Cara Ternak Entok Pedaging

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Entok pedaging merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan saat ini. Supaya entok pedaging peliharaan kamu cepat tumbuh besar dan sehat maka kamu hanya menjalani peternakan seperti cara berternak unggas seperti yang lainnya seperti cara berternak bebek pedaging.

Jenis Entok yang suka dipanggil dengan sebutan mentok ini adalah salah satu jenis dari hewan unggas yang sekarang mempunyai tingkat dalam penjualannya sangat tinggi. Untuk cara berternak dari hewan entok pedaging ini yang tidak terlalu sulit dan rasa dari dagingnya nya juga sangat nikmati untuk di olah jadi berbagai macam olahan hal ini menyebabkan daging entok makin terkenal dikalangan masyarakat.

Jika kamu masih ingin berternak entok pedaging, maka saya akan memberikan saran dan masukan supaya berternak entok pedaging kamu menuai hasil yang optimal untuk dapat di jual di masyarakat.

Cara ternak entok pedaging


Cara ternak entok pedaging

Supaya entok pedaging kamu dapat tumbuh dengan cepat besar maka terdapat beberapa cara yang dapat untuk dilakukan dalam berternak entok pedaging, berikut ini akan saya jelaskan terkait dengan cara berternak entok pedaging adalah sebagai berikut.

1. Persiapan Kandang Entok

Persiapan Kandang Entok

jika ingin berternak entok pedaging maka kamu perlu terlebih dahulu untuk dapat mempersiapkan lokasi dan peralatan untuk dapat membangun kandang buat entok pedaging yang nantinya akan kamu gunakan untuk berternak tersebut. Lokasi yang tepat dan mempersiapkan kandang entok pedaging yang sehat merupakan salah satu hal yang harus kamu perhatikan supaya entok kamu dapat berkembang dengan cepat.

Baca Juga  Cara Ternak Ayam Bangkok

Lokasi dari cocok untuk membuat kandang entok akan menjadi penentu dalam berternak entok berhasil atau tidaknya, besar atau kecilnya ukuran dari kandang entok yang nantinya akan kamu buat. Besarnya dalam pembuatan kandang entok ini akan menentukan banyaknya entok pedaging yang nantinya dapat kamu ternak. Lokasi yang direkomendasikan agar dapat menempatkan kandang entok. lokasi yang dekat dengan rumah, contohnya di area halaman belakang maupun halaman depan namun cukup jauh dari lokasi pemukiman lalu lalang kendaraan.


2. Pemilihan Bibit Entok

Pemilihan Bibit Entok

Dalam menentukan bibit entok di anjurkan kamu memilih bibit yang usia nya mencukupi untuk dapat di kawinkan pilihlah entok yang sehat dan bersih untuk jumlah entok yang akan kamu ternak kamu dapat sesuai kan dengan ukuran kandang yang kamu buat.


3. Perawatan Dan Pakan Entok

Perawatan Dan Pakan Entok

Cara untuk berternak entok pedaging, supaya entok kamu dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal maka kamu perlu memaksimalkan perkembangan mereka dengan cara perawatan dan pemberian kualitas pakan yang sesuai.

Dimana makanan merupakan salah satu faktor penentu yang mempengaruhi perkembangan entok akan menjadi lebih maksimal. supaya nantinya berternak entok kamu mendapatkan entok-entok yang besar-besar maka kamu perlu melakukan pemberian asupan pakan yang mengandung asupan vitamin dan gizi yang baik dan optimal.

Perhatikan sesuai dengan kebutuhan gizi dan makanan entok baik untuk induk maupun anakan entok supaya nantinya enyok tidak mengalami masalah dalam perkembangan. Dalam menentukan pemberian makan, maka berikut ini cara yang cocok dengan pertumbuhan dari entok tersebut, adalah sebagai berikut:

Untuk anakan entok (1 sampai 14 hari) : kamu dapat memberikan pakan yang mengandung protein serta nutrisi yang sesuai seperti memberi pelet atau startet.

  • Anak entok (15 sampai 35 hari): Pakan yang cocok dapat diberikan dengan tujuan untuk menambah bobot dari anakan entok tersebut maka kamu dapat memberikan pakan berupa kosentrat yang dapat kamu campur dengan menggunakan ampas tahu, dedak ataupun jagung.
  • Anak Entok (36 sampai 40 hari): Ini merupakan masa dimana anakan entok membutuhkan mineral dan vitamin dalam jumlah yang relatif tinggi supaya dapat menjaga kondisi kesehatan entok tersebut.
  • Umumnya para peternak entok akan memberikan pakan secara kombinasi seperti menggunakan bekatul, ikan runcah, nasi, ampas tahu, keong, dan menir.
Baca Juga  Cara Budidaya Lobster Air Tawar

4. Melakukan Vaksin Entok

Supaya entok yang kamu ternakan dapat berkembang dengan baik dan segera memghasilkan perkembangan yang maksimal maka kamu dapat melakukan vaksinasi untuk entok tersebut. Ketika kamu sudah berusaha dengan melakukan tindakan dalam pencegahan penyakit berupa vaksinansi maka dengan ini kesehatan entok kamu akan lebih terjaga akan terserang berbagai penyakit.


5. Nafsu Makan Entok

Nafsu Makan Entok

Hal yang harus kamu diperhatikan selanjutnya dalam melakukan ternak entok adalah dengan memeriksa dengan nafsu makan entok. Dimana entok pedaging akan memperoleh hasil daging yang berkualitas jika entok tersebut mempunyai nafsu makan yang tinggi.

Supaya nafsu makan dari entok menjadi tinggi maka kamu disarankan untuk dapat memberikan makanan dengan kombinasi kosentrat stratet dalam pakan entok. Dengan cara melakukan ini maka masa perkembangan dan berat badan entok akan lebih baik.


6. Menjaga Kebersihan Kandang Entok

Menjaga Kebersihan Kandang Entok

Entok pedaging juga memerlukan keadaan lingkungan yang bersih, Dimana lingkungan tempat beternak entok perlu kondusif dan bersih akan bebas dari beragam jenis hama dan kotoran. Bahkan kamu dapat membuat sebuah kolam supaya entok dapat lebih santai dan tidak mudsh stress.


7. Pengendalian Penyakit Entok

Pengendalian Penyakit Entok

Seperti yang sudah terangkan pada cara sebelumnya bahwa ada beberapa macam penyakit yang akan dapat menyerang entok kamu. Maka hal yang harus dilakukan dalam pengendalian hama penyakit entok adalah dengan memberikan vaksinasi, pemberian vitamin tambahan.

Anda perlu dengan secara teratur untuk melakukan pembersihan kandang dan juga perlu melakukan pengontrolan terhadap entok pedaging tersebut. Siapa tau ada salah satu dari jenis entok yang sedang terkena penyakit musiman seperti penyakit flu, maka kamu dapat memisahkan dengan entok yang masih sehat yang lainnya, supaya tidak terjadi penularan secara beruntun terhadap entok yang sehat.

Baca Juga  Cara Ternak Entok Sukses


8. Panen Entok Pedaging

Panen Entok Pedaging

Jika semua tahapan sudah kamu lakukan dengan benar dan baik maka berikutnya adalah masa panen entok pedaging, kamu dapat memanen nya apabila semua entok kamu sudah sesuai dan pantas untuk dijual dengan melihat kondisi badan yang sudah berkembang dengan pesat sehingga kamu dapat menjual entok secara bertahap supaya entok yang lain bisa menjadi stok pada saat ada yang memesan entok, dan kamu juga dapat memasarkan entok-entok kamu ke rumah makan, Restoran , atau pedagang kaki lima.


Itulah yang dapat saya sampikan terkait dengan Cara Ternak Entok Pedaging Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan kamu bagi para pemula dapat mencoba cara berternak entok dengan baik dan benar, itu saja yang dapat saya berikan maka saya ucapkan terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :