Cara Menanam Bunga Bougenville

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Bunga kertas yang bernama lain adalah Bougainville, bunga Bougainville ini berasal dari negara Amerika Selatan, tanaman ini pada umumnya sangat banyak ditanam di halaman rumahnya. Saat ini, bunga kertas Bougainvillea telah tersebar di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Selain itu, Untuk Negara Indonesia sendiri, tanaman ini dapat kita jumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Pada umumnya dari bunga Bougainvillea ini yang paling sering adalah merontokkan pada bagian kelopak bagian daunnya. Disebut dengan bunga kertas karena mempunyai karakter yang sangat sama dengan kertas tipis, nama bunga Bougainvillea ini diambil dari seorang tentara dari angkatan laut. Ciri-ciri dari bunga Bougainvillea ini adalah mempunyai bentuk pad bagian batang Bougainvillea yang sangat bulat dan pohon yang Bougainvillea dapat berdiri dengan tegak, batangnya mempunyai duri. Sedangkan pad bagian kelopak bunganya mempunyai ukuran yang cukup besar dan menyelubungi pada bagian dari bunga Bougainvillea sebelum mengembangan.

Kelopak pada bagian tersebut mempunyai ukuran yang cukup tipis seperti kertas, warna pada bunga Bougainvillea juga memiliki berbagai macam warna seperti, kuning, merah muda, dan merah lain sebagainya. Tumbuhan bunga Bougainvillea yang memiliki akar tunggang ini dapat masuk ke dalam tanah hingga 50 sampai 80 cm, tanaman bunga Bougainvillea yang daopat berdiri dengan setinggi hingga 2 sampai 4 meter ini mempunyai dahan yang berduri, berikut ini adalah cara untuk menanam Bunga Bougainvillea yang baik dan benar, selamat menyimak.

Media Penanaman Bunga Bougainville


Cara Menanam Bunga Bougenville

Dengan Artikel ini maka saya akan menjelaskan terkait tentang berbagai macam cara untuk menanam bunga Bougainvillea, lalu media apa saja yang dibutuhkan dalam menanam bunga Bougainvillea untuk menanam bunga kertas ini. saya akan memberi kamu beberapa langkah yang kamu perlukan dalam penanam bunga Bougainvillea supaya bunga kertas yang kamu tanam, dapat tumbuh dengan subur dan bunga Bougainvillea juga akan bermekaran dengan sangat indah dan cantik untuk dilihat.

1. Media Penanaman Bunga Bougenville

Karakter pada tanaman hias Bunga Bougainvillea ini adalah tanaman yang sangat menyukai tanam berpori sebagai tempat sirkulasi dan aliran air yang baik. Maka sangat disarankan untuk dapat mencampurkan dengan yang berpasir, seperti menggunkan campuran pasir malang dan tanah yang berhumus. Pasir yang bagus adalah pasir yang berstruktur kasar karena dengan begitu sangat membantu stabilisasi kelembaban pada Bunga Bougainvillea, sehingga sangat baik untuk menjadi media tanam Bunga Bougainvillea.

Halaman di area luar rumah menjadi pilihan yang sangat bagus dalam menanam tanaman Bunga Bougainvillea tersebut, hal ini dikarenakan sifat dari tanaman hias Bunga Bougainvillea ini yang sangat membutuhkan akan pancaran sinar matahari untuk masa pertumbuhannya. Bunga Bougainvillea yang mempunyai ukuran cukup besar serta cukup rindang ketika sudah dewasa, ini akan memerlukan lahan yang cukup luas untuk masa pertumbuhan Bunga Bougainvilleapada bagian akarnya, supaya tidak dapat merusak tanaman hias lain yang ada di dekatnya.

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Peterseli

2. Bibit Bunga Bougenville

Bibit Bunga Bougainville

Cara untuk Menanam Bunga Bougainvillea ini tentu sangat membutuhkan yang namanya bibit, pilihlah bibit Bunga Bougainvillea yang berkualitas dan baik untuk mendapatkan hasil pada tanaman Bunga Bougainvillea yang baik. Bibit Bunga Bougainvillea bisa kamu dapatkan pada penjual tanaman hias yang berjualan di toko bunga. Bibit tanaman biasanya sudah memiliki mempunyai tinggi tunas sekitar 40 cm, sehingga kamu tidak kesulitan untuk menanam bunga Bunga Bougainville.


3. Menanam Dalam Media Campuran

Menanam Dalam Media Campuran

Kamu dapat melakukan dalam cara menanam bibit yang berupa butiran yang berasal dari indukan pada tanaman Bunga Bougainvillea yang mempunyai kualitas yang sangat tinggi. Caranya hanya kamu dapat semaikan terlebih dahulu lalu pada tanah yang dicampur dengan menggunkan kulit padi atau bisa juga disebut dengan gabah dan telah diberi pupuk selama beberapa hari kedepan, pencampuran media tanah ini berbanding 1-1-1 medianya.

Media Bunga Bougainvillea campuran ini sangat baik untuk dijlanakan pada tahap penanaman tanaman Bunga Bougainvillea, maka butuh perawatan secara intensif. Begitu juga pada pencahayaan yang sangat dibutuhkann dalam masa pertumbuhan tanaman Bunga Bougainvillea, untuk melakukan perawatannya dapat dijalankan dalam ruangan seperti ruang bagian tengah atau ruang yang lebih besar yang mempunyai udara dan pencahayaan dapat masuk kedalam ruangan.


4. Tanam Tunas Bunga Bougenville

Tanam Tunas Bunga Bougainville

Sebelum kamu akan menanam Bunga Bougainvillea, pastikan pada media tanah yang akan kamu gunakan telah digemburkan terlebih dahulu, pada proses penggemburan ini bermaksud supaya tanaman Bunga Bougainvillea mudah untuk dimasukkan kedalam tanah. Caranya dalam menananm Bunga Bougainvillea pun sangat mudah, yaitu dengan memakai sebuah pisau yang besar atau juga pacul, kemudian kamu dapat membongkar tanah dengan mencukilnya hingga tanah tidak lagi keras dan sudah menjadi empuk. lalu buatlah lubang pada ukurab sesuai diameter tanah yang telah bertunas kemudian kamu dapat memasukkannya kedalam.

Biasanya bibit tanaman Bunga Bougainvillea ini pada tanah dalam deberi plastik, maka kamu dapat membukanya terlebih dahulu pada plastik yang telah membungkus tanah. Setelah dibuka, kamu dapat hancurkan sedikit pada bagian tanah yang telah bertunas hingga dapat kelihatan akar Bunga Bougainvillea, selanjutnya kamu dapat masukan tunas Bunga Bougainvillea kedalam lubang yang telah kamu siapkan tadi. selanjutnya tunas itu akan kita timbun pada tanaman Bunga Bougainvillea dengan tanah yang telah diberi pupuk, lslu ksmu dapat siram pada tanaman tunas Bunga Bougainvillea dengan air secara perlahan-lahan.

Baca Juga  Cara Merawat Bonsai


5. Pemilihan Pupuk Bunga Bougenville

Pemilihan Pupuk

Pupuk yang berkualitas dalam masa pertumbuhan tanaman Bunga Bougainvillea ini adalah menggunkan sebuah pupuk organik, seperti menggunaka pupuk kompos atau pupuk kandang. pada proses Pemupukan ini sanagat di butuhkan untuk tahap menyuburan pada tanaman Bunga Bougainville, hingga dapat berkembang secara baik, biasanya pada tahap pemupukan akan dilakukan ketika pertama pada proses penanaman pada tumbuhan Bunga Bougainvillea. Untuk dapat tanaman Bunga Bougainvillea.

Pada cara pemupukan kamu dapat campurkan pada tanah yang telah menjadi media untuk menanam Bunga Bougainvillea. Dengan melakukan pemberian jenis menggunkan pupuk lainnya, yaitu NPK. Ini akan disebabkan pada tanaman akan sedikit lebih sulit untuk menddapatkan unsur hara dibandingkan dengan yang ditanam dengan secara langsung di tanah. Pada penggunaan upuk NPK ini dapat langsung dengan cara ditaburkan di atas namun kamu menaburkannya jangan terlalu dekat dengan tanaman lainnya.


6. Media Lain Dalam Menanam Bunga Bougenville

Media Lain Dalam Menanam Bunga Bougainville

Pera penanam juga bisa melakukan hal ini jika tidak memiliki halaman yang cukup luas di depan rumahnya. Tidak hanya itu, penanam bisa melakukan penyetekan jika telah memiliki bunga kertas, tentu dengan warna yang berbeda dengan yang ada di halaman rumah.

1. Penyetekan Atau Penyatuan Batang

Jika sudah ada tanaman bunga kertas dirumah, cukup dikembang biakan saja tanaman yang ada dengan cara stek atau teknik batang, yang menggabungkan batang dewasa yang dipotong menyerong yang ditancap sedalam 5 centimeter kedalam batang yang dipotong secara menyerong lalu penempelan tersebut ditutup dengan plastik secara rapat agar udara tidak masuk. Cara menanam tanaman bunga kertas ini menjadi pilihan paling disukai para penanam, karena bisa menyatukan berbagai varian warna bunga dalam satu batang. Namun untuk melakukan penyetekan ini penanam membutuhkan keahlian khusus, karena perlu pengetahuan yang benar dalam memilih batang yang ingin digabungkan, jika ingin hasil yang baik.


