Cara Merawat Bunga Mawar

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Jenis bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman semak dari keluarga Rosaceae. Kata rosa berasal dari bahasa Latin yang mempunyai makna bunga mawar. Tanaman ini dikenal mempunyai bermacam-macam warna, dari yang paling biasanya ditemui adalah bunga mawar berwarna merah, kuning, putih, merah muda, sampai warna bunga mawar yang jarang kita jumpai bahkan kurang dikenal seperti mawar yang berwarna ungu.

Cara dalam merawat bunga mawar yang baik dan benar tidak hanya membuat bunga akan bverkembang lebih sehat dan lebat, akan tetapi juga dapat memberikan rasa pada kepuasan tersendiri pada saat kita merawatnya. Ingin mengeteahui cara dalam merawat bunga Mawar ialah salah satu jenis bunga yang sangat terkenal. Telah Hadir dengan berbagai macam warna membuat bunga yang satu ini disukai oleh banyak orang. Selain itu, Bunga mawar juga termasuk dalam bunga yang gampang dalam hal penanaman sampai dengan perawatannya. Bunga mawar juga dapat menjadi tanaman hias yang sangat cantuk untuk ruangan di rumah kamu.

Berkat dengan keindahannya, bunga mawar suka disebut sebagai simbol dari cinta seseorang. Jadi tidak heran apabila pada saat menyatakan suatu perasaan cinta selalu identik dengan menggunakan bunga mawar tersebut. Bunga mawar sendiri sebenarnya sangat memungkinkan untuk ditanam di mana saja di tempat yang kamu inginkan. Tapi harus kehatian-hatian dan cara merawat bunga mawar supaya cepat berbunga yang tepat. Salah-salah justru membuat bunga mawar menjadi cepat layu. akan tetapi kita akan membahas terkait dengan cara merawat bunga mawar kamu yang baik dan benar agar bunga mawar yang kamu miliki tidak mudah mati pada saat kamu memilikinya.

Baca Juga  Cara Budidaya Jamur Tiram

Cara Merawat Bunga Mawar


Cara Merawat Bunga Mawar

Lalu seperti apa cara dalam merawat bunga mawar supaya cepat berbunga yang baiki dan benar Di bawah ini saya akan memberikan bagaimana cara merawat bunga mawar supaya cepat berbunga, yang tentunya gampang dan optimal untuk kalian lakukan.

1. Menentukan Tempat

Menentukan Tempat

Cara dalam merawat bunga mawar yang pertama ialah dengan menentukan pot dan tanah yang sesuai tentukanlah pot yang jenis tanah liat supaya dapat menanam bunga mawar. Umumnya, pot tanah liat mempunyai banyak pori yang membuat air dapat mengalir keluar dengan lancar dan membuat akar pada tanaman bunga mawar tidak mudah busuk begitu saja. Hal ini dikarenakan air tidak akan mengembang di dalam pot bunga mawar. Untuk media tanam bunga mawar, pakailah tanah yang mempunyai kadar air yang berkualitas. bunga mawar dapat kurang subur jika ditanam dengan melalui media yang terlalu bergembur atau kering keadaannya, jadi tentukan tanah yang dipakai cukup normal dalam menanamkan bunga mawar.


2. Melakukan Penyiraman Rutin

Melakukan Penyiraman Rutin

Langkah berikutnya ilah dengan melakukan penyiraman pada bunga mawar melalui tanah, karena bunga dan daun bunga mawar sangat sensitif terhadap kekeringan pada suatu keadaan. Lakukan proses dalam penyiraman dengan secara rutin setiap satu kali sehari pada saat musim hujan dan dua kali sehari pada pagi dan sore pada musim kemarau. Kamu tidak harus untuk menyiram tanaman bunga mawar ini pada saat musim hujan turun dengan lebat dan berdurasi sangat panjang. Kamu hanya cukup bilas pada bagian daunnya dengan menggunakan semprotan air supaya teksturnya pada bunga mawartidak rusak dan akan menjadi mati.

Baca Juga  Tips Menanam Kencur

3. Pemangkasan Secara Rutin Bunga Mawar

Pemangkasan Secara Rutin Bunga Mawar

Cara untuk merawat tanaman bunga mawar berikutnya ialah dengan memeriksa pada bagian daun dan ranting bunga mawar secara berkala supaya tidak ada bagian bunga mawar yang busuk yang akan menempel di badan tanaman bunga mawar. Segera potong jika kamu melihat ada bagian bunga mawar yang telah mengering atau membusuk. Hindari pada memotong bunga mawar dengan pola diagonal atau menyerong. Lakukan pengecekan demham secara rutin dan potong bunga mawar pada bagian yang busuk atau mengering dengan lurus memakai gunting dan tidak boleh dengan menggunakan tangan kosong.


4. Pemberian Pupuk

Pemberian Pupuk

Proses dalam pemberian pupuk adalah nutrisi yang wajib untuk tanaman bunga mawar. Pemberian pupuk bunga mawar yang sesuai dapat membuat bunga mawar berkembang menjadi lebih subur. Maka gunakanlah pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran hewan untuk hasil yang maksimal, sehingga bung mawar kamu akan berkembang secara optimal nantinya.


5. Jaga Tanaman dari Serangan Hama

Jaga Tanaman dari Serangan Hama

Supaya dapat menghindari dengan adanya hama, maka kamu harus melakukan semprotkan dengan menggunakan pestisida dalam kurun waktu 1 sampai 2 kali dalam satu bulan pada tanaman bunga mawar. Lakukan cara ini dengan secara berhati-hati dan konsisten supaya bunga mawar tidak mudah mati dengan adanya hama yang dapat mengganggu pada tanaman bunga mawar kamu.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Bunga Mawar yang baik dan benar, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, dengan mengetahui cara merawat bunga mawar sehingga tanaman kamu tidak mudah mati dan kamu dapat menikmati bunga yang indah di rumah kamu dengan nyaman, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, sekian dan terimakasih.

Baca Juga  Cara Penanaman Bunga Tulip

Baca Artikel Lainnya :