Cara Merawat Burung Merpati Kolong

Diposting pada

Anekabudidaya.ComCara ini sangat simpel dan telah banyak para penghobi yang menerapkan untuk jenis burung merpati pada saat akan diikut lombakan. dalam halnya seperti perawatan harian saja melainkan perawatan pada saat akan di lombakan juga, diharuskan dalam perawatan dilakukan dengan sebaik -baik mungkin supaya burung akan jadi Vit atau menjadi segar.apa lagi untuk burung kita ini terbilang sangat bagus jika melakukan perawatannya kurang benar untuk diterapkan kinerja untuk burung merpati akan tidak maksimal bila saat terbang nanti.

Merawat Burung Merpati dengan baik dari segi perawatan harian sampai saat akan diperlombakan sehingga akhirnya Burung Merpati tersebut sangat memuskan bagi pemiliknya. apalagi jenis Burung Merpati kolong dalam perawatan harus dilakukan denga cara yang benar agar burung merpati kolong dapat terbang tinggi dan mencapai garis finish dengan melewati kolong yang telah di sediakan oleh panitia, hal ini sangat dianjurkan karna sebagus-bagusnya merpati kolong kalau perawatannya kurang maksimal atau burung tersebut tidak prima maka burung merpati tersebut akan kalah dengan burung yang prima yang kualitasnya burung sama sepadan.

Maka dari itu untuk merawat burung merpati kolong yang akan di ikut lombakan atau dalam perawatan harian sangatlah wajib untuk dilakukan supaya burung Burung Merpati Kolong tersebut prima dan kinerjanya dapat optimal maka dengan melalui perawatannya juga harus benar dilakukan dengan baik.

Burung Merpati Kolong


Cara Merawat Burung Merpati Kolong

Cara untuk merawat Burung Merpati Kolong perlu kamu lakukan dengan benar-benar jika merpati yang kamu miliki akan di jadikan sebagai perlombaan antar burung merpati, bukan hal yang mudah untuk merawat burung merpati kolong agar memiliki jiwa juara, sehingga harus memperlakukan burung merpati kolong secara intensif agar burung merpati kolong kamu dapat menjuari pada saat akan di lombakan, oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips dalam merawat burung merpati agar bisa juara.

1. Pakan Burung Merpati Yang Berkualitas

Pakan Burung Merpati Yang Berkualitas

Langkah pertama dalam perawatan Burung Merpati Kolong untuk memperhatikan pakan yang akan diberikan. agar pakan peternak dapat memberikan makan seperti jagung, beras merah dan kacang hijau. Kalau minum umumnya diberi air minum dicampur dengan menggunakan neo antiseptic, ini bermaksud supaya mencegah seragan penyakit dan kutu pada bulu Burung Merpati Kolong. Selain untuk makanan dan minuman diatas diberikan juga berupa suntikan vaksin tiap 3 bulan sekali sehingga burung merparpati akan selalu vit setiap saatnya.


2. Penjemuran Burung Merpati Secara Rutin

Penjemuran Burung Merpati Secara Rutin

Merpati juga perlu untuk dijemur pada setiap pagi dibawah sinar matahari dengan secara langsung supaya Burung Merpati Kolong tidak gampang terkena penyakit dan bisa membuat tulang Burung Merpati Kolong menjadi kuat. Tulang yang kuat sangat diperlukan olehBurung Merpati Kolong mengingat jarak lepas saat lomba sangat jauh untuk di tempuh.


3. Latihan Burung Merpati Secara Berkala

Latihan Burung Merpati Secara Berkala

Latihan merupakan salah satu cara agar Merpati bisa berprestasi atau tidak. Memelihara Burung Merpati Kolong dan melatih burung merpati dipoerlukan kesabaran ekstra. Melatih Burung Merpati Kolong perlu dimulai dari anak burung sampai dengan burung mau ikut lomba.

Baca Juga  Cara Ternak Lele Cepat Panen

4. Uji Coba Burung Merpati

Uji Coba Burung Merpati

Selain dengan dilatih sendiri Burung Merpati Kolong juga rutin untuk di uji coba dengan burung merpati punya sesama penghobi Burung Merpati Kolong. Mendekati hari perlombaan Burung Merpati Kolong juga semakin sering di uji coba. Setelah uji coba dengan menggunakan burung lainnya Burung Merpati Kolong juga akan diasah ketajaman dengan sering mengikuti sebuah perlombaan.


5. Jenis Merpati

Jenis Merpati

Jenis Burung Merpati Kolong juga perlu untuk diperhatikan. Dengan salah dalam menentukan jenis Burung Merpati Kolong tidak akan berprestasi meski rajin dilatih sekeras apapun. Maka Burung Merpati Kolong yang dimainkan oleh kontestan lomba tidak jenis merpati umumnya, tapi untuk jenis Merpati pilihan yang mempunyai ketangkasan dalam terbang yang sangat tinggi sehingga Burung Merpati Kolong itu memiliki bakat dan terlatih juga sangat penurut.


6. Mandikan Burung Merpati sebelum Ikut lomba

Mandikan Burung Merpati sebelum Ikut lomba

Langkah yang terakhir dalam perawatan Burung Merpati Kolong juara adalah dengan persiapan lomba. Cara ini dari orang yang perpengalaman dalam melatih Burung Merpati Kolong, jika kalian ingin melombakan Burung Merpati Kolong maka di saat, sore atau malamnya Burung Merpati Kolong harus dimandikan terlebih dahulu dengan menggunakan sampo supaya bulu Burung Merpati Kolong menjadi bersih sehingga untuk terbang akan sangat ringan dan bagus.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Burung Merpati Kolong Sehingga kalian dapat memahami cara merawat burung Merpati Kolong yang baik dan benar dan burung Merpati Kolong kamu akan lincah saat terbang di udara jika di lombakan sehingga kamu akan merasa puas bila burung kesayangan kamu memenangkan sebuah perlombaan sehingga burung merpati kolong kamu akan disegani oleh orang lain, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Burung Merpati Kolong, Sekian dan terimakasih.

Baca Juga  Cara Ternak Burung Kacer

Baca Artikel Lainnya :