Cara Merawat Kaktus Mini

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Kaktus Mini tersedia dalam berbagai macam jenis bentuk dan untuk ukuran sangat pantas buat iklim hangat dan cerah. Kaktus di dalam habitat secara alami mereka dapat berbunga musiman, sesuai dengan jenis tanaman. Kaktus mini dalam keluarga Mamillaria, Gymnocalycium, Parodia dan Notocactus mekar ketika telah ditanam di dalam ruangan. Beberapa kaktus memerlukan waktu 50 tahun atau lebih sebelum mereka cukup matang untuk berbunga,

kaktus perlu mempunyai musim yang tidak aktif untuk memungkinkan mereka berbunga. Kaktus mini di dalam ruangan mungkin akan menerima terlalu sedikit sinar matahari secara, terlalu banyak kehangatan dan terlalu banyak air untuk memungkinkan tanaman mencapai keadaan yang aktif.

Cara Merawat Kaktus Mini

Cara Merawat Kaktus Mini

Biar tanaman kaktus mini kamu tidak berakhir mati dengan sia-sia, maka kamu harus coba dalam memperhatikan beberapa cara dalam merawat kaktus mini yang baik dan benar supaya tidak cepat mati, jika kalian mnenerapkan dalam merawat tanaman kaktus mini kamu maka akan di pastikan kaktus mini kamu akan berbunga dengan sangat indah nantinya, jika kamu makin penasaran maka kamu dapat belajar cara merawat kaktus mini yang baik dan benar.

1. Memilih Jenis Pot

Memilih Jenis Pot

Cara ini diperlukan agar memastikan air dalam siraman dapat merembes keluar dan tidak akan menggenang di dalam pot tanaman kaktus mini milik kamu. Media yang lembap atau basah ialah salah satu faktor kegagalan dalam akar kaktus dan sukulen yang akan berubah menjadi busuk. sehingga kamu akan sia-sia dalam menanam kaktus mini, pot terbaik yang dapat digunakan adalah pot tembikar yang cocok untuk menanam kaktus mini milik kamu.

Baca Juga  Cara Menanam Adenium

2. Kebutuhan Kaktus Mini

Kebutuhan Kaktus

Karena keperluan akan tiap jenis sukulen dan kaktus sangat bervariasi, jangan asal memakai media yang dapat menyimpan air terlalu banyak. Jika perlu, letakkan pasir malang atau beri bebatuan di lapisan paling bawah untuk mengurangi tingkat kelembapan dalam tanah tersebut. Berikutnya dapat campurankan tanah dan pupuk kandang, paling atas dapat memakai sekam bakar. Kalau misalnya bahan-bahannya yang kamu miliki terbatas, Maka kamu dapat langsung masukkan tanah asalkan untuk lubang drainase pot berukuran besar sehingga air akan keluar dengan lancar.

3. Menempatkan kaktus Di Tempat Terbaik

Tempatkan kaktus Di Tempat Terbaik

Meski habitat aslinya di daerah yang kering, bukan berarti tanaman kaktus mini ini harus terpapar oleh sinar matahari secara terus-menerus. Mereka juga memerlukan waktu dalam beradaptasi dengan tempat dan lingkungan yang alami. kaktus mini dapat tumbuh paling optimal pada saat memperoleh sinar matahari di saat pagi yang maksimal, dan penyinaran selama 4 sampai 6 jam untuk setiap harinya. Hindarkan dari panas yang sangat terik di saat siang hari yang sangat menyengat karena akan membuat daunnya bisa terbakar dan muncul noda kehitaman di tanaman kaktus mini milik kamu.

4. Proses Penyiraman Kaktus Mini

Proses Penyiraman Kaktus Mini

Tanaman Kaktrus mini cenderung memerlukan penyiraman yang lebih minim dibandingkan dengan outdoor. Idealnya, kamu dapat menyiram kaktus mini ini selama satu sampai dengan dua minggu sekali. Perhatikan juga keadaan tanah sebelum menyiram tanaman kaktus mini, lakuka proses penyiraman pada saat media telah sepenuhnya kering.

Teknik dalam penyiraman yang optimal ialah dengan cara menyemprot tanpa menggenangi media tanaman kaktus mini. Kalau ada bagian daun yang mengering atau keriput, maka harus dipotong secepatnya dan lakukan penyemprotan tanaman seperti biasa.

Baca Juga  Tips Menanam Petai

5. Menggunakan Alat Moisture Meter

Menggunakan Alat Moisture Meter

Salah satu alat yang sangat bermanfaat buat mengetahui keperluan pada saat proses penyiraman dan membantumu buat mengetahui saat yang cocok dalam menyiram tanaman kaktus mini ialah dengan menggunakan moisture meter. Alat ini akan memberi tahu kamu tentang tingkat kelembapan tanah tanaman kaktus mini, intensitas cahaya, sampai dengan PH tanah. Soalnya kadang, permukaan tanah dapat jadi terlihat kering padahal pada bagian dalamnya masih basah. Moisture meter akan menolong kamu dalam mendeteksi kelembapan sampai dengan ke bagian akar tanaman kaktus mini.

6. Pengendapan Air

Pengendapan Air

Selain bisa untuk merangsang pembusukan tanaman kaktus mini, bulir air yang masih menempel pada daun akan membiaskan cahaya matahari ke dalam bagian daun secara menyeluruh. dalam beberapa jenis tanaman kaktus mini seperti Echeveria, jangan biarkan air mengendap terlalu di daunnya karena dapat memancing kutu daun datang. Kaktus mini minum dari akar, bukan dari daunnya. Jika ada daun yang layu di bagian bawah, maka ini keadaan yang normal karena nantinya akan ada daun baru lagi yang akan tumbuh. Segera pisahkan daun yang layu tersebut supaya tidak memancing kutu datang dan merusak tanaman kaktus mini milik kamu.

7. Memberikan Pupuk Kaktus Mini

Memberikan Pupuk Kaktus Mini

Jenis pupuk yang direkomendasikan umumnya berupa NPK, dengan beberapa komposisi yang dapat kamu tentukan sesuaikan dengan keperluan tanaman kaktus mini. Berikan sebanyak 2 sampai dengan 3 butir ke tiap tanaman, jangan terlalu banyak karena dapat mengakibatkan panas yang berlebihan sehingga akan merusak kondisi tanaman kaktus mini.

8. Mendapatkan Sinar Matahari

Mendapatkan Sinar Matahari

Cobalah untuk pindahkan posisi tanaman kaktus mini secara berkala. Terutama jika tanamannya kurang memperoleh sinar matahari secara menyeluruh. Selain itu, rajinlah untuk memindahkan tanaman kaktus mini juga melatih mereka dalam beradaptasi di tempat yang masih baru sehingga akan lebih kuat dan tidak mudah mati begitu saja.

Baca Juga  Cara Merawat Kaktus

Itulah Yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Kaktus Mini jika kamu menerapkan dan merawat tanaman kaktus Mini dengan baik maka tanaman kaktus Mini yang kamu miliki dapat tumbuh dengan sehat, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang telah membacanya, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Kaktus Mini, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :