Tips Budidaya Bunga Kertas

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Tips Budidaya Bunga Kertas “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan budidaya bunga kertas.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

Bunga Bougenville atau yang sering dikenal dengan nama ilmiahnya Bougainvillea, bahkan banyak juga yang sudah familiar yang sering menyebutnya dengan sebutan bunga kertas ini merupakan jenis tanaman hias yang cukup populer di daerah Indonesia, eksistensinya pun sudah banyak tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Tanaman ini dinamakan bunga kertas karena tekstur yang ada pada bunga ini tergolong tipis dan ringan, yang sangat menyerupai dengan bentuk kertas. Bunga ini memiliki keindahan yang dapat dilihat dari gradasi warna yang cerah dan tumbuh rimbun seperti dedaunan. Tanaman ini juga memiliki bentuk pohon yang kecil dan memiliki bentuk tanaman yang sukar tumbuh dan tegak, dengan tekstur yang dapat dijadikan tanaman hias seperti tanaman bonsai. Akan tetapi, tanaman bougenville atau bunga kerta memiliki bentuk ukuran yang cukup kecil dan tanaman bougenville tersebut tertutupi oleh seludung bunga, namun seludung bunga pada tanaman bougenville inilah yang memiliki warna yang cerah ini yang sering kita anggap sebagai bunga. Pada saat tanaman bougenville atau bunga kertas sudah tumbuh bunga, tanaman bogenville tersebut memiliki kebiasaan untuk merontokkan sebagian daunnya yang nantinya akan diambil alih oleh seludung bunga dan bunganya itu sendiri.

Bunga bougenville selailn memiliki keindahan pada bunganya, bunga bougenville dapat dimanfaatkan juga sebagai: sumber atioksidan, yang dimana tanaman bougenville memiliki ekstrak bunga yang dapat melawan radikal bebas pada proses pencernaan, hal ini dikarenakan menantung yang terdapat anti oksidan yang alami. Sebagai anitibiotik, pada tanaman bougenville ini memiliki juga kandungan metanol yang sangat khusus dan dapat berperan penting dalam proses pergantian antibiotik alami untuk penanganan penyebaran bakteri jahat yang berada di dalam tubuh. Tanaman bougenville dapat menetralisir udara, tanaman bougenville dapat melakukan penyaringan udara yang baik sehingga hal tersebut dapat menetralisir polusi udara, oleh sebab itulah bunga bougenville atau bunga kertas ini sering terlihat dipinggiran jalan atau bahkan sering terlihat di pekarangan rumah, karena tanaman ini memiliki efek yang dapat meningkatkan kulitas udara dan air sehingga tanaman bougenville dapat menekan polusi yang ditimbulkan akibat asap kendaraan yang ada. Tanaman bougenville dapat membunuh bakteri, ekstrak yang terkandung di dalam bunga bougenville sangat ampuh untuk membunuh bakteri jahat yang ada, terutama bakteri yang tumbuh di daerah pencernaan yang akan sangat bermanfaat untuk dapat mengatasi diare. Serta dapat dimanfaatkan sebagai penjaga keseimbangan kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga  Cara Budidaya Bunga Bougenville atau Bunga Kertas

Berikut hal – hal yang haruslah diperhatikan pembudidaya dalam melakukan budidaya bunga bougenville atau bunga kertas, sebagai berikut:

  1. Tahapan Proses Pembenihan

Pada tahapan proses pembenihan yang dapat dilakukan pada budidaya tanaman bougenville atau bunga kertas ini adalah hal yang pertama kali dapat dilakukan yaitu pembudidaya perlu melakukan persiapan pada saat melakukan penanaman tanaman hias bougenville atau bunga kertas ini yakni pembudidaya dapat melakukan persiapan benih tanaman bougenville atau bunga kertas ini. Pemeilihan benih yang baik dan yang berkualitas tidak terlepas dari induk bunga bougenville yang berkualitas pula jadi hal tersebut dapat didapatkan dari indukan yang memiliki kualitas yang baik pula. Pembudidaya bunga bougenville atau bunga kertas ini sebaiknya melakukan pemilihan indukan tanaman bougenville yang sudah berumur tua dan yang sudah cukup matang, lalu lakukanlah pemotongan pada bunga kertas atau bugenville tersebut dan lakukanlah proses penjemuran ke tempat yang cukup panas atau adanya paparan sinar matahari secara langsung. Kemudian setelah itu, tahap selanjutnya adalah melakukan proses pemisahan biji pada tanaman bougenville dari bunga nya untuk dapat dijadikan benih tanaman bougenville atau kertas tersebut.


  1. Tahapan Proses Penyemaian

Pada tahapan proses penyemaian yang dilakukan pada budidaya bunga bougenville atau bunga kertas dapat dilakukan ketika atau saat biji dari bunga bougenville atau bunga kertas yang sudah didapatkan yang sudah kering dengan keadaan kering sempurna. Kemudian, pembudidaya bunga bougenville atau bunga kertas ini dapat melanjutkan pada tahapan proses selanjutnya yaitu pada tahapan proses penyemaian tanaman bunga bougenville atau bunga kertas. Proses penyemaian pada tanaman bunga bougenville atau bunga kertas dapatlah dilakukan dengan menggunakan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, kompos, dan pasir yang memiliki komposis yang harus seimbang. Proses penyemaian benih pada tanaman bougenville atau bunga kertas yang dilakukan pada media, dapat dilakukan selama kurang lebih 3 sampai dengan 7 hari sampai pada tahapan benih tanaman bougenville tersebut telah tumbuh dan mempunyai daun tanaman. Pada tahapan proses tanam, setelah benih melalui tahapan pada proses penyemaian dan telah tumbuh menjadi bibit bunga kertas atau bougenville, para pembudidaya dapat langsunng melakukan proses pemindahan bunga bougenville atau bunga kertas ke dalam media tanam yang lebih besar lagi.

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Lili Paris

  1. Proses Pemindahan Bibit

Pada tahapan proses pemindahan bibit bunga bougenville atau bunga kertas yang dilakukan pada budidaya tanaman bunga bougenville atau bunga kertas adalah dengan pembudidaya tersebut dapat melakukannya dengan menggunakan media tanam yaitu pot/ polybag atau juga pembudidaya dapat langsung melakukan penanaman yang ditanam langsung di taman atau ditanam langsung di pekarangan rumah. Pada saat berlangsungnya tahapan pada proses pemindahan bibit bunga bougenville atau bunga kertas tersebut, pembudidaya perlulah melakukan proses pemindahan tanaman bougenville atau bunga kertas tersebut secara hati – hati atau secara perlahan hal tersebut dimaksutkan dengan tujuan supaya jangan sampai pada proses pemindahan yang tidak hati – hati atau tidak dengan perlahan akan dapat merusak akar yang terdapat pada bibit tanaman bunga bougenville atau bunga kertas tersebut. Karena hal tersebut dapat berakibat pada terganggunya pertumbuhan dari bunga bougenville atau bunga kertas tersebut. Pada media tanam yang digunakan pada bunga kertas atau bougenville tersebut dapat berasal dari campuran tanah yang ada, pupuk, kompos, dan pasir dengan komosis perbandingan yaitu 1 : 1 : 1, atau harus sama rata.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai ” Tips Budidaya Bunga Kertas “. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca yang ingin coba melakukan budidaya bunga bougenville atau bunga kertas tersebut. And jangan lupa juga untuk terus pantengin website kami yaa anekabudidaya karena masih banyak info bahasan menarik yang lainnya..

Baca Juga Artikel Terkait Yang Lainnya