Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Cara menanam bunga mawar dengan bijinya dapat menjadi sesuatu yang tidak biasanya, biasanya kebanyakan biji yang kamu peroleh sering tidak ada berkecambah, sesudah dari usaha apa pun yang kamu lakukan. kebanyakan pada tanaman bunga mawar dapat memperoleh biji bunga mawar dalam jumlah yang sangat besar terdapat pada buahnya, sehingga pada tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.

sudah sering kali tidak diperlukan untuk menanamnya. perlu kamu ketahui bahwa tanaman bunga mawar yang tumbuh mungkin akan mempunyai tampilan atau karakter lain yang tidak sama dari tanaman induknya, khususnya jika tanaman bunga mawar ini adalah hasil dari sebuah persilangan dari dua varietas yang berbeda.

Jika kalian masih penasaran dengan menanam bunga mawar dengan biji, saya akan menyampaikan informasi terkait cara menanam bunga mawar dengan biji, agar kalian dapat belajar cara dan teknik nya, semoga artikel ini dapat bermamfaat untuk kalian, selamat membaca.

Cara Menanam Bunga Mawar


Cara Menanam Bunga Mawar dari Biji

Mawar adalah suatu jenis tanaman berjenis semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dapat dihasilkan dari jenis tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan bunga mawar dapat tumbuh di berbagai belahan bumi utara yang berudara sejuk, sehingga mawar dapat tumbuh dengan cantik dan sempurna

Cara yang dapat kamu lakukan pada tahap pertama adalah dengan cara pemanenan biji bunga mawar dan cara ini memiliki beberapa point yang harus kamu ikuti untuk menunjang keberhasilan kamu dalam menanam bunga mawar menggunakan biji, dan point nya adalah sebagai berikut :

1. Memilih Bibit Bunga Mawar

Memilih Bibit Bunga Mawar

Biarkan buah bunga mawar dapat tumbuh dengan membiarkan bunga mawar yang sudah mati di tanaman kamu. pada pembuahan bunga mawar terkadang dibantu oleh binatang serangga, atau berlangsung dengan secra sendirinya pada beberapa varietas bunga mawar, kamu tidak perlu untuk membantu pada proses pembuahannya dengan tangan terkecuali jika kamu dapat menyilangkan varietas tertentu.

abaikan bunga mawar yang ada di tanaman kamu, jangan sampai kamu memotongnya. Setelah bunga mawar mulai mengerut, Terdapat buah kecil yang merupakan buah mawar akan muncul di sana. Biji bunga mawar yang kamu dapat mungkin akan tumbuh menjadi tanaman dengan karakteristik yang berbeda. Hal ini dapat terjadi jika kamu memanen biji dari mawar yang hasil dari sebuah persilangan, atau jika bunga mawar tersebut dibuahi oleh serbuk sari dari varietas mawar yang berbeda di dekatnya.

Baca Juga  Cara menanam Kencur Paling Mudah

2. Pemetikan Buah Mawar

Pemetikan Buah Mawar

Petik buah bunga mawar setelah matang. Buah mawar pada awalnya masih kecil dan berwarna hijau, selanjutnya berubah warna seiring dalam pertumbuhannya hingga menjadi merah, jingga, cokelat, atau ungu. kamu bisa memetiknya pada titik ini, atau menunggunya sampai mengering dan mengerut. Tetapi, jangan menunggu hingga seluruhnya menjadi kering dan menjadi cokelat, karena biji di dalamnya mungkin telah mati pada titik ini.

  1. Buka buah mawar dan keluarkan pada bijinya. Buka buah mawar dengan menggunakan pisau, sehingga bijinya akan terlihat jelas. Tarik biji mawar dengan menggunakan ujung pisau.
  2. Jumlah pada biji yang ada di dalam setiap buah mawar sangat bervariasi di antara varietas mawar. Mungkin hanya ada beberapa biji bunga mawar atau beberapa lusin biji bunga mawar di dalam buahnya.

3. Menyingkirkan bagian daging buah dari bijinya

Menyingkirkan daging dari buah Bunga Mawar

Singkirkan bagian daging buah dari bijinya. Jika daging buah mawar masih tersisa di bagian permukaan biji, hal ini dapat memperlambat berkecambah. Cara yang tepat untuk menghilangkan adalah dengan meletakkan biji bunga mawar di dalam ayakan, setelah itu kamu harus mengalirkan air ke atasnya, dengan menggosok bagian permukaannya.


4. Menyemai Biji Mawar

Menyemai Biji Mawar

Proses Menyemai pada biji bunga mawar sanagat perlu untuk dilakukan agar bunga mawar dapat tumbuh dengan sempurna dan menghasilakn bunga mawar yang berkualitas baik. berikut ini adalah cara untuk menyemai pada biji mawar adalah sebagai berikut :


1. Perendaman Biji Mawar

Perendaman Biji Mawar

Rendam biji di dalam sebuah larutan menggunakan hidrogen peroksida (opsional). lalu caampuran air dan hidrogen peroksida sehingga dapat mengurangi pada proses pertumbuhan jamur pada biji bunga mawar. Aduk 1,5 denga sendok teh hidrogen peroksida 3% ke dalam 1 cangkir (240 ml) air. Biarkan biji mawar terendam dalam larutan ini selama paling tidak selama satu jam. langkah perendaman ini masih dapat disarankan untuk mencegah proses masa pertumbuhan jamur dalam jumlahyang cukup besar.


2. Meletakan Biji Mawar

Baca Juga  Cara Menanam Melati

Letakkan biji di pada bahan yang cukup lembap. Biji mawar biasanya tidak akan berkecambah terkecuali dalam lingkungan yang cukup dingin, basah, seperti pada musim dingin. lalu meletakan biji di antara dua lapis tisu yang lembap, atau dalam wadah yang telah berisi dengan pasir sungai bebas garam yang lembap.
Bagian ini adalah langkah pertama dalam masa proses yang disebut dengan “stratifikasi”. Jika kamu menggunakan biji yang kamu dapat beli di toko tanaman, dan labelnya menyatakan bahwa biji tersebut sudah “distratifikasi”, maka kamu dapat mengabaikan langkah ini.


3. Penyimpanan Biji

Simpan biji di dalam lemari es selama 3 minggu. Lalu masukkan biji dan bahan yang cukup lembap ke dalam kantung plastik atau baki semai, dan taruhlah di tempat yang sabgat dingin dengan menggunakan lemari es, seperti laci sayuran yang tempatnya kosong. Jangan menyimpannya secara bersamaan dengan buah atau sayuran, yang dapat melepaskan senyawa kimia yang dapat menghambat pertumbuhan kecambah.


4. Pertahankan Media Semai

Pertahankan media semai supaya tetap sedikit lembap. Periksalah setidaknya satu atau dua kali dalam satu minggu untuk mengecek apakah kecambah telah tumbuh dari dalam biji. kasih beberapa tetes air ke setiap lembaran tisu yang ttelah mengering. Pertumbuhan pada kecambah mawar bisa memakan waktu antara 4 hingga 16 minggu, tergantung pada varietas mawar dan bijinya secara individual.


5. Cara Menanam Biji

Cara Menanam Biji

Cara ini adalah cara terakhir pada tahapan bila kamu sudah mengikuti point yang saya berikan dari pertma maka langkah selanjutnya adalah cara untuk menanam biji dan akan menghasilkan bunga yang sempurna. dan cara menanam biji yang benar adalah sebagai berikut :

1. Syarat Penanaman Biji

Isi wadah dengan media pertumbuhan biji yang sudah steril. Baki semai kecil dapat mempermudah kamu untuk merawat banyak biji dalam jumlah banyak. Pilihan lainnya, menggunkan gelas plastik minuman dengan melubangi terlebih dahulu pada bagian dasarnya, sehingga pertumbuhan akar lebih mudah untuk diamati.


2. Tanam Biji Mawar

Tanam biji mawar. Beberapa biji yang tersedia di toko tanaman bisa ditanam secara langsung. Jika kamu menyemai pada biji mawar seperti yang dijelaskan di atas, tanamlah segera setelah mulai berkecambah. Tanam dengan kecambah mengarah ke bagian bawah, karena hal ini adalah akar pada tanaman. Tutup secara perlahan dengan tanah, dengan kedalaman sekitar 6 mm.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Tulip

Beri jarak paling tidak mencapai 5 cm di antara setiap biji untuk mengurangi persaingan pertumbuhan tanaman. Biji yang berkecambah akan tampak seperti tanaman yang muda dalam beberapa minggu kemudian. Biji yang telah tersedia di toko tanaman tidak akan memerlukan “stratifikasi” di rumah yang dapat memakan waktu beberapa minggu. Pada biji yang belum “distratifikasi”, dengan cara proses penyemaian seperti di atas, mungkin membutuhkan waktu hingga dua atau tiga tahun untuk tumbuh dengan sempurna.


3. Waktu Penanaman Biji

Waktu yang baik untuk memindahkan tanaman muda. Dua menggunkaan lembar daun yang tampak biasanya merupakan kotiledon, atau daun biji. Setelah dari tanaman muda kamu tumbuh dengan berupa tampilan yang lebih mirip dengan daun mawar biasa, kemungkinan pada tanaman ini dapat bertahan hidup setelah dipindahkan akan berubah lebih besar.


6. Pemindahan Ke Pot

Pemindahan Ke Pot

Pindahkan ke pot yang lebih besar atau ke luar. Saat kamu telah memutuskan untuk memindahkan tanaman kedalam, tunggulah hingga cuaca berunah menjadi dingin, saat tanaman kehilangan lebih sedikit air. maka lembapkan biji untuk mempertahankan tanah di sekitarnya. Gali pada lubang di tempat yang baru, dengan ukuran yang cukup besar untuk akar pada tanaman, kemudian singkirkan tanah yang telah menggumpal dari sekitar tanaman. Pindahkan gumpalan tanah ini ke tempat yang baru, lalu isikan lubang dengan media tanam jika tanah kebun kamu tidak cukup menunjang pada pertumbuhan mawar. Sirami tanah secara ritin setelah memindahkan tanaman.


7. Merawat Bunga Mawar

Merawat Tanaman

Rawatlah tanaman mawar kamu. Setelah tanaman mawar yang telah dipindahkan tampak sehat kembali, kamu dapat menyiraminya seperti biasa. serta Memberikan pupuk beberapa kali selama musim yang hangat agar dapat membantu tanaman kamu tumbuh dan mekar, Tetapi ingatlah bahwa beberapa varietas mawar tidak akan mekar secara bersamaan sekali selama tahun pertamanya.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji yang Benar Untuk Pemula semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba menanam bunga mawar dengan biji, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :