Cara Menanam Seledri Di Pot

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Seledri merupakan jenis tanaman yang pada umumnya dapat tumbuh pada saat musim semi dan gugur. Meskipun sudah sangat populer menjadi tanaman Seledri yang cukup rewel, tapi, cara untuk dapat menanam seledri sangat mudah mulai Dari proses cara penanaman, perawatan, hingga proses panen tanaman seledri di dalam pot cukup gampang dan tidak menyusahkan. Menanam sayuran seledri juga tidak dapat butuh pada area lahan yang sangat luas karena kamu dapat menanam seledri bahkan menggunkan di pot kecil sekalipun. Tumbuhan kecil ini benar-benar banyak manfaatnya untuk kebutuhan manusia.

Tanaman seledri (Apium graveolens) termasuk dalam keluarga Umbelliferae, tanaman Seledri yang suka dapat dijadikan sebagai obat herbal atau tanaman yang berkhasiat obat. Daun seledri dapat dikonsumsi sebagai lalapan dan penghias hidangan saat akan makan. Bijinya Seledri dapat dijadikan sebagai bahan penyedap dan ekstrak minyak seledri yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Jika kalian masih penasaran untuk mengetahui cara menanam Seledri di dalam pot, maka sebaiknya kalian wajib untuk membaca artikel ini sampai tuntas selamat membaca.

Pohon Seledri


Pohon Seledri

Menanam seledri sangat menguntungkan karena selain rasanya renyah tanaman ini juga beraroma sedap. Selain itu seledri juga sangat bernilai ekonomi tinggi. Belum lagi, ditambah manfaat kesehatannya bagi tubuh. Menurut penelitian, dari mulai biji seledri, daun, batang, hingga akarnya semua sangat bermanfaat. Secara umum, seledri punya tiga kebutuhan utama:

  • Seledri tidak dapat tumbuh di area berudara sangat panas. Di area dengan suhu udara sejuk saja, seledri memiliki masa pertumbuhan yang panjang, sekitar 130 hingga 140 hari.
  • Seledri membutuhkan pasokan air yang stabil. Tanah tempat menanam seledri harus selalu dialiri air karena jika kekurangan air sedikit saja tanaman seledri bisa gagal.
  • Seledri membutuhkan jenis tanah subur dan kaya akan material organik. Tanaman ini membutuhkan asupan nutrisi yang banyak dan harus sering diberi pupuk selama masa pertumbuhan.
Baca Juga  Tips Budidaya Tanaman Lobak

Cara Menanam Seledri

Cara menanam seledri sebetulnya tidak sulit kok, apalagi setelah tahu karakteristik dan kebutuhan tanaman ini. Kamu bahkan bisa menanam seledri dari sisa batangnya. Bercocok tanam seledri juga tidak membutuhkan tempat yang luas karena hanya membutuhkan pojokan dapur rumah atau apartemenmu. Tidak perlu repot beli pot baru, kamu tetap bisa menanam seledri di botol bekas. Praktis kan?

menanam seledri Di Pot


1. menanam seledri

Langkah pertama menanam seledri dari sisa batangnya adalah dengan memilih bibit terbaik yang akan ditanam kembali. Untuk mendapatkan bibit seledri terbaik, pilihlah tanaman yang memiliki batang besar dan masih segar agar seledri tumbuh subur. Setelah itu, potonglah batangnya kira-kira 5 cm dari ujungnya.


2. Tempatkan seledri di Wadah Berisi Air

Tempatkan seledri di Wadah Berisi Air

Langkah berikutnya, tempatkan batang yang telah dipotong tadi ke dalam gelas kecil atau mangkuk kecil berisi air. Tapi, kamu juga bisa mengganti gelas atau mangkok dengan botol bekas. Pastikan air di dalam wadah tidak merendam semua potongan batang. Untuk hasil terbaik, rendam batang seledri hingga setengahnya saja atau sekitar 3 cm. Setelah itu, tempatkan seledri di tempat dengan pencahayaan yang baik dan suhunya tidak akan menjadi sangat panas pada siang hari. Ingat, suhu udara menjadi salah satu kunci penting agar seledri tumbuh subur dan sehat.


3. Awasi Pertumbuhan Seledri

Awasi Pertumbuhan Seledri

tanaman seledri Setelah beberapa hari disimpan di wadah berisi air, daun-daun kecil akan mulai bermunculan dari atas batang seledri. Setelah seminggu, kamu bisa melihat batang-batang kecil mulai tumbuh menjadi tunas seledri baru. Jika kamu telah melihat tanda-tanda pertumbuhan tersebut pada bibit seledrimu, segera pindahkan ke dalam pot berisi tanah. Jika tidak, bibit seledrimu malah akan membusuk!

Baca Juga  Tips Menanam Ketumbar

4. Pindahkan seledri ke Dalam Pot Berisi Tanah

Pindahkan seledri ke Dalam Pot Berisi Tanah

Setelah daun dan batang baru bermunculan di atas bibit seledrimu, itu artinya kamu perlu segera memindahkannya ke dalam pot tanah. Kamu bisa menanam kembali bibit seledri di pot, di botol bekas, atau pun di kebunmu. Namun pastikan bibit seledri tidak ditanam dalam tanah sembarangan. Sangat dianjurkan menanam bibit seledri di tanah subur dan kaya nutrisi yang cocok untuk sayuran dan tanaman herbal. Jangan pakai pestisida ya! Penting juga untuk diingat, tanah untuk menanam seledri harus dijaga agar terus lembap, namun tidak boleh terlalu basah. Dengan asupan air, tanah dan cahaya matahari yang tepat, dijamin menjadi cara terbaik untuk menanam seledri agar tumbuh subur.


Cara Merawat Seledri agar Tumbuh Subur

Seperti juga tanaman lainnya, tanaman seledri memerlukan perawatan khusus agar dapat tumbuh subur. Tumbuhan kecil ini memang rapuh, tetapi dari segi perawatan sebetulnya tak terlalu merepotkan, kok. Berikut ini beberapa langkah perawatan tanaman seledri:

Penyiraman Seledri

1. Penyiraman Seledri

cara menanam pohon seledri Pada awalnya, proses penyiraman perlu dilakukan setiap pagi dan sore hari hingga tanaman berumur satu minggu. Setelahnya, durasi penyiraman tanaman seledri diturunkan dan cukup dilakukan sebanyak 2-3 kali per minggu. Tanaman seledri memang tak perlu disiram terlalu sering karena pada dasarnya media tanam seledri tak boleh terlalu becek.


2. Pemupukan Seledri

Pemupukan Seledri

Bila Anda membudidayakan seledri secara organik, maka penggunaan pupuk organik cair sangat dianjurkan dan hasilnya akan sangat efektif. Pupuk organik cair bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko pertanian atau Anda bisa juga membuatnya sendiri dengan mudah. Cara memberi pupuknya yaitu cukup siapkan 10 ml pupuk cair yang dicampur dengan 1 liter air kemudian siramkan secara merata ke seluruh tanaman.


3. Penanganan Hama Seledri

Penanganan Hama Seledri

cara merawat seledri Umumnya, budidaya seledri pada media pot atau polybag jarang sekali terkena hama atau penyakit. Sebaliknya, hama dan penyakit lebih sering ditemui pada budidaya seledri dalam skala luas. Bila hal ini terjadi, cobalah basmi hama-hama tanaman tersebut dengan menggunakan pestisida organik agar tanamannya tetap terjaga.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Daun Kucai

4. Tahapan Pemanenan Seledri

ahapan Pemanenan Seledri
cara memanen seledri Tanaman seledri yang telah memasuki usia siap panen, tentu ada beberapa ciri-ciri yang perlu dulur kenali berikut dengan tahapan penanamannya:

  • Tanaman seledri sudah dapat di panen pada umur 60 – 70 hari setelah tanam. Panen dapat di lakukan jika tinggi tanaman telah mencapai 20 – 30 cm.
  • Panen dilakukan saat pagi hari pada pukul 7 – 9 pagi atau sore hari pada pukul 4 – 6 sore.
  • Jika hanya untuk di konsumsi sendiri, maka sebaiknya panen dilakukan dengan memotong bagian batangnya saja dan sisakan bagian bonggolnya.
  • Dengan pemotongan ini akan merangsang pembentukan tunas baru, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukam penanaman ulang.
  • Sedangkan jika untuk di jual ke pasar maka panen dilakukan dengan cara mencabut tanaman dari pot.
  • Kemudian bersihkan bagian akarnya, buang daun yang rusak dan jelek setelahnya dapat langsung di jual ke pasaran.

Permintaan pasar yang selalu ada, harga yang relatif ekonomis, dan kemudahan dalam perawatan pasti akan membuat dulur untung berlipat lipat ketika membudidayakan seledri.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Seledri Di Pot semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memecahkan masalah yang selama ini kalian cari dalam cara menanam sayur Seledri Di Pot, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :