Cara Merawat Kaktus

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Sedang kepingin memiliki tanaman kaktus, Tanaman Kaktus hias yang satu ini memang sangat pantas dalam memperindah ruangan di rumah kamu, terutama jika kamar kamu maupun kantor kamu tak terlalu luas. maka kamu dapat menghiasnya dengan meletakan Kaktus di meja atau rak sudut yang kamu suka.

Kalau kamu suka kaktus hias, pastinya perlu untuk mengetahui cara perawatan yang benar agar tanaman gurun ini. Perlu untuk diketahui, cara untuk merawat kaktus hias ini tidak terlalu sulit untuk kamu lakukan di rumah,

Tanaman Kaktus mempunyai tampilan yang sangat menarik dan unik untuk dilihat, kaktus merupakan salah satu pilihan tanaman hias yang sangat terkenal oleh semua kalangan. jika kalian berminat untuk memiliki kaktus maka kalian harus memahami cara merawat kaktus yang baik dan benar agar kaktus yang kamu miliki tidak mudah untuk mati.

Cara Merawat Kaktus

Cara Merawat Kaktus

Cara Menanam kaktus memang terbilang gampang-gampang susah untuk di lakukan. Beberapa orang telah menyebut untuk merawat kaktus ialah hal gampang karena sifatnya yang kuat. sehingga kalian dapat memiliki kaktus yang kalian mau dan kalian harus belajar cara merawat kaktunya, sehingga kaktus kamu akan selalu sehat, bila kalian belum mengerti cara merawat kaktus yang baik dan benar, maka jangan cemas karena saya akan memberikan masukan cara merawat kaktus yang benar supaya kaktus yang kalian miliki tidak mudah mati begitu saja.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Kaktus

1. Kaktus Mendapatkan Asupan Cahaya

Kaktus Mendapatkan Asupan Cahaya

Cara merawat kaktus dalam rumah dan luar rumah cukuplah berbeda yang harus kalian lakukan. Kaktus yang terdapat di dalam rumah telah terbiasa dengan habitat indoor sehingga jaringannya menjadi lebih tidak kuat. Oleh karena itu, kaktus tidak boleh terkena matahari secara langsung karena bisa terbakar. Selain itu, kamu juga dapat meletakan kaktus di dekat jendela dengan menggunakan kanopi di atasnya, minimal selama 4 jam setiap hari sehingga kaktus kamu akan selalu sehat.

2. Memilih Pot Yang Sesuai

Pilih Pot Yang Sesuai

Pot dengan adanya lubang di bawah diperlukan buat memastikan air siraman tidak akan menggenang di dalam pot dan merembes keluar. Media yang lembap atau basah merupakan salah satu faktor utama kaktus akan mengalami kebusukan. Tembikar atau terakota ialah material pot terbaik yang dapat digunakan dalam meletakan kaktus milik kamu. Pasalnya material pot tersebut bisa menyerap air dengan baik dan mengeluarkannya melalui pori-pori yang ada di dalam pot tersebut.

3. Jangan Disiram Terlalu Sering

Jangan Disiram Terlalu Sering

Umumnya, intensitas proses penyiraman tanaman kaktus ialah 1 sampai 2 minggu sekali. Teknik dalam penyiraman yang direferensikan ialah dengan cara disemprot. Supaya tidak terlalu lembap, maka dapat dipastikan media tanah dalam keadaan yang kering sebelum mulai menyiram tanaman kaktus.

4. Gunakan Moisture Meter

Gunakan Moisture Meter

Moisture meter ialah sebiuah alat yang sangat wajib untuk di ketahui kapan saat yang tepat dalam menyiram dan seberapa banyak air yang diperlukan. Dengan menggunakan alat ini, kamu dapat mengetahui pada tingkat kelembapan tanah, intensitas cahaya, sampai dengan  pH tanah. Terkadang, permukaan tanah yang terlihat kering dapat saja bagian dalamnya ternyata masih cukup basah. Alat ini akan menolong kamu dalam mendeteksi kelembapan sampai ke bagian akar tanaman kaktus.

Baca Juga  Tips Melakukan Pembudidayaan Kucai

5. Beri Pupuk Secara Bertahap

Beri Pupuk Secara Berkala

Sama seperti tanaman umumnya, Tanaman kaktus juga memerlukan pupuk supaya bisa tumbuh dengan optimal. NPK adalah jenis pupuk yang direferensikan buat jenis tanaman hias yang satu ini. Memberi pupuk 1 samapai dengan 2 bulan sekali sebanyak 2 sampai 3 butir secara bertahap. Jangan sampai kamu memberi lebih banyak dari itu, karena terlalu banyak pupuk di diberi maka dapat merusak keadaan tanaman akibat panas yang menyengat.

6. Pastikan Air Tidak Mengendap

Pastikan Air Tidak Mengendap

Kaktus bisa menyerap banyak air dari akar, namun tidak buat bagian daunnya saja. Oleh sebab itu, tentukan supaya tidak ada air yang akan mengendap di bagian tersebut karena untuk kelembapan berlebih bisa membuat tanaman kaktus akan gampang membusuk. Selain itu, pada bulir air yang tertinggal bisa membiaskan cahaya matahari pada daun secara ekstrem. Pastikan dalam mengingat cara merawat kaktus dalam rumah yang satu ini jika kamu tidak ingin tanaman kamu mati dengan perawatan yang salah.

7. Pindahkan Posisi Kaktus secara Berkala

Pindahkan Posisi Kaktus secara Berkala

Untuk memindahkan tanaman kaktus secara berkala perlu untuk dilakukan supaya tanaman kaktus memperoleh sinar matahari yang optimal. Selain itu, dalam memindahkan posisinya secara rajin bisa membuat tanaman kaktus akan lebih kebal karena tanaman ini akan menjadi terlatih dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru mereka tempati.

Itulah Yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Kaktus di Luar Rumah jika kamu menerapkan dan merawat tanaman kaktus dengan baik maka tanaman kaktus yang kamu miliki dapat tumbuh dengan sehat, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang telah membacanya, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Kaktus, Sekian dan terimakasih.

Baca Juga  Cara Melakukan Budidaya Lada

Baca Artikel Lainnya :