Cara Menanam di Polybag

Diposting pada

Anekabudidaya.Com-  Dalam berkebun di rumah saat ini akan menjadi aktivitas terkenal di tengah masa pandemi saat ini. Dengan mengisi waktu yang kosong di rumah dengan cara berkebun. Tidak sedikit orang yang melakukan suatu aktivitas dalam berkebun untuk pertama kalinya masih dalam pembelajaran. Pada zaman modern saat ini tidak ada yang mustahil dalam memulai berkebun sebagai orang yang pertama beajar sekali pun pasti dapat melakukannya.

Seiring dengan berkembangnya jaman teknologi, berkebun tidak lagi perlu untuk dilakukan oleh orang ahli dalam bidan perkebunan atau orang yang perlu mempunyai lahan yang sangat luas. Salah satu hal yang dapat membuat berkebun lebih gampang ialah dengan adanya polybag. Polybag sendiri merupakan suatu kantong plastik yang berwarna hitam pekat dengan bagian lubang-lubang kecil sebagai sirkulasi untuk menanam tanaman  yang akan kamu tanam nantinya.

Cara Menanam Di Polybag


Cara Menanam Di Polybag

Polybag merupakan suatu kantong plastik atau kain yang dimanfaatkan untuk menanam tanaman dengan akar yang cukup dangkal. Ideal untuk menanam taman kecil. Menanam menggunakan Polybag sangat cocok karena dapat dipakai selanjutnya dan ramah akan lingkungan. Bagaimana cara untuk menanam dengan menggunakan polybag, yang baik dan benar, siapkan untuk tanaman pilihan kamu, menanamnya, dan merawat polybag supaya kamu mempunyai tanaman yang sehat selama musim tanam berlangsung.


Menentukan Polybag

Menentukan Polybag

Beli polybag kamu yang sedang tumbuh. kamu dapat membeli tas yang sedang tumbuh di toko pembibitan atau perbaikan rumah. kamu dapat menentukan kantong plastik atau kain yang tumbuh, tetapi kantong kain yang tumbuh sering harus untuk disiram lebih dari kantong plastik. Tentukan tas sesuai dengan ukuran akarnya. Jangan sampai kamu membeli tas yang sangat besar kecuali kamu akan menanam sesuatu yang cukup besar. Seperti, kamu akan memerlukan tas seberat 50 galon jika kamu menanam sesuatu yang besar seperti pohon jeruk maka sangat cocok dengan menggunakan polybag ukuran yang sedang.

Baca Juga  Cara Menanam Bawang Bombay


Persiapan Media Tanam

Persiapan Media Tanam

Kamu dapat tambahkan tanah ke kantong tumbuh. kamu dapat memakai tanah berkebun seperti kompos, kompos yang dibuat dengan secara khusus untuk wadah, atau kamu dapat membuat dengan campuran sendiri. Campuran yang ideal untuk kantung tumbuh adalah 1/3 lumut, 1/3 campuran kompos (seperti kotoran ayam atau kompos jamur), dan 1/3 vermikulit (mineral tahan kelembaban). Isi kantong yang sudah tumbuh hampir sepanjang jalan, sisakan dengan beberapa inci saja seperti (5 cm) kamu dapat beri ruang pada bagian atas tas polybag.

Menusuk pada bagian lubang drainase di tas jika tidak ada. Maka kamu harus tusuk bagian bawah polybag dengan menggunakan gunting. Lubang perlu seukuran lubang yang telah ditusuk oleh gunting, dan mereka berdiameter sekitar 1,3 cm. Pada bagian Lubang-lubang tersebut hanya dapat dimaksudkan untuk melepaskan kelembaban yang berlebihan. Jika polybag kamu sudah mempunyai lubang drainase, kamu dapat melewati langkah ini dengan sangat lancar.


