Cara Menanam Kacang Tanah Di Polybag

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Tanaman Kacang Tanah di dalam polybag memang saat ini sangat semakin populer. Pasalnya pada cara ini memang akan menjadi salah satu solusi terbaik dari suatu permasalahan pada lahan yang terbatas ataupun lahan yang tidak subur. Pada tanaman Kacang Tanah yang akan ditanam melalui media polybag, Kacang tanah merupakan sejenis dengan tanaman legum atau berupa polong-polongan yang masuk ke dalam keluarga Fabaceace.

Tanaman yang mempunyai nama latin dari Arachis Hygogaea L ini berasal dari Negara Amerika Selatan, tepatnya di bagian Brazilia yang dapat tumbuh dengan sangat dengan cara perdu yang tingginya mencapai hingga 50 cm dan mempunyai daun kecil yang tersusun dengan secara rapih majemuk. Kacang tanah ini sangat banyak digemari oleh orang dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber akan kaya vitamin, kalsium, zat besi, lemak tak jenuh dan protein nabati, oleh karena itu kamu dapat menyimak tentang sebuah artikel terkait tentang Cara Menanam Kacang Tanah Di Polybag selamat meyimak.

Kacang Tanah


1. Pembibitan Kacang Tanah

Pembibitan Kacang Tanah

Tahap pertama yang dapat kamu lakukan adalah proses dalam pembibitan pada benih kacang tanah. Untuk itu, disini kamu dapat mempersiapkan dengan beberapa benih kacang tanah yang dapat digunakan sebagai bibit Kacang Tanah. Dalam jumlah benih dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan kamu untuk dapat mempunyai tanaman kacang tanah sendiri. Benih Kacang Tanah ini dapat kamu dapatkan dari biji kacang tanah yang sudah ada.

Namun untuk pada hasil yang baik, maka kamu harus pilihlah benih Kacang Tanah dari tanaman kacang tanah yang baru, Serta mempunyai daya tumbuh Kacang Tanah yang sehat dan tinggi serta merupakan jenis varietas yang unggul dan murni. Selain itu, pilihlah benih Kacang Tanah yang tampak mengkilap, tidak memilih benih Kacang Tanah yang sudah keriput ataupun cacat. Pembibitan Kacang Tanah ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahan kapas sebagai medianya. adalah sebagai berikut ini :

  • Rendam benih-benih kacang terlebih dahulu di dalam air hangat selama beberapa menit untuk lebih merangsang pengecambahan.
  • Ambil kapas. Anda juga bisa merendam kapas terlebih dahulu dalam air hangat untuk menghilangkan zat kimianya.
  • Kemudian siapkan sebuah wadah atau gelas plastik, lalu masukkan kapas ke dalam wadah tersebut. Pastikan kapas ini dalam keadaan basah.
  • Selanjutnya, benih kacang tanah diletakkan di atas kapas tersebut lalu masukkan sedikit air
    Letakkan di tempat yang teduh dan tersinari matahari.
  • Tunggu selama beberapa hari hingga benih mengeluarkan kecambah dan siap untuk ditanam.
  • Contoh cara menyemai kacang tanah dengan menggunakan kapas.
  • Tahap Persiapan Media Tanam
Baca Juga  Cara Menanam Kacang Tanah


2. Penanaman Kacang Tanah

Tahap Penanaman Kacang Tanah

Setelah media tanam Kacang Tanah sudah siap, maka kini kamu dpat memasuki pada tahap penanaman Kacang Tanah. Penanaman bibit kacang tanah bisadapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan cara menanam bibit Kacang Tanah, masing-masing 1 bibit per polybag sajay yang telah berisi tanah dengan kedalaman sekitar 3 cm. selanjutnya kamu dapat simpan di tempat yang cukup akan terkena terik sinar matahari, namun masih relatif teduh.


3. Pemeliharaan Dan Perawatan

Tahap Pemeliharaan Dan Perawatan

Menanam kacang tanah di dalam polybag juga tetap harus dapat diberikan sebuah perawatan supaya pada hasil kacang tanahnya akan berkualitas. Setelah masa tanam Kacang Tanah, tentu saja kamu selanjutnya harus melakukan proses dalam pemeliharaan dan perawatan pada Kacang Tanah. Pemeliharaan ini dapat dilakukan dengan cara beberapa langkah sebagai berikut ini :

1. Penyulaman Kacang Tanah

Penyulaman Kacang Tanah adalah proses dalam penggantian benih Kacang Tanah yang sudah mati atau tidak mampu untuk tumbuh dengan benih yang baru. Sebaiknya kamu dapat melakukannya dengan lebih cepat yaitu ketika keadaan berbeda dengan benih Kacang Tanah lainnya yang sudah mulai tumbuh.