2. Menanam Dalam Media Campuran

Atau bisa dilakukan dalam menanam bibit yang berupa butiran yang berasal dari indukan tanaman bunga kertas yang memiliki kualitas tinggi. Caranya semaikan terlebih dahulu pada tanah yang dicampur dengan kulit padi atau bisa disebut gabah dan telah diberi pupuk selama beberapa hari, pencampuran tanah ini berbanding 1 1 1 medianya. Pada proses penyemaian, lakukan penyiraman secara teratur hingga tujuh hari atau lebih. Bibit tersebut nantinya akan menumbuhkan kecambah dan helai-helai daun. Terus rawat semaian biji hingga mencapai tinggi sekitar 30 cm.


3. Penanaman Dalam Pot

Masukan tanah yang bercampur dengan pasir berpori. Hal ini dilakukan agar tanaman mendapat asupan udara dan air yang cukup untuk pertumbuhannya dan kelembabannya terjaga dan tetap stabil. Banyaknya tanah yang dimasukan pun hanya sepertiga dari tinggi pot bunga, kemudian tanam bunga kertas ke dalamnya lalu semprot air secukupnya, pada dahan dan tanah. Untuk melakukan cara menanam bunga kertas dalam pot juga memiliki trik yang khusus, seperti pemangkasan pada tiap batang yang tumbuh. Pemangkasan tidak hanya pada dahan, tapi juga pada pertumbuhan akar, hal ini diperlukan agar tanaman dapat tumbuh sesuai dengan ketinggian yang diinginkan.

Baca Juga  Tips Budidaya Bunga Kertas

7. Perawatan Bunga Bougenville

Cara Menanam Bunga Kertas telah diketahui berikut langkah-langkah yang diperlukan dalam menanam tanaman hias ini. Untuk perawatan bunga ini pun sangat mudah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, perawatan bunga kertas ini tidak memerlukan keahlian yang khusus. Bahkan tanaman ini bisa hidup tanpa air dalam beberapa hari, ketika musim semi tiba. Namun, bukan berarti tanaman ini bisa dibiarkan begitu saja setelah ditanam. Perhatian tetap perlu diberikan, terutama jika menginginkan bunga kertas berbunga lebat.

  • Kamu dapat menyiramkan tanaman Bunga Bougainville sebanyak 2 kali dalam sehari di saat pagi hari dan sore hari.
  • Meletakan bunga Bunga Bougainvillea yang mudah untuk terkena sinar matahari dengan secara langsung,.
  • Lakukan pada proses pemangkasan bunga Bunga Bougainvillea dengan secara perlahan-lahan supaya tidak merusak pada perkembangannya.
  • Cukup kamu potong pada bagian ranting atau dahan Bunga Bougainvillea yang sudah panjang dan keluar dari rimbunan pohon.
  • Pangkas juga pada bagian ranting yang sudah rusak. Pemangkasan ini juga akan memperoleh kesan yang sanagat rapi terhadap tanaman.

8. Hasil Yang Memuaskan Bunga Bougenville

Hasil Yang Memuaskan Bunga Bougainville

Selain itu Bunga Bougainvillea yang cantik akan tumbuh dengan bermekaran sehingga akan menampilkan pad warna-warna yang sangat indah dan menawan untuk kita lihat. Tanaman Bunga Bougainville akan bersih dari serangan hama pengganggu yang terbebas dari hama, pengalamanuntuk mengenai cara menanam Bunga Bougainvillea dengan berbagai media tentunya akan menjadi hal yang sangat memuaskan bagi diri kita sendiri dengan hasil yang sangat bagus, Pada keindahan Bunga Bougainvillea dengan varian warna-warna yang sangat cerah akan semakin memberi kesan memuaskan tersendiri dan dapat memanjkan mata jika pada tanaman Bunga Bougainvillea merupakan hasil biudidaya tanaman sendiri.


Itulah teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Bunga Bougenville yang Baik dan Benar [LENGKAP]. semoga kalian yang membaca artikel ini bisa langsung menanam Bunga Bougainville, dan akan memperoleh hasil yang ingin kalian inginkan yaitu pertumbuhan Bunga Bougainville yang sangat indah untuk dilihat, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :