Cara Merawat Bunga Matahari

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –¬† Dalam bercocok tanam menjadi salah satu kegiatan yang paling diminati pada saat ini, salah satunya ialah dalam menanam Bunga Matahari yang ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Bunga Matahari memiliki berwarna kuning yang sanagat mencolok dengan kelopak yang besar ini terlihat indah ketika akan mekar sempurna. Bunga matahari sendiri dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 4,5 meter, tidak. heran kalau pada saat ini sudah banyak sekali orang yang telah menanam Bunga Matahari di perkarangan rumah.

Bunga matahari mempunyai warna kuning yang sangat terang dan bersinar, sampai memberikan kesan cerah ketika kita berada di area sekitarnya. Bunga Matahari ini dapat mekar besar dengan kelopaknya yang tersusun dengan baik. Bunga matahari juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada kerabat karena melambangkan keceriaan dan semangat. Selain tampilannya, bunga ini mempunyai banyak manfaat yang diperoleh dari minyak dan bijinya pada Bunga Matahari.

Merawat Bunga Matahari


Cara Merawat Bunga Matahari

Helianthus atau lebih sering dikenal sebagai bunga matahari adalah salah satu jenis tanaman yang sering digunakan hiasan. Bunganya berwarna kuning cerah dan sangat menawan, sampai cocok untuk dijadikan penghias tambahan untuk tanaman di rumah kamu. Belum lagi bunga matahari juga dapat beradaptasi dengan baik pada iklim tropis Negara Indonesia.

Keindahan pada tanaman Bunga Matahari ini akan kurang terlihat jika bunganya belum mekar. Untuk itu kamu harus mengetahui bagaimana cara dalam merawat bunga matahari yang baik supaya Bunga Matahari cepat berbunga. Tak harus untuk khawatir bunga matahari kesayanganmu layu, berikut ini merupakan cara untuk merawat bunga matahari supaya bunganya cepat mekar dan sehat terus.

Baca Juga  Cara Menanam Jahe Merah di Kebun

1. Perlu Sinar Matahari Yang Cukup

Tanam Di Tanah Yang Gembur

Sesuai dengan namanya ialah bunga matahari, Bunga Matahari ini membutuhkan sinar matahari yang sangat banyak. Bunga matahari dapat bertumbuh dengan sangat subur ketika berada di iklim yang hangat dan tahan akan panas. Semakin hangat pada suhunya maka akan semakin membuat Bunga Matahari ini semakin mekar. Jika ingin merawat tanaman Bunga Matahari ini di rumah, maka kalian wajib untuk menanamnya pada lokasi dengan banyak sinar matahari yang di perlukan.


2. Tanam Di Tanah Yang Gembur

Tanam Di Tanah Yang Gembur

Bunga matahari dapat tumbuh dan menjulang yang cukup tinggi bahkan sampai 5 meter. Bagi Bunga Matahari yang tinggi seperti ini, maka sangat membutuhkan akar atau fondasi yang kuat supaya pada batang dari Bunga Matahari ini tidak gampang untuk patah. Dalam hal ini, tanah gembur menjadi penentuan yang tepat. Tanah gembur ialah tanah yang tidak keras, lunak, dan merupakan campuran dari pasir serta tanah liat. Tanah ini sangat sesuai karena bisa memberikan ruang bagi akar untuk tumbuh ke luar dan ke dalam. Apabila kalian menentukan untuk menanam Bunga Matahari  ini di dalam wadah, maka pastikan sudah melubangi wadah Bunga Matahari tersebut sedalam 5 cm pada kedalaman tanah.


3. Penyiraman Bunga Matahari

Penyiraman Bunga Matahari

Bunga matahari membutuhkan proses penyiraman yang pantas dengan masa pertumbuhannya. Bunga matahari yang masih berbentuk bibit membutuhkan penyiraman yang paling sering, adalah setiap hari. Hal ini bermaksud untuk menjaga kelembapan tanah. Cara dalam menyiram bunga matahari sendiri tidak sembarangan. Kalian perlu untuk menyiram pada sekitar zona akar dengan jarak 7 sampai 10 cm dari batangnya. Dengan proses penyiraman yang baik, maka tanah akan tetap lembab tapi tidak terlalu basah. Berbeda dengan bentuk bibit, bunga matahari yang telah matang dapat disiram dalam seminggu sekali saja. Meskipun proses penyiramannya sangat jarang, akan tetapi perlu membutuhkan air yang sangat banyak sekali menyiram pada tanaman Bunga Matahari.

Baca Juga  Tips Merawat Tanaman Teratai

4. Tidak Butuh Pupuk Yang Banyak

Tidak perlu pupuk yang banyak

Apabila kalian telah menanam bunga matahari pada tanah yang berkualitas dan bernutrisi, maka kalian tidak usah repot-repot untuk memberinya pupuk. Sebaliknya, jika kalian menambahkan pupuk pada tanah yang sudah sehat justru akan mengakibatkan pada bagian batangnya akan menjadi rapuh. Meskipun begitu, tanah yang kurang akan nutrisi tetap memerlukan tambahan pupuk. Pemupukkan tidak boleh dilakukan di area yang terlalu dekat dengan dasar tanaman Bunga Matahari.


5. Atasi Hama Pada Bunga Matahari

Atasi Hama Pada Bunga Matahari

Beberapa binatang yang wajib untuk dihindari oleh bunga matahari, adalah siput, burung serta ngengat. Hewan-hewan ini mempunyai ketertarikan dengan bunga matahari dan dapat meruk pada Bunga Matahari itu sendiri. Apabila dirasa Bunga Matahari yang kalian tanam berubah menguning dan menyusut, maka kemungkinan hal tersebut dikarenakan tanah yang terlalu lembap. Tanah yang telah tergenang air atau tanah liat yang akan engakibatkan terinfeksi jamur. Hasilnya, tanaman Bunga Matahari yang terinfeksi jamur tidak akan menghasilkan bunga yang angat indah. Apabila kalian telah melihat jamur pada bunga matahari milik kalian, segera buang pada daun Bunga Matahari yang telah terinfeksi sehingga jamur tidak akan menyebar ke tempat lainnya.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Bunga Matahari yang baik dan benar, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, dengan mengetahui Cara Merawat Bunga Matahari sehingga tanaman kamu tidak mudah mati dan kamu dapat menikmati bunga yang indah di rumah kamu dengan nyaman, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, sekian dan terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :

Baca Juga  Tips Budidaya Kencur