2. Penyiangan dan Pembumbunan

Penyiangan Kacang Tanah merupakan proses masa pembersihan di daerah sekitar area tanam Kacang Tanah dari serangan gulma dan rumput liar. kamu dapat membersihkan dan menyingkirkan pada rumput liar atau gulma yang berada di sekitar tanaman Kacang Tanah. Selanjutnya secara bersamaan dengan penyiangan Kacang Tanah, kamu dapat juga bisa melakukan pembumbunan yaitu dengan menutupi atau menimbun pada bagian perakaran dengan tanah.


3. Pemupukan Kacang Tanah

Kamu dapat menggunakan pupuk yang sesuai dengan cara menanam Kacang Tanah untuk dapat meningkatkan kesuburan tanaman. Lakukan proses pemukan secara rutin selama 2 minggu sekali. Hindari penyemprotan ketika tanaman Kacang Tanah mulai berbunga karena dapat mengganggu proses penyerbukan Kacang Tanah.

Baca Juga  Cara Menanam Bayam Merah

4. Penyiraman Kacang Tanah

Kamu harus melakukan proses penyiraman Kacang Tanah ini dengan secara rutin jika Kacang Tanah kekeringan akan sangat berpengaruh pada kesuburan tanaman kacang tanah ini dan juga pada hasil panen nantinya. Pastikan tanah tetap dalam keadaan yang lembab dan tidak kering. Namun di saat tanaman Kacang Tanah telah berbunga, maka proses penyiraman Kacang Tanah juga perlu dihentikan supaya tidak mengganggu proses penyerbukan Kacang Tanah.


4. Pengendalian Hama Dan Penyakit

Tahap Pengendalian Hama Dan Penyakit

Selain dalam pemeliharaan dan perawatan Kacang Tanah, perlu adanya pengendalian hama dan juga penyakit juga sangat penting untuk dilakukan supaya tidak mengancam dan mengganggu pertumbuhan pada tanaman kacang tanah. Berikut ini beberapa hama dan penyakit yang biasa akan menyerang tanaman kacang tanah beserta cara mengendalikannya :

  • Uret, sejenis ulat yang menyerang pada tanaman Kacang Tanah dengan cara memakan pada bagian akar Kacang Tanah, polong Kacang Tanah dan juga batang bawah Kacang Tanah sehingga dapat membuat tanaman Kacang Tanah akan cepat menjadi layu. Cara mengendalikannya dapat dilakukan dengan cara proses penyiangan dengan secara intensif, dalam pemberian pupuk kandang yang sudah matang, pemberian Pestona dengan menyiramkannya ke tanah dan mencabut tanaman Kacang Tanah yang sudah mati.
  • Ulat penggulung daun,  membuat daun Kacang Tanah akan terlipat, berbah menjadi seperti menguning dan akhirnya mengering. Cara pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara penggunaan Pestona.

5. Pemanenan Kacang Tanah

Pemanenan Kacang Tanah

Kemudian telah memasuki tahap pemanenan, kacang tanah dapat dipanen pada usia 3 sampai 4 bulan untuk usia pendek dan 5 sampai 6 bulan untuk umur panjang. Hal ini berbeda karena tanaman kacang tanah mempunyai beberapa jenis yang cukup berbeda. untuk dapat lebih memudahkan kamu dalam memanen Kacang Tanah, kamu dapat mengenali dengan ciri-ciri tanaman kacang tanah yang dapat dipanen adalah sebagai berikut ini :

  • Batang tanaman pada Kacang Tanah telah mengeras. Cek dengan menekan pada bagian batang Kacang Tanah.
  • Daun tanaman Kacang Tanah telah menguning dan bahkan sebagiannya telah mulai berjatuhan.
  • Polong pada kacang tanah telah berisi penuh dan terasa keras ketika kamu tekan.
  • Warna pada polong Kacang Tanah telah berubah menjadi coklat sedikit kehitam-hitaman.
Baca Juga  Cara Melakukan Perawatan Lavender

Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Kacang Tanah Di Polybag semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memecahkan masalah yang selama ini kalian cari dalam Cara Menanam Kacang Tanah Di Polybag, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :