Cara Menanam Cabe Hidroponik dalam Polybag

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com- Hidroponik bukan hal yang asing lagi untuk difahami dan masyarakat sudah dapat memahami terkait cara menanam dengan media hidroponik. Utamanya untuk seseorang yang sangat menyukai dengan tanaman. Hidroponik adalah salah satu jenis alternatif bagi para pecinta tanaman untuk terus menjalankan suatu  budidaya dalam sebuah tanaman dengan mengandal lahan yang kecil dan tidak memerlukan banyak tanah yang luas dalam budidaya.

Hal ini bertujuan bahwa cara untuk budidaya cabe hidroponik dapat diterapkan dengan menggunkan media yang beraneka ragam. Media yang ini digunakan dengan berupa air, paralon serta cara menanam cabe hidroponik dengan menggunkan sistem sumbu sudah banyak kiranya yang memperoleh pembahasan.

Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Polybag


Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Polybag

Berikut ini akan dibahas tentang mengenai cara menanam cabe hidroponik dalam menggunakan polybag yang dapat kamu palajari di halaman rumah baik bagi pemula maupun bagi kamu yang sudah mahir dalam melakukan budidaya, oleh karena itu kamu dapat menyimak tentang sebuah artikel terkait cara menanam cabe hidroponik dalam polybag selamat menyimak.

1. Menyiapkan Bibit Cabe

Bibit Cabe

Hal pertama yang harus kamu lakukan dengan cara menanam cabe hidpronik dalam menggunkan polybag adalah dengan memastikan biji atau bibit cabe mempunyai kualitas yang baik. Hal ini juga dapat digunkan dalam melaksanakan dengan cara menanam cabe dengan sistem hidroponik. kamu juga dapat mengeringkan cabe yang masih baik dan selanjutnya kamu dapat mengambil biji cabe nya. Biji cabe selanjutnya dapat kamu direndam didalam air yang cukup hangat masa proses perendaman biji cabe selama 24 jam, jangan mengambil biji yang sudah mengapung sebagai bibit tanam cabe. Akan tetapi kamu dapat mengambil biji yang sudah tenggelam. Karena biji cabe yang sudah tenggelam telah mempunyai kualitas yang lebih bagus dibandingka bibit cabe yang sudah mengapung.

Baca Juga  Tips Menanam Timun Hidroponik

2. Menyiapkan Polybag Cabe

Menyiapkan Polybag Cabe

Untuk langkah pertama ini kamu dapat memakai tanah yang humus atau kamu dapat menggabungkan tanah dengan menggunkan pupuk kompos atau pupuk kandang, selanjutnya isikan gabungkan tanah tadi ke dalam media polybag, dan kamu dapat diamkan selama dua hari. Selanjutnya, setelah bibit Cabe tanam kamu tentukan dan disortir, maka bibit Cabe dapat kamu letakkan biji Cabe tersebut dengan kain yang kamu sudah basahi yang sudah diperas. Tutup dan untai cabe di dalam kain tadi, dan kamu dapat biarkan selama 3 sampai 4 hari atau sampai biji Cabe dapat mengeluarkan kecambahnya.

Setelah kecambah Cabe telah muncul, maka kamu bisa menanamnya di media polybag sebagai tanam awal Cabe dengan membuat kedalaman lubang kurang lebih sekitar 0,5cm. Lakukan pada proses pemindahan bibit cabe dengan cara perlahan-lahan. Setelah bibit Cabe dimasukkan kedalam lubang, maka kamu dapat tutup pada lubang dengan menggunkan pasir yang halus dengan secara perlahan-lahan. Selanjutnya berikan pada tutup di bagian polybag ini supaya kecambah Cabe dapat tumbuh dengan sangat subur.


3. Memindahkan Bibit Cabe Dalam Polybag

Memindahkan Bibit Cabe Dalam Polybag

Setelah kecambah Cabe dapat tumbuh dengan subur yang kamu membutuhkan waktu kurang lebih dari 3 hari, kamu harus telaten dalam melakukan proses penyiraman dengan memberikan takaran minimal satu kali dalam sehari. Cara menanam cabe media hidroponik dalam menggunkan polybag dapat dilakukan setelah bibit cabe telah berusia satu bulan atau pada saat bibit Cabe telah mengeluarkan daun 4 hingga 5 tangkai. Setelah campuran media tanam Cabe sudah siap, maka kamu dapat isikan kedalam polybag dengan permanen sehingga kamu membuat lubang sedalam 5 sampai 8 cm dengan diameter 30 sampai 40 cm.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Karet

Melakukan masa proses pemindahan harus dengan perlahan-lahan supaya tidak akan merusak pada struktur jaringan terhadap  cabe tersebut. Setelah itu, kamu dapat langsung memberikan penyiraman yang secukupnya supaya bibit cabe tidak mudah akan layu. Jika kamu ingin langsung dengan menancapkan ajir, maka kamu harus tetap dengan secara perlahan-lahan supaya bibit cabe tidak akan merusak pada akar.


4. Melakukan Perawatan Cabe

Melakukan Perawatan Cabe

Cara merawat tanaman cabe hidroponik harus dapat dilakukan dengan cara intensif supaya dapat memperoleh pada hasil yang mempunyai kuaitas yang berkualitas. Ada beberapa cara dalam tahapan yang dapat kamu lakukan dalam memberikan proses perawatan terhadap cara menanam cabe hidroponik dalam polybag, Adalah sebagai berikut :

  • Menggunkan pupuk susulan yang mengandung unsur hara dalam makro (Nitrogen, Fosfat dan Kalium). Bertujuan untuk dapat menambah pada hasil panen yang terbaik serta kuantitas dan mempercepat pada masa pertumbuhan tanaman cabe.
  • Akan lebih baik lagi, jika dalam pupuk susulan yang dapat diberikan juga dengan mengandung unsur hara mikro yang dibutuhkan pada tanaman cabe.
  • Melakukan proses penyiraman dengan jangka waktu 5 sampai 7 kali sekali atau kamu juga dapat mengontrol dari kadar air yang diperlukan. Yang jelas kamu tidak akan diperbolehkan membiarkan tanaman cabe kamu terlalu kering.
  • Kamu harusterus memantau pertumbuhan hama atau gulma yang dapat mengganggu pada masa pertumbuhan tanaman kamu, selain itu cara untuk mengatasi hama pada tanaman cabe hidroponik harus dengan benar-benar kamu memperhatikan, supaya hama akan dapat hilang tanpa harus melukai tanaman cabe hidroponik.
  • Melakukan masa penyemprotan berupa pupuk organik dengan menggunkan cair dengan kurun waktu 4 sampai 5 hari sekali supaya daun dan cabang cabe tanaman dapat tumbuh dengan cepat.
  • Penanggulangan terhadap hama yang dapat menyerang harus dapat disesuaikan terhadap hama apa yang dapat menyerang tanaman cabe ini. Jika seperti jamur yang menjadi hama sehingga kamu dapat menggunakan fungisida.
Baca Juga  Cara Menanam Bunga Amarylis

5. Hasil Panen Cabe Hidroponik

Hasil Panen Cabe Hidroponik

Meski kamu membutuhkan waktu yang cukup panjang dengan proses perawatan yang sangat intensif, maka pada hasil yang didapatkan dari cara menanam cabe hidroponik dalam polybag juga tidak akan mengecewakan. Cabe dapat dipanen setelah berusia 75 hari atau (2 sampai 3 bulan) setelah masa tanam cabe. Maka cabe yang sudah tumbuh dengan sempurna dapat dipetik setelah cabe telah berubah warna menjadi sedikit kemerahan.

Masa panen biasanya akan dilakukan setelah 8 sampai 10 kali masa panen cabe. Akan tetapi, pada panen pertama akan dapat menghasilkan cabe yang semaksimal. Sedangkan masa panen berikutnya maka akan kurang maksimal dalam menghasilkan cabenya. Itulah mengapa setelah masa panen cabe pertama dalam pemberian asupan beruppa nutrisi harus tetap terjaga dan dilakukan. supaya hasil panen cabe berikutnya tidak mempunyai kualitas yang naik dan turun.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Polybag semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memecahkan masalah yang selama ini kalian cari dalam cara menanam cabe hidroponik dalam polybag, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :