Cara Merawat Aglaonema

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Di masa saat ini, masih banyak sekali masyarakat yang menkalani hobi berkebun. Banyak orang yang kini telah mulai mengoleksi tanaman-tanaman hias yang mereka inginkan. Selain bisa menghilangkan kepenatan, keberadaan tanaman di rumah dapat membuat udara jadi lebih sejuk.

Dari sekian banyaknya tanaman hias yang populer, salah satunya ialah tanaman aglonema. Tanaman Aglonema, juga sering disebut ‘Chinese evergreens’, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia. Daya tariknya terletak pada warna daunnya yang beragam, mulai dari daun hijau pekat, keperak-perakan, dan merah yang memukau.

Cara Merawat Aglaonema

Cara Merawat Aglaonema

Tanaman hias daun ini terkenal dengan warna daunnya yang sangat unik. Pasalnya, tanaman ini mempunyai 2 warna pada daunnya, ialah warna hijau di pada bagian tengah dan merah terang di bagian pinggirannya. Jika kamu berkeinginan untuk menghadirkan tanaman aglaonema ini di rumah, kamu perlu mengenali cara untuk merawatnya supaya tanaman aglaonema ini dapat tumbuh dengan maksimal.

1. Media Tanam yang Tepat

Media Tanam yang Tepat

Media tanam yang baik buat tanaman aglaonema ini ialah tanah dengan tingkat kadar pH netral atau berkisar 6 sampai 7. Dengan campurannya, menggunakan kompos daun yang bisa dibuat dari sampah organik dan pasir dengan menggunakan komposisi 3:1. Biasanya, aglonema lipstik dapat ditanaman di dalam pot. Oleh sebab itu, hal pertama yang perlu untuk dilakukan ialah dengan menyusun batu bata atau pecahan genting di dasar pot. Selanjutnya itu, isilah dengan media tanam yang telah disiapkan oleh kamu.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Sri Rejeki

2. Intensitas Penyiraman

Intensitas Penyiraman

Media tanam aglaonema yang pantas buat tanaman hias daun ini ialah yang tidak terlalu kering atau basah. Oleh sebab itu, intensitas proses penyiraman tanaman hias aglaonema ini perlu sangat diperhatikan dalam perawatannya. Penyiraman bisa dilakukan dalam satu kali dalam sehari dan di sesuaikan dengan tingkat kelembapan dari media tanam aglaonema. Selain itu, pastikan supaya air yang dipakai dalam menyiram adalah air yang cukup bersih yang tidak mengandung kaporit pada kadar airnya.

3. Pemupukan Tanaman

Pemupukan Tanaman

Umumnya, tanaman hias aglaonema ini perlu diberikan pupuk sebanyak tiga bulan dalam sekali. Jangan lupa buat memakai pupuk secara khusus pada tanaman hias daun. Jika kalian tidak yakin menggunakan pupuk yang dipilih, mintalah referensi kepada penjual pupuk atau orang yang kompeten dalam bidang ini. Selain pupuk khusus, kamu juga dapat memakai pupuk secara alami yang terbuat dari air cucian air beras. Tentukan dalam memakainya pada media tanam aglaonema, bukan pada daun atau batang tanaman aglaonema.

4. Penempatan Tanaman

Penempatan Tanaman

Supaya Tanaman aglonema bisa tumbuh dengan optimal, pastikan supaya tanaman aglaonema ini dapat disimpan di tempat yang sejuk. Umumnya, tanaman hias daun ini tidak menyukai pancaran sinar yang terlalu banyak terkena sinar matahari. Oleh sebab ini, kamu dapat meletakkannya di teras rumah atau ruangan dengan akses cahaya yang dekat dengan sirkulasi udara yang stabil.

5. Perawatan Daun

Perawatan Daun

Keindahan untuk tanaman aglaonema ini terpancar dari daunnya. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk memastikan supaya tampilan daunnya bisa terlihat mengilat, cantik, dan sempurna. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam merawat aglaonema.

Alat yang Harus Disiapkan

  • Spons halus
  • Susu bubuk
  • Ampas kelapa
  • Air
Baca Juga  Tips Merawat Tanaman Kucai

Hal yang Harus Dilakukan untuk Merawat Daun Aglaonema

  • Melapisi daun aglonema memakai air bersih
  • Lap seluruh daun dengan spons tersebut.
  • Aglonema akan terlihat lebih bersih dan mengilat.
  • Melapisi daun aglonema dengan susu
  • Campur air dan susu bubuk.
  • Celupkan spons pada campuran tersebut.
  • Lap seluruh daun dengan spons tersebut.
  • Aglonema akan tumbuh lebih subur setelah dilapisi dengan susu.
  • Melapisi daun aglonema dengan ampas kelapa
  • Oles daun aglonema dengan ampas kelapa.
  • Daun tanaman ini akan terlihat mengilat dan tumbuh subur.

Itulah Yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Aglaonema jika kamu menerapkan dan merawat tanaman aglaonema dengan baik maka tanaman aglaonema yang kamu miliki dapat tumbuh dengan sehat, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang telah membacanya, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Aglaonema, Sekian dan terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :