Cara Ternak Kroto

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – untuk para pecinta kicau mania utamanya burung yang bersuara merdu pasti tidak kalah penting dengan pemberi pakan yang berkualitas untuk menjaga kesehatan dan stamina untuk burung kesayangan para kicau mania pakan yang di maksud ada pakan jenis kroto yang penuh dengan protein yang baik untuk kesehatan burung kesayangan anda,

Harga untuk kroto itu sndri harga yg tidak cukup murah harga nya bisa mencapai Rp.150 rb perkilonya apalagi saat permintaan banyak harga kroto bisa melambung lebih tinggi dari biasanya meski begitu mahal untuk para  pecinta kicau tetap membeli kroto.

Untuk yang ingin berbisnis untak ternak kroto. kali ini saya akan membahas artikel tentang cara membudidayakan ternah kroto sampai panen selamat membaca.

 

Cara Budidaya Kroto

 


Apa itu Kroto ?

kroto merupakan bahan pakan eksklusif yang kaya akan nutrisi. Kroto diyakini dapat membuat kicauan burung lebih merdu dan bulu burung lebih mengilap dan bagus. Kroto juga populer sebagai bahan pakan dan umpan yang sangat digemari ikan sehingga sering dicari oleh para pemancing ikan. Bahkan, di Thailand, kroto dijadikan salah satu menu pangan yang eksotis dan salah satu bahan dalam pengobatan tradisional.

 


Cara Ternak Kroto

Dalam sistem Ternak Kroto, semut rangrang bisa hidup dalam sarang buatan semuat akan membuat sarang sendiri sebagai tempat berlindung dan persembunyian. Sarang atau kandang untuk semut rangrang bisa dibuat dari paralon, bambu, toples, dan lain sebagainya. Adapun langkah-langkah persiapan untuk ternak kroto adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Cara Ternak Leopard Gecko

 

1. Menyiapkan Bibit Koloni Yang Bagus

Menyiapkan Bibit Koloni

Tahap pertama kita terlebih dahulu menyiapkan bibit koloni. bibit yang di dapat bisa mencari di alam atau yang simple kita dapat membeli di para petani pedesaan.

 


2. Persiapkan Tempat

Persiapkan Tempat

Tempat yang tepat untuk membudidayan kroto ada lah sebatang pralon yang berdiameter 12cm. paralon adalah media budidaya kroto yang tepat dan bagus. paralon juga dapat bertahan cukup lama masa nya.
kemudia paralon dapat di susun dan di tingkatkan. sesuai dengan kebutuhan kita membuatnya.

Berikut Cara Membuat Kandang Kroto Dari Paralon :

  • Buat sebuah rak susun 2 tingkat. Bisa dibuat  dengan menggunakan kayu, atau besi
    Setelah itu Tempatkan setiap di bawah kaki rak pada wadah yang berisi dengan air atau oli bekas agar koloni semut rangrang tidak kabur.
  • Pastikan bagian rak tidak bersentuhan langsung dengan dinding atau benda lainnya
    Gunakan paralon berdiameter 12 cm dan sesuaikan panjangnya dengan ukuran rak
    Susun paralon yang kamu buat  pada rak, lalu isi bagian paralon dengan dedaunan untuk merangsang semut rangrang membuat sarang di tempat paralon.
  • Kandang ini harus diletakkan di tempat yang tenang dan terhindar dari gangguan. Lebih baik lagi jika diletakkan dalam ruangan tertutup tidak ada sinar matahari yang masuk. Ini karena semut rangrang membutuhkan lingkungan yang tenang untuk bertelur secara optimal.

 


3. Menebarkan Bibit Koloni

Menebarkan Bibit Koloni

Setelah kandang siap digunakan, langkah selanjutnya adalah menebarkan bibit koloni ke dalam kandang tersebut yang sudah di persiapkan.Kalau kamu membeli bibit koloni dalam kemasan botol atau toples, potong botol plastik atau buka toples dan letakkan di atas susunan paralon.

Koloni tersebut akan dengan sendirinya masuk ke dalam paralon, tapi pastikan paralon tersebut sudah diisi dengan dedaunan.Kalau koloni sudah masuk dan mulai membuat sarang dalam paralon, selanjutnya kamu cukup melakukan pemberian makan rutin saja.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Nila

 


4. Pemberian Pakan

Koloni semut rangrang sangat membutuhkan dua hal, yaitu protein dan karbohidrat sebagai asupan gizi.Protein ini bisa didapat dari hewan-hewan kecil seperti jangkrik, ulat, belalang, atau cicak.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan daging ayam rebus dan tulang sapi atau kambing yang telah dipecah hingga sumsumnya keluar.Untuk karbohidrat, kamu bisa memberikan gula pasir yang telah dilarutkan ke dalam air.

Berikut cara memberi pakan koloninya:

  • Letakkan makanan koloni di atas wadah datar yang kemudian ditempatkan di samping rak.
  • Kalau menggunakan pakan berupa hewan hidup, sebaiknya di matikan terlebih  dahulu agar semut yang makan dengan mudah dan tidak kabur.
  • Sumber karbohidrat dari larutan gula diletakkan di atas tatakan yang datar.

 


5. Proses Panen

Proses Panen

Saat awal budidaya kroto, sebaiknya tidak dilakukan pemanenan selama 6 bulan pertama agar koloni dapat berkembang biak secara maksimal dan hasilnya memuaskan.Proses panen bisa mulai dilakukan setelah sarang semudah sudah terlihat penuh dengan kroto yang berwarna putih dan terlihat gerombolan semut.Kalau sarang tersebut telah stabil, proses panen bisa dilakukan setiap 15-20 hari sekali.

Cara manenan kroto :

  • Siapkan tempat berupa baskom atau wadah sejenis yang memudahkan untuk mengambil kroto
  • Siapkan saringan dari kawat ram dan letakkan baskom untuk dapat mesisakan semut dan kroto
  • Pakai sarung tangan karet agar kamu terhindar dari gigitan semut rangrang
  • Tumpahkan isi kandang ke dalam baskom. Kroto akan terjatuh ke dalam baskom, sedangkan semut akan tersaring.
  • Bersihkan kandang dan isi kembali dengan koloni semut.

Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang, Cara Ternak Kroto Yang Benar Sampai Berhasil (LENGKAP) tentang artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan dan selamat mencoba semoga sukses dalam membudayakan kroto,Terimakasih.

Baca Juga  Cara Budidaya Kerang Darah

Baca Juga Artikel Lainnya :