Cara Menanam Tanaman Di Polybag

Cara Menanam Di Polybag

Tentukan tanaman dengan akar yang dangkal untuk hasil optimal. Tanaman berakar yang dangkal sangat cocol untuk di dalam polybag karena tidak akan terhambat oleh bagian bawah polybag. Tentukan yang optimal seperti sayuran termasuk tomat, paprika (capsicum), terong, zucchini, mentimun, sumsum, stroberi, buncis Prancis, selada, kentang, bumbu, dan bunga.

Posisikan bagian polybag di mana kamu peru untuk menanam tanaman kamu. tanaman di polybag yang tumbuh dengan gampang supaya dapat dipindahkan dan dapat ditempatkan di berbagai macam lokasi. Mereka dapat diletakkan di balkon, di luar di taman, atau di rumah kaca. Pertimbangkan jumlah sinar matahari dan kehangatan yang dibutuhkan tanaman kamu pada saat menentukan lokasi. Ambil tanah untuk memberi ruang bagi tanaman. Ambil tanah dengan tangan atau sekop. Pastikan kamu mengambil dengan cukup banyak tanah sampai seluruh akar tanaman dapat ditutup setelah selesai ditanam.

Baca Juga  Tips Menanam Seledri


Merawat Tanaman Di Polybag

Merawat Tanaman Di Polybag

Dalam menanam tanaman yang akan kamu tanam pasti langkah berikutnya agar tanaman kamu dapat tumbuh dan berkembang dengan baik maka ada beberapa langkah dalam merawat tanaman menggunakan polybag yang baik dan benar adalah sebagai berikut ini :

  • Penyiraman Tanaman

penyiraman Tanaman

Sering-seringlah menyirami tas. Tumbuh tas biasanya membutuhkan lebih banyak air daripada tanaman pot. Periksa tas yang tumbuh setiap hari. Sirami tanah kapan pun Anda melihat bahwa tanah mengering. Plastik memanaskan campuran gambut secara signifikan, jadi menjaga agar tanah tetap lembap sangat penting agar tanaman yang tumbuh berhasil. Tas kain biasanya perlu disiram lebih sering daripada kantong plastik. di polybagMenanam Bawang di Polybag


  • Pemupukan Tanaman

Pemupukan Tanaman

Pupuk tanaman pengumpan berat. Tanaman pengumpan berat adalah tanaman seperti jagung, tomat, dan tanaman keluarga kubis. Anda dapat membeli pupuk atau membuat pupuk alami sendiri. Anda dapat membuat pupuk sendiri dari garam Epsom dan kulit telur, cacing, dan teh kompos. Sebarkan lapisan pupuk tipis di atas tanah. Harus ada ruang jika Anda meninggalkan beberapa inci (5 cm) di bagian atas tas Anda. Berikan pupuk pada tanaman Anda setidaknya sekali seminggu.


  • Pengaturan Tanaman

Tanam tanaman kecil di bawah tanaman tinggi untuk memanfaatkan ruang terbatas. Ketika ruang menjadi premium dan berkebun dengan cara ini adalah satu-satunya kesempatan Anda harus menanam sayuran sendiri, Anda dapat meningkatkan panen dengan menanam kurang. Misalnya, jika Anda menanam tomat, tambahkan selada atau lobak di bawah tomat. Pastikan untuk menunggu sampai tomat tumbuh dengan baik sebelum menanam di bawah tanaman.
Jika Anda menanam lebih dari satu tanaman di kantong yang sama, pastikan Anda menyirami mereka secara menyeluruh.

Baca Juga  Cara Menanam Seledri Di Pot

Itulah yang dapat saya berikan terkait dengan Cara Menanam di Polybag semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, dan yang sudah membaca artikel ini sampai habis akan mendapatkan ilmu tambahan dalam menanam menggunakan polybag yang baik dan benar sehingga tanaman yang kamu tanam dapat tumbuh dengan baik dan akan mendapatkan masa panen sesuai dengan keinginan kalian, Itu saja yang dapat saya sampaikan sekian dan terimaksih.


Baca Artikel Lainnya :