 bulan sangat memerlukan sumber protein sebesar 34 persen, untuk lemak 18 persen dan karbohidrat 22,6 persen. “Kucing yang berusia 4 sampai 12 bulan sangat memerlukan protein yang lebih tinggi sebesar 36 persen yang di butuhkan oleh kucing.


3. Sediakan Alat Tempat Pakan Dan Minum

Sediakan mangkok atau tempat pakan dan minum

Dalam untuk merawat kucing untuk para pemula, harus dapat menentukan mangkuk yang terbuat dari bahan yang gampang untuk dibersihkan dan tidak dapat menyerap bau seperti stainless steel, sehingga kucing akan nafsu makan dan bakteri juga enggan menempel pada mangkuk tersebut.


4. Sediakan Litter Box Dan Pasir

Sediakan litter box dan pasir

Supaya pemilik kucing dapat menentukan pasir yang berkualitas baik yaitu gampang untuk menggumpal, gampang dibersihkan dan wangi. “Satu box litter untuk satu ekor kucing, dalam pemakaian box litter, yang di perlukan.


5. Sisir Rambut Kucing Secara Teratur

Sisir rambut kucing secara teratur

Meski terkadang sangat sepele, namun menyisir rambut kucing harus kamu lakukan. Supaya rambut kucing yang pendek dapat disisir dalam kurun waktu seminggu sekali. Sedangkan untuk kucing yang memiliki rambut panjang dapat disikat sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu.


6. Memandikan Kucing

Memandikan kucing

Hal juga sangat penting untuk melakukan dengan memandikan kucing, kucing perlu mandi sehingga kucing jauh dari penyakit dan terbebas dari kutu yang dapat menggangu pada kesehatan kucing itu sendiri, sehingga kamu akan sangat menyenangkan dalam memerlihara kucing kesayangan kamu di rumah.

Baca Juga  Cara Ternak Burung Jalak Suren

7. Memotong Kuku Kucing Secara Rutin

Potong kuku kucing secara teratur

Pada bagian Kuku kucing harus kamu potong dalam kurun waktu 2 minggu sekali supaya kuku tidak terlalu panjang, tahan patah dan mudah robek, dan kucing tidak dapat menyakiti dirinya sendiri dengan menggunakan kukunya yang panjang.


8. Siapkan Kandang Kucing

Siapkan kandang Kucing

Hal yang wajib untuk kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menyiapkan kandang kucing kesayangan kamu, dalam merawat kucing sehingga kucing kamu dapat tidur dengan nyaman dan pastinya akan selalu sehat terus.


9. Vaksinasi Kucing

Vaksinasi Kucing

Dalam memeberikan vaksinasi harus kamu lakukan supaya dapat menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus. Jenis vaksinasi yang diperlukan untuk kucing adalah vaksin feline panleukopenia virus (FPV), feline herpes virus type 1 (FHV 1), feline calicivirus (FCV), feline rhinotracheitis, Chlamydia, feline infectious peritonitis dan rabies,  sehingga kucing akan terbebas dari penyakit yang akan menyerangnya.


10. Lakukan Pemberian Obat Cacing

Dalam merawat kesehatan kucing, harus diberi tambahan obat cacing yang dapat kamu lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam setahun, hal tersebut untuk meminimalisir kucing kesayangan kamu akan terkena cacingan yang berakibat pada kucing yang akan menurun nafsu makan dan perlahan akan mengurus untuk postur tubuhnya, dan jika hal ini dibiarkan dalam jangka yang cukup lama, maka kucing kesayangan kamu akan mati.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Kucing yang baik dan benar, semoga dengan dibuatnya artikel ini dapat bermafaat untuk kalian semua, yang secara khsusus sedang memelihara kucing binatang kesayanga kalian, semoga kucing kalian dapat selalu sehat terus dan maki cantik dan makin menggemaskan, Itu saja yang dapat saya sampaikan Sekian dan terimakasih.

Baca Juga  Cara Merawat Kucing Persia

Baca Artikel Lainnya :