Cara Menanam Sayuran Di botol Aqua

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Siapa bilang kamu harus membeli pot atau polybag yang cukup mahal untuk dapat menanam sayuran yang kamu inginkan? dengan adanya solusi yang akan saya berikan, maka kamu dapat memakai sebuah botol bekas sebagai alternatif dalam pengganti pot yang murah meriah.  simak cara menanam sayuran di botol aqua Tahukah kamu jika botol bekas dapat didaur ulang menjadi tempat untuk menanam sayuran atau tanaman hias?

Dengan menggunakan Pot dari botol yang sudah tidak terpakai lagi mempunyai desain artistik yang akan terlihat sangat meanarik. Menanam sayuran di botol yang sudah tidak terpakai sangat cocok di tekini oleh kamu yang mau menanam tanaman tetapi kesusahan karena mahalnya harga pot atau tidak memiliki lahan yang mendukung. Jika kalian ingin mengerti dengan cara menanam sayuran dengan memakai botol aqua yang sudah tidak terpakai lagi, maka kamu dapat mengikuti arahan sesuai dengan petunjuk yang akan saya informasikan.

Cara Menanam Sayuran Dari Botol


Cara Menanam Sayuran Dari Botol

Cara Menanam Sayuran Dari Botol

Dalam Berkebun di rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti kamu tidak harus bingung kalau tidak memiliki lahan yang memadai, karena kamu dapat dengan mengandalkan sebuah botol yang sudah tidak terpakai sebagai media tanam. Pot dari botol yang sudah tidak terpakai juga dapat terlihat artistik. Sampai dapat digunakan untuk menanam bunga dan sayur, tanpa harus membeli pot yang baru karena akan mengelurkan uang kalian.

Baca Juga  Cara Menanam Kangkung Dengan Hidroponik

1. Buat Lubang Besar di Botol

Buat Lubang Besar di Botol

Tahap pertama yang dapat kamu lakukan ketika ingin menanam sayuran di botol bekas yang sudah tidak terpakai adalah dengan cara memotong pada bagian botol dengan membuat lubang pada botol. Pemotongan harus dilakukan karena botol mempunyai bukaan yang kecil dan sangat sulit untuk dapat memasukkan bibit dari tutup botol tersebut. Supaya botol dapat menghasilkan sayuran yang baik, Maka kamu dapat memakai botol yang sudah tidak terpakai yang berukuran cukup besar seperti botol minuman di atas 1 liter atau kemasan air mineral gelas yang sesuai untuk kamu gunakan.


2. Cuci Keseluruhan Botol Bekas

Selanjutnya kamu dapat memotong pada bagian lubang pada permukaan botol bekas yang sudah tidak terpakai, kamu dapat segera mencuci seluruh bagian botol sampai bersih. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya zat kimia dari minuman yang mungkin sudah beracun atau membahayakan untuk sayuran kamu sendiri. Cuci pada bagian dalam dan bagian luar botol dengan secara menyeluruh selanjutnya biarkan botol mengering terlebih dahulu sebelum kamu gunakan.


3. Gunakan Media Tanam yang Tepat

Gunakan Media Tanam yang Tepat

Selanjutnya isi botol dengan menggunakan media tanam yang sesuai dengan jenis sayuran yang ingin kamu tanam di dalam botol. umumnya orang-orang memakai media tanam dengan menggunakan pasir, arang, sekam, atau tanah berpori pada botol supaya tanaman dapat tumbuh dengan subur. Setelah diisi dengan memakai media tanam, maka kamu dapat meletakkan botol di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.


4. Lapisi Tanah dengan Kerikil

Lapisi Tanah dengan Kerikil dan Arang

Supaya dapat menambah drainase pada bagian tanah, sebelum amu akan memasukkan media tanam ke dalam botol kamu dapat menyimpan terlebih dahulu kerikil atau arang di dalam bawah botol. Masukkan kerikil atau arang sampai dengan ketinggian satu inci pada dasar botol. Arang dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan bau yang tidak sedap yang terjadi karena penguraian.

Baca Juga  Tips Menanam Sawi Hidroponik

5. Masukkan Bibit Tanaman

Masukkan Bibit Tanaman

Berikutnya kamu dapat memasukkan suatu bibit sayuran atau tanaman yang kamu ingin tanamkan di botol. Supaya mendapatkan panen dengan secara optimal, ada baiknya kamu untuk menanam bibit secara unggul dengan berkualitas di botol bekas. Tentukan bibit berasal dari toko tanaman yang baik, tidak melebihi tanggal kadaluwarsa untuk bibitnya, dan terhindar dari paparan sinar cahaya matahari secara langsung.


6. Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan dan Pemeliharan

Harus kamu lakukan ialah dengan menjaga tanaman supaya dapat tumbuh dengan subur di media botol. Pada tahapan ini dapat kamu lakukan dengan rutin untuk menyiram tanaman pada setiap dua kali sehari pada saat pagi dan sore hari dengan penyebaran air dengan merata. Penting juga untuk memberikan larutan nutrisi pada tanaman yang kamu tanam, seperti larutan AB Mix, supaya tanah penuh dengan unsur hara. Ketika tanaman kamu telah mencapai batas ketinggian sekitar 20 sampai 25 cm atau berkisar 21 sampai 25 hari setelah masa tanam, kamu dapat memanen sayuran tersebut dengan senang.


Jenis Sayuran yang Cocok Ditanam di Botol Bekas

Harus kamu ketahui, tidak semua jenis sayuran sesuai untuk kamu tanam di botol bekas. Hal ini dikarenakan dengan ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan pot atau polybag, sampai beberapa tanaman tidak dapat tumbuh secara optimal jika menggunakan media botol. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang dapat kamu tanam dengan gampang dengan menggunakan botol bekas, adalah sebagai berikut :

  • Sayur Kangkung
  • Tomat
  • Cabai
  • Terong-Terongan
  • Sawi
  • Bayam

Tanaman tersebut akan dapat berkembang dengan menjulang tinggi ketika akan besar nanti, sampai tidak memerlukan banyak ruang yang lebar. Daur hidup sayuran tersebut juga relatif cukup pendek, sampai kamu dapat mengubah benih yang akan ditanam dengan menggunakan botol sesuai dengan keinginan kamu dalam meananam menggunakan botol aqua.

Baca Juga  Cara Melakukan Penanaman Pare

Itulah artikel tenang Cara Menanam Sayuran di Botol Aqua yang baik dan benar, semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca dan pemula yang baru belajar dalam bertani. sekian dan terima kasih.


Baca Artikel Lainnya :